Comscore Tracker

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimal

Ada kalanya kamu perlu beristirahat sejenak

Banyaknya pekerjaan dan permasalahan yang kamu alami, bisa membuat kesehatan mental terganggu. Kelelahan secara fisik dan mental pun kerap kamu rasakan. Segala hal yang kamu kerjakan seperti tak ada yang maksimal. Ketika mental sudah lelah, untuk berpikir jernih dan berkonsentrasi pun terasa sulit dilakukan.

Kenali tanda-tandanya dan jangan abaikan perihal mental. Sebab, kelelahan mental akan terus meningkat, jika gak segera kamu sadari dan atasi dengan cara yang tepat. Penjelasan mengenai tanda dari mental yang sudah lelah, dapat membantumu untuk mencegahnya terjadi. Yuk, simak dan pelajari.

1. Motivasi diri terus mengalami penurunan

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimalilustrasi kehilangan semangat saat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanda pertama dari mental yang sudah lelah yaitu, tingkatan motivasi dalam diri terus mengalami penurunan. Seseorang yang mengalami kondisi seperti ini, biasanya motivasi untuk beraktivitas akan menurun, bahkan ada yang sampai kehilangan motivasi atas apa yang sedang diperjuangkannya.

Setiap orang memang wajar, jika suatu saat tak termotivasi lagi untuk mengerjakan sesuatu. Tapi, bagi orang yang lelah secara mental, motivasi tersebut akan terus menurun setiap harinya. Kenali tanda ini sejak dini, agar kamu bisa segera mengatasinya.

2. Beban hidup terasa semakin berat 

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimalilustrasi banyak beban pikiran (pexels.com/Kelly Lacy)

Setiap manusia dalam menjalani kehidupan, merasakan sebuah beban itu adalah hal yang biasa. Namun, jika kamu sudah merasa beban yang kamu emban semakin hari, semakin berat, maka ini merupakan tanda bahwa kamu sudah lelah secara mental. Jangan abaikan tanda ini, agar kamu gak semakin terbebani oleh banyak hal.

Beristirahatlah sejenak untuk menenangkan diri. Masalah yang kamu hadapi, memang kerap memunculkan berbagai pikiran dan emosi negatif, salah satunya menjadikan beban hidup terasa berat untuk dijalani. Ketika kamu merasakan beban hidup semakin membuat stes hingga depresi, segera lah berikan pertolongan pada diri, agar kondisi mentalmu pulih kembali.

Baca Juga: 5 Alasan Generasi Milenial Mudah Stres dan Lelah, Yuk Cari Tahu 

3. Sering tertekan di segala keadaan 

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimalilustrasi tertekan dengan pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua orang pasti pernah mengalami situasi dan kondisi yang membuatnya merasa tertekan. Bisa karena pekerjaan yang banyak atau lingkungan yang kurang membuatmu nyaman, serta penyebab lainnya. Namun, jika kamu merasa tertekan di segala keadaan, ini adalah tanda dari mental yang sudah lelah.

Rasa tertekan yang berkepanjangan di segala jenis keadaan, bisa menyebabkanmu tak bisa menemukan kebahagiaan. Bukan berarti ada yang salah denganmu, hanya saja memang kondisi mental yang sudah lelah dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Yuk, peduli lagi dengan ini, jika selalu merasa tertekan di berbagai situasi, maka ambil jeda waktu untuk menenangkan diri dulu.

4. Meski sudah tidur cukup, badan tetap merasa lelah

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimalilustrasi orang merasa lelah menjalani hari (pexels.com/Budgeron Bach)

Mental yang sudah kelelahan bisa memengaruhi kondisi badan. Bagi kamu yang merasa sudah tidur cukup setiap harinya, tapi tetap saja badan terasa lelah, itu adalah tanda berikutnya dari kondisi mental yang mengalami kelelahan. Seseorang yang lelah secara mental, biasanya menunjukkan beberapa tanda fisik yang kurang sehat, salah satunya sering merasa lelah, meski sudah mencukupi waktu tidurnya.

Kekebalan tubuh terus menurun, tak hanya merasa badan pegal dan lelah saja, jika gak segera kamu atasi, maka akan memunculkan penyakit yang lainnya. Kelelahan secara fisik yang kamu alami, tak selamanya karena memiliki banyak aktivitas, karena itu juga merupakan akibat dari mental yang sudah sangat lelah.

5. Perasaan menjadi sangat sensitif 

5 Tanda Mental Sudah Lelah, Apapun yang Dikerjakan Tak Optimalilustrasi orang yang memiliki perasaan sensitif (pexels.com/Ivan Samkov)

Menjadi orang yang memiliki perasaan sensitif tidak lah salazh, karena itu adalah tanda bahwa kamu peka terhadap keadaan. Namun, jika setiap hari kamu selalu saja sensitif terhadap orang yang kamu temui, maupun saat kamu sedang menghadapi berbagai situasi, maka itu adalah ciri dari kelelahan mental.

Tanda kelelahan mental yang satu ini jika gak segera kamu atasi, maka perasaanmu akan semakin sensitif dalam menyikapi segala hal. Kamu menjadi orang yang mudah tersinggung, meskipun terhadap hal-hal yang sebenarnya sepele. Waspadalah akan tanda ini, segera lah cari cara untuk mengatasinya, agar gak menyebabkanmu menjadi orang yang selalu membawa perasaan yang berlebihan di setiap keadaan.

Ketika kamu mengalami kelelahan mental, tapi terus memaksakan diri untuk bekerja dan berpikir berat setiap harinya, maka kamu akan selalu merasa serba salah dan apa pun yang kamu kerjakan, hasilnya juga gak bisa maksimal. Yuk, sadari tanda-tanda ini sejak dini, agar kamu bisa berprestasi lagi.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Segera Mengatasi Perasaan Tak Layak dalam Diri

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya