Comscore Tracker

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Aja

#IDNTimesLife Gesturmu punya makna lo

Proses wawancara kerja masih menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian besar orang, termasuk fresh graduate. Tak jarang, para calon kandidat merasa terintimidasi hingga stres karena gugup mengikuti wawancara.

Padahal, proses wawancara kerja yang sukses itu tak hanya tentang seberapa baik kamu menjawab pertanyaan yang diajukan, tetapi juga respons yang ditunjukkan dari bahasa tubuhmu. Dilansir Jobstreet, berikut kesalahan gerak-gerik fresh graduate saat interview kerja.

Tak hanya seberapa baik menjawab pertanyaan, tetapi juga respons yang ditunjukkan dari bahasa tubuhmu. Berikut kesalahan gerak-gerik fresh graduate saat interview kerja.

1. Berjabat tangan dengan buruk

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Ajapexels.com/fauxels

Jabat tangan yang sempurna, sulit saat kita merasa gugup. Karenanya, ada baiknya kamu menghindari jabat tangan yang terlalu lemah. Bisa saja, kamu dianggap tidak antusias menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Untuk mendapatkan jabat tangan yang sempurna, kamu harus melakukan pegangan danremasan yang tegas. Dua atau tiga kali ayunan sambil melakukan kontak mata pun boleh dilakukan.

Iringi ayunan tangan dengan senyuman yang alami dan kata-kata verbal yang sesuai. Kamu bisa melatih cara jabat tangan ini dengan seorang teman sebelum proses wawancara agar kamu merasa nyaman pada saat melakukannya.

2. Menyilangkan lengan

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Ajapexels.com/mentatdgt 330508

Ketika menyilangkan kedua tangan, bisa jadi kamu merasa lebih rileks. Namun, di mata HR, hal tersebut bisa jadi kamu sedang dalam keadaan defensif atau negatif.

Menutup tubuh dengan melipat lengan atau benda seperti tas, akan membuatmu tampak defensif, tak aman, dan tak nyaman di hadapan pewawancara.

Usahakanlah untuk senantiasa memisahkan tanganmu. Letakkan tangan di pangkuan atau di sandaran tangan kursi supaya tanganmu bebas bergerak secara alami saat berbicara.

Selain itu, kamu juga dapat meletakkan tas atau benda lain di kursi kosong yang ada di sampingmu. Jika tidak tersedia, letakkan saja di lantai dengan rapi.

3. Terlalu sering kontak mata

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Ajaunsplash.com/wocintechchat

Tak masalah melakukan kontak mata dengan HRD saat interview kerja. Tapi yang perlu kamu pahami adalah untuk jangan melakukan kontak ini secara berlebihan. Hal tersebut bisa membuat pewawancara merasa tidak nyaman.

Kamu dapat mengalihkan pandangan dengan cepat ketika mempertimbangkan sebuah jawaban, lalu menoleh kembali ketika mulai berbicara. 

Baca Juga: Tips Cari Kerja saat Pandemik, Ada Kiat buat Online Interview Juga lho

4. Terlalu banyak mengangguk

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Ajaunsplash.com/workwithisland

Mengangguk adalah gerak-gerik yang mengisyaratkan kalau kamu mengerti apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Namun, perhatikan pula apakah kamu mengangguk di waktu yang sesuai.

Jika terlalu sering mengangguk, kamu akan terkesan seperti tidak sepenuhnya mendengarkan, tidak benar-benar memahami apa yang sedang diucapkan, atau hanya ingin menyenangkan pewawancara bahwa kamu tidak memiliki pendapat personal.

Dengan mendengarkan baik-baik percakapan yang berlangsung, kamu akan tahu bagaimana menyesuaikan situasi dengan gerak-gerikmu. Jika ada sesuatu ketika yang tidak dipahami, kamu bisa langsung menanyakannya.

Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda, bicaralah dengan rasa hormat. Jarang sekali ada seorang kandidat yang mau belajar dan memiliki pendapatnya sendiri. Jika kamu bisa menyampaikannya dengan baik, bukan tidak mungkin HRD akan terkesan.

5. Menunjukkan kegelisahan

5 Kesalahan Gerak-gerik Fresh Graduate Saat Interview Kerja, Kalem Ajaunsplash.com/wocintechchat

Gelisah adalah hal yang lazim saat menghadapi proses wawancara kerja. Namun, jangan biarkan ini tertangkap oleh mata pewawancara.

Hindari kebiasaan memainkan rambut atau memeriksa ponsel. Kedua kebiasaan ini berikut dengan perilaku gelisah lainnya, akan membuatmu terlihat tidak jujur, tidak sabar, gugup, bahkan tidak siap untuk diwawancarai.

Dalam situasi wawancara kerja, kamu dianggap tidak memiliki hal lain yang lebih penting dibandingkan interview itu sendiri.

Itu tadi 5 kesalahan gerak-gerik fresh graduate saat interview kerja. Ingat, kamu harus mempertahankan gerak-gerikmu supaya tetap dalam keadaan positif, namun tidak kehilangan jati dirimu.

Jalanilah wawancara secara alami dan santai karena kamu adalah pusat perhatiannya! Lalu, tampilkan versi terbaik dari dirimu. Semangat!

https://www.youtube.com/embed/cLZj2B8Ek4k

Baca Juga: Ini Cara Jawab Ditanya Mau Gaji Berapa Saat Interview Kerja

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya