Comscore Tracker

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFH

Kerja dari rumah bukan lagi penghalang

Bagi freelancer atau orang yang terbiasa bekerja dengan fleksibel, istilah WFH di tengah wabah COVID-19, bukan persoalan yang berarti. Namun, bagaimana jika kamu adalah karyawan yang setiap hari pergi dan pulang kantor, lalu sekarang harus kerja dari rumah?

Bagaimana kamu menyesuaikan dengan distraksi yang ada di rumah saat kamu bekerja? Berikut ini IDN Times berikan beberapa kebiasaan kecil yang bikin kamu lebih efektif bekerja waktu WFH.

1. Siapkan tempat yang menunjang bekerja saat di rumah

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFHIDN Times/Rizka Yulita

Ruang kerja yang efektif, membantu kamu tetap fokus menyelesaikan tugas. Buat meja kerja menjadi tempat yang menyenangkan seperti ketika kamu berada di kantor. Kamu bisa memulai dengan membersihkan barang-barang yang tidak terpakai.

Taruh poster idola atau penyanyi favorit, quotes, dan foto keluarga. Pastikan kamu duduk di kursi yang nyaman! Kursi yang berkualitas adalah investasi penting supaya membuatmu betah bekerja seperti ketika di kantor. 

2. Buat manajemen waktu harian

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFHIDN Times/Rizka Yulita

Jika kamu sedang bekerja di rumah, namun masih lembur sampai larut malam, berarti ada yang salah dengan manajemen waktu yang kamu punya. Agar lebih efektif, perketat deadline dalam satu hari dengan mengorganisasi prioritas pekerjaan terlebih dahulu. 

Ini akan membantumu terhindar dari menunda pekerjaan. Selain itu, membuat prioritas akan membantumu tetap fokus saat beralih pada satu tugas ke tugas lainnya. Jangan lupa juga, istirahat selama kurang lebih 15 menit tiap kali satu pekerjaan selesai.

3. Atur waktu saat berkomunikasi dengan klien atau manajer

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFHIDN Times/Rizka Yulita

Agar tetap fokus kerja dari rumah, kamu perlu mengatur komunikasi dengan klien atau manajer. Atur waktu untuk membaca pesan yang penting terlebih dahulu, kemudian jadwalkan waktu untuk cek pesan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan saat itu.

Meski sulit, mengendalikan hal sederhana seperti ini akan meningkatkan interaksi dan kepercayaan terhadap manajer sehingga pekerjaan bisa lebih produktif. Kamu bisa memberi tanda 'busy' pada Slack, WhatsApp, atau Skype saat tak bisa diganggu.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Penat dengan Coloring Book Selama WFH, Seru!

4. Motivasi dirimu sendiri buat tetap fokus serta ketahui tujuan panjangmu

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFHIDN Times/Rizka Yulita

Hal yang menjadi tantangan bagi orang yang belum terbiasa kerja di rumah adalah bagaimana mereka bisa fokus. Sebab, tentu saja ada perbedaan nyata suasana antara di kantor dan di rumah.

Namun, kamu gak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan. Seperti misalnya, memotivasi dirimu sendiri dengan teknik melatih diri berpikir positif, percaya diri, dan mengetahui tujuan jangka panjang yang hendak kamu capai. 

Mulai sekarang, coba perhatikan lagi bagaimana kamu bermain media sosial! Kamu bisa mulai mengendalikannya dengan mematikan notifikasi atau mengalihkan pada mode mute selama beberapa waktu.

Jangan lupa memberi reward saat kamu berhasil menyelesaikan satu proyek yang melelahkan!

5. Seimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Lebih Efektif Bekerja Waktu WFHIDN Times/Rizka Yulita

Apabila kamu menemukan dirimu kehilangan fokus saat bekerja dari rumah, coba ingat kembali hal-hal esensial yang mungkin kamu lewatkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa mencapai work life balance.

  • Mengenakan pakaian seperti ketika kamu pergi ke kantor akan membantumu lebih fokus meski bekerja dari rumah 
  • Lakukan rutinitas pagi hari biasa seperti ketika kamu akan pergi ke kantor. Bangun pagi, mandi, sarapan, atau olahraga seperti biasanya
  • Agar energi tetap terjaga, jangan lupa untuk mengambil waktu makan dan istirahat. Kamu bisa membuat kopi atau minuman favorit, Kamu juga bisa berjalan sesekali ke luar untuk mendapat udara segar
  • Ingatkan kembali anak atau anggota keluarga di rumah bahwa kamu harus bekerja 
  • Tetap sisihkan waktu buat komunikasi dengan pihak kantor dan bagian manajerial agar pekerjaan tetap terpantau dari rumah

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu terapkan apabila ingin lebih efektif bekerja dari rumah. Kebiasaan ini harus kamu lakukan selama kurang lebih 30 hari terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan situasi WFH. 

Baca Juga: 7 Alasan Work From Home Cocok Buat Introver, Makin Bikin Produktif!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya