Comscore Tracker

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebat

Bahkan baik hati dan dicintai rekan-rekan

Secara naluriah manusia adalah makhluk sosial, sehingga orang-orang sering mengaitkan kualitas kepemimpinan yang kuat dengan orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrover. Bukan tanpa sebab, orang yang ekstrover cenderung ahli dan tidak canggung saat harus berhubungan dengan orang banyak.

Sebaliknya, orang dengan kepribadian introver kerap dianggap kurang cocok memimpin sebuah tim dan lebih pantas menjadi anggota. Padahal penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review, telah menunjukkan bahwa para introver justru bisa menjadi pemimpin yang lebih efektif dalam situasi yang kompleks dan tak terduga.

Berikut beberapa alasan logis mengapa introver bisa jadi pemimpin yang hebat.

1. Mereka adalah pendengar yang baik dan dapat memahami orang lain dengan baik pula

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebatunsplash.com/Amy Hirschi

Pada dasarnya, orang introver lebih banyak mendengarkan dan sedikit berbicara. Mereka secara aktif akan memperhatikan apa yang orang lain katakan. Daripada menunggu lawan bicara untuk berhenti dan gantian berbicara, mereka akan membaca bahasa tubuh lawan bicara dengan lebih baik. Skill ini tentunya tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan, tapi juga membuat para anggota merasa dihargai dan dipahami.

2. Rendah hati dan berfokus pada prestasi bersama

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang HebatUnsplash.com/Campaign Creators

Bagi seorang introvert, mereka tidak suka berfokus pada diri mereka sendiri. Menjadi rendah hati adalah karakteristik penting dari kepemimpinan yang hebat. Dan dengan kerendahan hatinyalah pemimpin introver akan lebih sering berbicara tentang prestasi timnya daripada diri sendiri, yang tentunya hal ini akan membuat anggota yang lain makin semangat bekerja lantaran merasa usahanya diapresiasi.

Baca Juga: 5 Idol Introvert yang Juga Leader, Bukti Kalau Introvert Juga Bisa!

3. Mau meluangkan waktu untuk merenung dan belajar dari pengalaman

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebatunsplash.com/Kev Costello

Waktu berpikir dan merenung merupakan kebutuhan vital bagi setiap pemimpin. Daripada bercerita dan meminta saran dari orang lain, introver lebih suka menyendiri dan merenung. Hal inilah yang membuat pemimpin introver memiliki nilai lebih dalam hal refleksi dari dan belajar dari keadaan sebelumnya.

4. Tidak mencari popularitas lewat kepemimpinan

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang HebatUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Berbeda dengan orang pada umumnya yang terkadang memandang kepemimpinan sebagai ajang mencari popularitas. Seorang introver tidak membutuhkan pujian dari orang lain untuk menjadi pemimpin dan ini menjadi keunggulan mereka dalam melakukan sesuatu dengan ikhlas tanpa pamrih.

5. Sedikit bicara banyak bekerja

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebatunsplash.com/Sebastian Herrmann

Pemimpin yang ideal adalah yang dapat mengambil tindakan secara tepat dan kemudian berbicara saat diperlukan. Para pemimpin yang introver lebih fokus pada aksi dan bukan pada pembicaraan, itu membuat mereka dapat mengerjakan segala hal dengan jauh lebih efektif.

6. Tidak menggunakan ego dalam mengambil keputusan

6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebatunsplash.com/Sebastian Herrmann

Pengambilan keputusan yang efektif dan tepat adalah pondasi bagi kepemimpinan yang kuat. Untuk membuat keputusan besar, seorang pemimpin harus fokus pada kebaikan bersama dan tidak membiarkan ego memengaruhinya dalam mengambil keputusan. Seorang introver secara naluriah memiliki ego yang lebih kecil, sehingga pengambilan keputusan mereka seringkali lebih baik.

Pemimpin terbaik tidak selalu mereka yang tampak paling mencolok. Untuk itu, jangan sampai kamu underestimate dengan rekan yang introver.

Baca Juga: 5 Filosofi Sifat Air yang Patut Ditiru Seorang Pemimpin

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya