Comscore Tracker

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam Kerja

Manfaatkan waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran

Jeda waktu dalam bekerja yang diberikan oleh perusahaan, sebaiknya kamu manfaatkan dengan semaksimal mungkin. Gunakanlah untuk hal-hal yang positif, agar saat kembali bekerja, kamu bisa tetap produktif. Jeda waktu dalam beristirahat saat bekerja, pastinya sudah diperhitungkan oleh perusahaan, sehingga gak terlalu cepat dan gak juga terlalu lama.

Maka dari itu, lakukanlah beberapa kegiatan untuk menikmati momen jeda waktu di antara jam kerjamu dengan sebaik mungkin. Bersantailah sejenak untuk menyegarkan tubuh dan pikiran dari banyaknya pekerjaan. Berikut lima kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk lebih memaksimalkan waktu istirahat dalam bekerja.

1. Membawa bekal untuk makan siang di kantor 

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam Kerjailustrasi bekal makan siang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kegiatan yang bisa membuatmu menikmati momen jeda waktu di antara jam kerja yaitu, dengan makan siang dari bekal yang sudah kamu siapkan. Selain akan menghemat pengeluaran, dengan membawa makan siang dari rumah, kamu pun bisa lebih memaksimalkan waktu istirahatmu lagi.

Tentu saja dengan membawa bekal, maka kamu gak akan merasa repot dan membuang waktu untuk memesan makanan. Terlebih lagi, pada jam istirahat makan siang, pastinya tempat makan akan sangat ramai. Hal tersebut akan membuang sia-sia waktu istirahatmu. Jika kamu membawa bekal, maka kamu bisa langsung menikmati makan siangmu, selanjutnya kamu bisa sedikit bersantai.

2. Membaca berita atau buku favoritmu 

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam Kerjailustrasi membaca (pexels.com/Armin Rimoldi)

Jeda waktu di antara jam kerja adalah kesempatanmu untuk bersantai dan menyegarkan pikiran, maka manfaatkanlah untuk melakukan kegiatan yang mampu membangkitkan energimu. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan yaitu, dengan membaca berita atau buku bacaan favoritmu.

Dengan kegiatan membaca, selain akan menyegarkan kembali pikiranmu, hal ini juga bisa menambah ilmu dan wawasanmu. Pikiran segar, hati senang dan tingkatan fokus bekerja pun bisa meningkat. Gunakan jeda waktu istirahatmu untuk membaca, gak perlu bacaan yang berat, cari saja bahan bacaan yang ringan dan bisa menghiburmu.

Baca Juga: 10 Ciri Musuh dalam Selimut di Kantor, Mengaku Teman Dekat!

3. Mendengarkan musik juga menjadi kegiatan yang asyik 

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam Kerjailustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mendengarkan musik di saat istirahat dari jam bekerja, akan memberikan rasa senang dan tenang bagi dirimu. Rasa lelah pun menghilang dan berganti dengan rasa penuh semangat. Musik yang kamu dengarkan mampu meningkatkan energi yang telah terkuras untuk bekerja.

Pilih lagu yang menjadi favoritmu, pastikan lagu-lagu yang berirama semangat, ya. Hindari memutar musik yang membuatmu bersedih karena teringat masa lalu bersama mantan. Percayalah, hanya dengan beberapa menit mendengarkan musik yang membuatmu bersemangat, suasana hatimu pasti akan meningkat dan bekerja menjadi lebih giat.

4. Menonton film kesukaanmu 

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam KerjaIlustrasi perempuan memegang ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alternatif kegiatan lainnya untuk menikmati momen jeda waktu di antara jam kerja yaitu, dengan menonton film kesukaanmu. Bagi kamu yang suka menonton film, kegiatan ini pasti mampu membuatmu bersemangat, karena kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan mengasyikkan.

Pilihlah film yang memiliki durasi gak terlalu panjang dan jangan pilih film yang ceritanya terlalu berat. Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi untukmu menikmati film kesukaanmu dan jenisnya pun beragam. Untuk memaksimalkan waktu istirahat bekerja, pilihlah film yang menghibur diri seperti, film jenis komedi atau film yang menginspirasi.

5. Mengobrol santai bersama rekan maupun atasan 

5 Kegiatan Menikmati Momen Jeda Waktu di Antara Jam Kerjailustrasi mengobrol dengan santai (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kegiatan berikutnya yang bermanfaat dalam menikmati momen istirahat kerja yaitu, dengan mengobrol santai bersama rekan maupun atasan di tempatmu bekerja. Selain akan menambah keakraban di antara kalian, kegiatan mengobrol santai juga dapat membuat hati merasa bergembira.

Ketika hatimu bergembira, maka saat nanti akan kembali bekerja, segala hal yang kamu kerjakan pasti akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Bicarakanlah tentang hal-hal yang ringan di waktu jam istirahat, bisa mengobrol seputar hobi atau mengobrol tentang gebetan di tempat kerja maupun obrolan ringan yang lainnya.

Kesibukan bekerja dan beratnya beban tugas yang harus kamu kerjakan, memang bisa membuatmu merasa lelah dan kewalahan. Untuk itu, ketika ada jeda waktu di antara jam kerja, maka berusahalah agar kamu bisa memaksimalkan dan menikmatinya.

Lakukan kegiatan positif yang mampu membuatmu tetap produktif dengan kelima kegiatan di atas. Isilah jeda waktu dalam bekerjamu untuk bersantai sejenak, supaya hati senang dan pikiranmu pun tenang. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu membantumu dalam memulihkan tenaga dan mengisi energi agar penuh kembali, serta menjadi lebih siap saat kamu akan bekerja lagi.

Baca Juga: 5 Bahaya Menjadi Penjilat di Kantor, Bisa Mendatangkan Risiko!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya