Comscore Tracker

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier 

Faktor kepercayaan akan kemampuan diri sendiri juga berperan

Apakah kamu saat ini sedang merasa lelah dan bosan, bahkan sempat terpikirkan untuk resign? Sekarang sebaiknya kamu beristirahat dulu, tenangkan diri dan pikiranmu.

Terkadang, rasa lelah, jenuh, dan kecewa saat seseorang sedang menjalani kariernya adalah sesuatu yang wajar terjadi. Kalau kamu sedang dalam kondisi tersebut, jangan gegabah dan langsung memutuskan untuk resign, ya.

Lebih baik kamu ajukan cuti dan berliburlah sebentar untuk menyegarkan pikiranmu kembali. Dengan begitu, energimu akan penuh dan semangat lagi dalam bekerja.

Gak hanya cukup dengan berlibur saja, tapi kamu juga membutuhkan motivasi agar dirimu gak kembali merasa kelelahan yang teramat dalam. Berikut lima tips yang bisa memotivasi dirimu agar tak lelah saat berjuang mengejar karier impian.

1. Selalu mengingat apa tujuan kamu dalam berkarier 

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier ilustrasi stres kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kamu bekerja dengan tujuan ingin mendapatkan penghasilan. Namun, bukan hanya sekadar uang saja, bukan? Pasti ada hal-hal lainnya yang ingin kamu raih dalam karier yang sedang dijalani saat ini. Nah, cobalah kamu ingat kembali itu, karena dengan mengingatnya kamu akan memiliki dorongan semangat yang kuat dari dalam diri.

Misalnya, kamu berkarier untuk mencari pengalaman yang baru dan seru, membantu perekonomian keluarga, agar mendapatkan pasangan, atau tujuan-tujuan yang lainnya. Jadi, ingatlah lagi apakah kamu sudah berhasil mewujudkan semuanya atau baru beberapa saja?

Jika baru beberapa yang sudah berhasil kamu raih, atau bahkan belum ada sama sekali, maka teruslah berusaha. Jangan membuat dirimu lemah dan menyerah pada keadaan saat ini.

2. Berdamailah dengan pekerjaan dan lingkungannya 

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier ilustrasi bekerja (pexels.com/Daria Shevtsova)

Jangan terburu-buru untuk resign saat kamu sedang merasa bosan dan lelah dengan aktivitas pekerjaan atau lingkungan tempat kamu bekerja. Coba pikirkan kembali, apakah setelah resign kamu akan bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Apakah kamu yakin bahwa lingkungan di tempat baru juga akan mendukung? Apakah kamu juga bisa memastikan bahwa kamu gak akan kembali merasa lelah dan jenuh seperti saat ini?

Belum tentu, kan? Maka dari itu, renungkan kembali dan pertimbangkan secara matang. Jangan hanya tergiur akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, lantas langsung memutuskan untuk resign karena merasa lelah dengan pekerjaan saat ini dengan gaji yang standar. Berdamailah dengan pekerjaan dan segala hal yang berhubungan dengannya, baik itu dengan rekan kerja atau atasan.

Apabila pekerjaan yang kamu jalani saat ini gak membuat kariermu cepat berkembang, maka cobalah koreksi lagi. Barangkali ada kekeliruan yang kamu lakukan dan belum menyadarinya. Selagi masih bisa diperbaiki, maka bertahanlah, setiap orang yang mau berusaha pasti akan mampu mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 5 Hal yang Diharapkan Pria dari Pasangan Saat Dirinya Lelah Bekerja

3. Jangan mempersepsikan uang sebagai sumber kesuksesan 

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jangan menjadikan uang sebagai patokan untuk menentukan kesuksesan, apalagi sumber kebahagiaan. Kamu perlu memahami bahwa kebahagiaan yang berdasarkan pada uang semata itu gak nyata.

Kalau kamu memiliki pedoman seperti itu, bagaimana jika suatu saat kamu sudah gak memiliki uang? Kamu bisa jadi akan putus asa, bahkan lebih stres dan kelelahan dibandingkan kondisi kamu saat ini.

Penting untuk gak menjadikan uang sebagai penyemangat utama dalam berkarier, karena hal itu akan membuatmu ketergantungan pada finansial.

Yakinlah saja bahwa kamu saat ini sudah memiliki karier yang cemerlang. Hal yang terpenting adalah selalu berusaha maka nanti pendapatan dan jenjang karier pun akan meningkat seiring dengan usaha yang kamu lakukan.

4. Milikilah pekerjaan yang lain 

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier ilustrasi bekerja (pexels.com/Jopwell)

Selain bekerja di kantor, cobalah untuk memiliki pekerjaan sampingan yang juga bisa kamu gunakan sebagai hobi sekaligus. Misalnya, kamu bekerja di perusahaan sebagai public relation, cobalah di luar kantor kamu mencari pekerjaan sampingan yang juga berkaitan dengan skill kamu. Mungkin kamu bisa bekerja sebagai event organizer atau yang lainnya.

Dengan begitu, selain kamu bisa semangat lagi, kemampuanmu juga akan terlatih dan otomatis akan terus meningkat. Pendapatan meningkat, kualitas juga meningkat. Dijamin karier kamu juga pasti akan ikut meningkat. Pastikan juga pekerjaan sampingan yang kamu lakukan itu gak mengganggu pekerjaan utamamu di perusahaan tempat kamu bekerja sekarang, ya.

5. Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki 

5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier ilustrasi orang yang percaya diri (pexels.com/Minervastudio)

Unsur motivasi yang penting dan jangan sampai terlupakan yaitu keyakinan dan kepercayaan akan kemampuan diri sendiri. Percaya dan yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu mampu berkarier lebih baik lagi. Dengan kemampuan yang kamu miliki, yakinlah juga bahwa itu akan membawamu menuju kesuksesan.

Gak ada usaha yang sia-sia. Pada saatnya nanti kamu akan menerima hasil dari usaha keras dan perjuanganmu selama ini. Jadi, lakukanlah semuanya dengan hati yang ikhlas, senang dan gembira. Lakukan segala usaha yang terbaik dan lebih maksimal lagi, demi masa depanmu.

Itulah kelima tips untuk memotivasi dirimu agar tak mudah lelah dan tergoyahkan dengan berbagai hal saat sedang berjuang mendapatkan karier yang cemerlang. Selain motivasi dari luar, dirimu juga memiliki peranan penting untuk dapat menyalakan api semangat agar terus berkobar.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memutuskan Resign dari Kantor

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya