Comscore Tracker

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari Kerja

Bantu dapat pekerjaan impian

Aktivitas perekrutan pekerja telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Kalau dulu, para pencari kerja harus membawa map berisi dokumen lamaran kerja dan mendatangi perusahaan pemberi kerja satu per satu, sekarang kebanyakan sudah mengandalkan teknologi. Meskipun tampaknya aktivitas mencari pekerjaan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu melelahkan berkat adanya teknologi, tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Kalau banyak perusahaan mengganti cara mereka merekrut karyawan, kamu juga perlu meng-upgrade skill kamu dalam mencari pekerjaan. Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, ada beberapa website yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan impian.

Di sini, kita akan membahas beberapa alat yang perlu dimiliki oleh job seeker dan bagaimana alat ini dapat membantumu mendapatkan pekerjaan. Simak baik-baik!

Baca Juga: 5 Website Review CV Gratis, Tingkatkan Peluang Dapat Kerja

1. LinkedIn

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari Kerjailustrasi profil LinkedIn (unsplash.com/Nathana Rebouças)

LinkedIn telah menjadi referensi bagi para perusahaan untuk menemukan calon karyawan yang berbakat. Pada dasarnya, LinkedIn adalah jaringan sosial untuk orang-orang berbagi informasi profesional. Bagi para pencari kerja, LinkedIn bisa bertindak layaknya portofolio online sehingga kamu perlu serius dalam menata akun LinekdIn kamu. 

Agar lebih banyak dilirik, pastikan di dalam akun LinkedIn kamu terdapat penjelasan seputar apa yang kamu lakukan dan ringkasan yang menceritakan perjalanan kariermu. Juga, sematkan presentasi yang merangkum pengalaman atau menyertakan testimonial. Jangan lupa sertakan foto profil yang profesional dan menarik.

2. Jobscan

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari KerjaJobscan (jobscan.co)

Banyak perusahaan menggunakan teknologi yang disebut applicant tracking system (ATS) untuk menyaring pencari kerja yang tidak memenuhi kriteria mereka. Mengingat bahwa resume yang kamu berikan adalah satu-satunya item untuk ditinjau secara digital, apa yang kamu tulis pada resume akan sangat memengaruhi berhasil tidaknya kamu untuk lolos.

Dengan menggunakan teknologi yang sama yang digunakan oleh penyaring resume, Jobscan menganalisis kata kunci pekerjaan apa pun terhadap resume dan memberi tahu kamu kata kunci apa yang kurang. Ini bahkan memecahnya menjadi hard dan soft skill, beserta jumlah kemunculan untuk masing-masing kata kunci. Mengetahui kata kunci ini memungkinkan kamu mengoptimalkan resume dengan jumlah dan jenis kata kunci yang tepat dan meningkatkan peluang kamu untuk mencapai peringkat tertinggi dalam ATS mana pun.

Baca Juga: 6 Perbedaan Blog dan Website yang Penting Diketahui

3. Resume builder

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari Kerjailustrasi resume (pixabay.com/olilynch)

Dulu, banyak orang harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat resume karena dokumen ini sangat menentukan apakah seorang pelamar kerja lolos tahap penyaringan atau tidak. Untungnya, saat ini sudah ada banyak website dan aplikasi pembuat resume atau resume builder yang akan membantu kamu membuat resume yang sesuai, menarik, dan menonjol.

Kamu bisa menginstal aplikasi resume builder di HP pintar atau membuat resume secara online menggunakan website pembuat resume. Banyak sekali resume builder yang memiliki template untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu beserta rekomendasi kata kunci yang diyakini akan meningkatkan nilai resume kamu. Namun, pastikan kamu meninjau resume yang kamu buat terlebih dahulu sebelum mengirimkannya untuk memastikan kesesuaian antara isi resume dengan keadaanmu.

4. Grammarly

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari KerjaGrammarly (grammarly.com)

Saat ini, adalah hal yang lumrah bagi para pelamar kerja untuk menulis resume, surat lamaran, dan email menggunakan bahasa inggris. Untuk membantu kamu memastikan tulisan yang ingin kamu kirim bebas error, kamu bisa menggunakan Grammarly.

Untuk menggunakan Grammarly secara online, kamu cukup mengunjungi website Grammarly dan membuat akun. Lalu, masukkan kalimat berbahasa Inggris yang ingin kamu tulis. Jika Grammarly mengidentifikasi adanya kesalahan dalam kalimat, seperti typo atau kesalahan tata bahasa, kamu akan mendapatkan notifikasi beserta saran yang benar. Kalau kamu ingin yang lebih praktis, kamu bisa menginstal Grammarly sebagai ekstensi browser. Nantinya, setiap kali kamu menulis, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika Grammarly mengidentifikasi ada kesalahan dan memberikan rekomendasi tulisan yang lebih baik.

5. Website lowongan kerja 

Sangat Membantu, 5 Website yang Penting untuk Para Pencari Kerjailustrasi aplikasi lowongan kerja (kalibrr.com)

Pencarian pekerjaan bisa menjadi proses yang panjang dan membosankan. Untungnya, saat ini ada banyak website yang dapat kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan pencarian dan menemukan peluang karier baru yang sesuai.

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, kamu harus sering-sering mengunjungi website atau menginstal aplikasi pencari kerja. Dengannya, kamu bisa mengetahui ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia secara nasional dan menyaringnya berdasarkan daerah, gaji, preferensi kariermu, skill, dan sebagainya. Beberapa bahkan memungkinkan kamu memasukkan dokumen lamaran langsung via website.

Berikut adalah beberapa website lowongan pekerjaan terbaik yang bisa kamu coba:

  • Kalibrr
  • JobStreet
  • LinkedIn
  • Indeed.

Mendapatkan pekerjaan impian memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Dengan memanfaatkan website ini, harapannya ini dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai untukmu. Semoga berhasil!

Baca Juga: Calon Maba Wajib Baca! Ini 5 Website yang Cocok untuk Persiapan UTBK

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya