Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar 

Kesehatan menurun, hubungan sosial pun memburuk 

Apakah kegiatan sehari-harimu selalu sibuk dengan pekerjaan? Mulai dari bangun pagi hingga tidur lagi, ada saja pekerjaan yang kamu lakukan. Misalnya, mengerjakan proyek perusahaan, rapat dengan beberapa staf dan karyawan, menyelesaikan deadline harian dan lainnya. Tentu saja lama-lama kamu akan bisa beradaptasi dengan hal-hal tersebut.

Nah, sekarang coba perhatikan, apakah kamu setiap hari rasanya semakin semangat bekerja? Dari pagi hingga malam kerja terus, sampai kamu lupa untuk beristirahat dan mengabaikan hubungan sosialmu dengan orang lain. Bahkan, ketika waktunya beristirahat pun yang ada dalam pikirannya adalah pekerjaan. Memang ada beberapa orang yang menyakini bahwa kerja keras tanpa batas itu bisa membawa seseorang menuju kesuksesan.

Apakah kamu saat ini sedang mengalami kondisi seperti itu? Jika iya, demi kebaikan diri dan kesuksesanmu di masa depan, sebaiknya kamu berhentilah melakukan hal ini. Bukan tanpa alasan, karena kerja keras tanpa batas, malah bisa membuat produktivitasmu ambyar. Berikut lima dampak buruk akibat kerja keras yang tak pernah ada hentinya.

1. Membuat masa produktifmu bertahan hanya dalam waktu singkat 

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar ilustrasi orang mengambil buku (pexels.com/Cleyder Duque)

Apabila kamu terlalu bekerja keras, yang akan terjadi nanti adalah bukan produktivitas meningkat, malah akan terus menurun. Seseorang yang bekerja keras tanpa batas, biasanya produktivitasnya hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja, ada juga yang hanya bertahan dalam hitungan minggu, intinya hal ini gak mungkin bisa selamanya kamu lakukan.

Kamu hanya akan merasa semangat dan puas dengan kinerjamu itu hanya di awal-awal saja. Namun, ketika sudah beberapa minggu atau bulan, efek jangka panjang yang akan kamu rasakan malah akan buruk. Kamu bisa mengalami kelelahan, semangat kerja menurun, dan juga besar kemungkinannya kamu akan burnout. Hal tersebut malah akan membuatmu menjadi gak produktif dan malas untuk melakukan apa pun.

2. Membuatmu bersikap keras pada diri sendiri 

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar ilustrasi memaksakan diri terus bekerja (pexels.com/Thirdman)

Pada umumnya, ketika kamu bekerja dengan terlalu keras, akibatnya kamu hanya akan bisa menyayangi diri dan menghargainya saat kamu berhasil melakukan hal-hal yang produktif. Hal ini memberikan arti bahwa kemungkinan besarnya kamu akan memaksakan diri untuk bisa selalu bekerja dengan produktif.

Kamu akan mengutamakan bekerja terus setiap harinya dan mengabaikan banyak emosi yang kamu rasakan saat itu. Akibatnya, kamu menjadi kurang berempati terhadap diri sendiri. Hal seperti itu pastinya akan memiliki dampak negatif untukmu.

Kamu akan dengan mudahnya menganggap dirimu gak berkualitas dan gak bermanfaat, bahkan bisa menjadi tega untuk menyakiti diri sendiri. Ketika kamu bersikap keras terhadap diri sendiri, sudah pasti saat kamu sedang merasa lelah dan gak bisa produktif, maka kamu akan terus menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

3. Mudah merasa stres saat melihat orang lain bisa lebih produktif 

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar ilustrasi orang merasa stres (pexels.com/Khwanchai Phanthong)

Kebanyakan orang-orang yang terus bekerja keras tanpa batas, mereka memiliki kebiasaan membanding-bandingkan dirinya dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Biasanya yang menjadi perbandingannya itu adalah kesibukannya. Jadi, saat mereka melihat ada orang-orang di sekitarnya yang bisa lebih produktif, mereka bisa menjadi stres dan gak percaya diri lagi.

Hal tersebut bisa terjadi karena mereka hanya memandang kehidupan dari aspek itu saja yaitu produktivitas. Dampak negatifnya adalah mereka bisa langsung merasa putus asa dan hilang semangat banget, ketika melihat ada orang-orang di sekitarnya yang ternyata bisa lebih produktif dibandingkan mereka.

4. Mengakibatkan kesehatanmu menurun 

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar ilustrasi orang terbaring lemas karena sakit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Akibat terlalu bekerja keras hingga tanpa batas, efek negatif jangka panjangnya adalah membuat kesehatanmu menurun. Kamu menjadi mudah sakit, akibat kurangnya waktu untuk beristirahat. Bekerja tanpa batas dapat mengakibatkanmu mengalami stres. Jika dibiarkan hal tersebut bisa membuatmu pola tidurmu gak teratur.

Secara otomatis tubuhmu menjadi sangat lelah dan itu jelas akan menurunkan kesehatanmu setiap harinya. Ketika kamu kelelahan, kemampuanmu untuk bekerja dan berpikir secara jernih pasti akan menurun. Oleh karena itu, agar kamu tetap bisa produktif, sebaiknya seimbangkan waktu antara bekerja dan beristirahat.

5. Hubungan sosial menjadi rusak 

5 Dampak Buruk Kerja Keras Tanpa Batas, Produktivitas Ambyar ilustrasi hubungan pertemanan yang renggang (pexels.com/Liza Summer)

Gak hanya dapat merusak hubungan asmara saja, bekerja keras tanpa batas juga mampu memengaruhi hubunganmu dengan orang-orang terdekat seperti, keluarga dan teman-teman. Terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja keras, membuatmu mengabaikan hubungan sosial, akibatnya hubunganmu dengan orang lain pun menjadi renggang.

Penting banget untuk kamu agar bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan hubungan sosial. Terkadang jadwal pekerjaan yang padat dan batas waktu pekerjaan yang sudah dekat, membuatmu kehilangan berbagai momen dan aktivitas sosial yang normal. Belajarlah untuk memiliki keseimbangan terhadap dua hal tersebut, sehingga kamu akan menjalani kehidupan dengan bahagia.

Bekerja keras tanpa batas, efek jangka panjangnya memang akan lebih banyak dampak buruknya. Selain membuatmu menjadi gak produktif, kamu juga akan menjadi mudah merasa stres, tertekan, kurang menyayangi diri sendiri dan merusak hubungan sosial.

Itulah kelima dampak buruk akibat terus bekerja tanpa batas. Jika kamu gak ingin produktivitasmu ambyar begitu saja, maka ada baiknya kamu menyelaraskan berbagai aspek dalam kehidupan. Bekerja keras tanpa mengenal batas, hanya akan merugikan diri sendiri. Selain kamu harus menghabiskan energi yang besar, kamu juga gak akan produktif, seperti yang menjadi harapanmu. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengatur pola kerja dengan lebih baik lagi, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Lebih Semangat meski Belum Mendapat Kerja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya