Comscore Tracker

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehat

Selain penghasilan, kebahagiaan juga perlu diperhatikan

Semua orang pasti ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya, khususnya dalam hal pekerjaan. Akan tetapi, sering kali terjadi kenyataan terkait hasil yang didapatkan dalam pekerjaannya, itu berbeda dengan apa yang dia inginkan. Salah satu penyebabnya yaitu, karena orang tersebut hanya fokus pada aspek penghasilan. Padahal, kebahagiaan kerja itu juga perlu untuk diperhatikan.

Akibatnya, pekerjaan yang dijalani berbanding terbalik dengan minat yang dia miliki. Kondisi seperti ini, bisa menjadi sesuatu yang membuatmu kurang bersemangat dalam bekerja dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, serta lingkungannya menjadi kurang sehat. Berikut lima tips untukmu saat sedang mencari kerja, agar bisa sesuai minat dengan lingkungan yang sehat.

1. Cari tahu dan temukan apa yang menjadi keinginan 

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehatilustrasi merenung (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Tips pertama yang dapat kamu lakukan saat mencari kerja, agar bisa sesuai dengan minat dan bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat, yaitu dengan mencari tahu dan berusaha menemukan apa yang menjadi keinginan hatimu, terkait bidang pekerjaan yang ingin kamu lakukan. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang sehat untukmu bekerja nantinya.

Cobalah kamu manfaatkan minat yang ada dalam dirimu untuk menekuni bidang pekerjaan yang sesuai dengan keinginan hati. Sehingga, nanti kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih memuaskan hati. Semangat dalam diri akan semakin membara ketika kamu bekerja sesuai minatmu, karena minat dalam bekerja itu dapat membuat hati merasa gembira.

2. Ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam diri 

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehatilustrasi orang bercermin (pexels.com/Wilson Vitorino)

Setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sadarilah dan cari tahu tentang apa yang menjadi kelebihanmu. Bagi kamu yang belum menyadarinya, kamu bisa mencari tahunya dengan selalu mencoba hal-hal baru, saat sedang beraktivitas sehari-hari.

Misalnya, dengan bergabung bersama komunitas yang memiliki hobi sama, mengikuti pelatihan terkait pengembangan diri, serta yang lainnya. Asah terus kelebihanmu, hingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermutu. Selain itu, kenali juga di mana letak kekurangan dirimu, dan perbaiki hal tersebut.

3. Gak perlu takut akan sebuah kegagalan 

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehatilustrasi orang merasa takut (pexels.com/Trần Long)

Kegagalan adalah hal yang biasa dalam sebuah perjuangan. Kegagalan memanglah bagian dari proses kesuksesan, maka sudah seharusnya kamu gak perlu takut akan sebuah kegagalan dalam hidup. Proses mencari kerja yang sesuai minat dan kondisi lingkungan kerjanya pun sehat memanglah gak mudah.

Terkadang dalam perjalanannya, kamu kerap keliru memilih bidang pekerjaan karena tergoda besarnya penghasilan. Akibatnya bekerja pun merasa tak nyaman dan menciptakan lingkungan yang gak sehat bagimu.

Namun, jangan langsung merasa gagal ketika hal tersebut terjadi padamu. Teruslah mencoba sampai berhasil menemukan bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Jadikan saja kegagalan sebagai tahapan yang bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Semangat Mencari Kerja Setelah Lama Menganggur

4. Jangan malu untuk meminta bantuan orang lain 

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehatilustrasi berbicara (pexels.com/nappy)

Mencari bidang pekerjaan yang sesuai minat dan mencari situasi lingkungan pekerjaan yang sehat, itu bisa kamu lakukan dengan cara meminta bantuan orang lain. Jangan malu untuk mencari informasi terkait lowongan pekerjaan kepada orang lain. Hubungi teman-teman, saudara, atau siapa saja lalu tanyakan apakah ada perusahaan yang sedang membuka lapangan kerja.

Siapa tahu dari mereka, kamu akan mendapatkan informasi pekerjaan yang bisa sesuai dengan minatmu, serta kamu pun bisa mendapatkan informasi terkait lingkungan kerja di suatu perusahaan. Oleh karena itu, perluas lagi lingkungan pertemananmu, ya. Jangan ragu dan malu untuk menemui orang lain, meski hanya untuk mencari informasi terkait pekerjaan.

5. Pilih lingkungan yang bisa saling mendukung dan bekerja sama 

5 Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dengan Lingkungan Sehatilustrasi lingkungan kerja yang nyaman (pexels.com/fauxels)

Lingkungan akan memengaruhi pola pikir dan perilakumu dalam meraih kesuksesan hidup. Oleh karena itu, jika kamu ingin mencari kerja sesuai minat dan ingin berada dalam lingkungan yang sehat, pastikan kamu berada dalam lingkungan yang bisa saling mendukung dan bekerja sama.

Salah satu tipsnya begini, pilihlah jenis lingkungan yang di dalamnya berisi orang-orang yang memiliki minat sama sepertimu. Hal ini mampu menciptakan suasana bekerja yang menyenangkan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk karier di masa depan. Bersikap baiklah dalam lingkungan tersebut dan jangan malu untuk mengeluarkan ide-ide cemerlangmu, supaya proses bertukar pikiran menjadi semakin seru.

Menjalani aktivitas kerja setiap harinya, agar tak terasa membosankan dan melelahkan, maka carilah bidang pekerjaan yang sesuai minat dan pastikan dirimu berada dalam lingkungan yang sehat. Kelima tips di atas, bisa kamu terapkan saat sedang mencari pekerjaan.

Ingatlah selalu, bahwa selain penghasilan, kebahagiaan kerja juga penting dan perlu kamu perhatikan. Rutinitas bekerja akan terasa membahagiakan untuk dijalani, apabila sesuai dengan apa yang menjadi minat dalam dirimu, serta berada dalam lingkungan yang sehat dan saling mendukung untuk kemajuan bersama.

Baca Juga: 5 Kekhawatiran Fresh Graduate saat Masa Transisi ke Dunia Kerja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya