Comscore Tracker

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'

Waktunya kamu unjuk gigi

Kenapa sih, para (Human Resources Development) HRD biasanya tanya alasan mereka harus menerima kamu? Mereka sebenarnya ingin tahu apa yang membedakan kamu dengan kandidat lain serta kesesuaian kamu dengan posisi yang kamu lamar. Selain itu, mereka juga ingin melihat bagaimana kamu mengatasi situasi dengan pertanyaan yang berpotensi membuat pelamar bingung.

Barangkali ada di antara kamu yang masih kesulitan menjelaskan kenapa kamu adalah kandidat terbaik dengan cara lebih rendah hati. Padahal ini menjadi kesempatan padamu untuk meyakinkan mereka kalau kamu adalah aset perusahaan.

Nah kali ini, kami bakal bagikan tips jawab pertanyaan interview, "Kenapa kami harus menerima Anda?" melalui artikel berikut. Hal-hal kayak ini lho, yang bisa kamu persiapkan sebelum wawancara.

1. Riset tentang posisi pekerjaan dan budaya perusahaan

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'ilustrasi pegawai berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Untuk mengetahui lebih lanjut terhadap keahlian yang spesifik, kualitas dan pengalaman adalah hal yang dicari dari kandidat paling ideal. Dilansir Indeed, kamu dapat mulai dengan menemukan kesamaan yang relevan antara keterampilan, pengalaman, dan kualitas terbaik yang dapat kamu tawarkan bagi perusahaan. 

Setelah itu, coba pelajari misi dan kabar terkini dari perusahaan agar lebih update dalam menjawab pertanyaan. Ini berarti kamu telah terhubung dan menunjukkan bahwa kamu bisa menyatukan nilai yang kamu pegang dengan nilai perusahaan demi mencapai tujuan bersama.

2. Tunjukkan prestasi di perusahaan sebelumnya

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'ilustrasi bekerja (pexels.com/Julia Khalimova)

Bila memungkinkan, kamu dapat mendukung jawaban dengan menunjukkan pencapaian secara numerik. Misalnya, bila kamu melamar pekerjaan sebagai Product Manager di perusahaan yang mencari pelamar untuk mengembangkan strategi pemasaran, kamu dapat menjelaskan bahwa di perusahaan lama, kamu telah menerapkan strategi pemasaran baru yang berhasil melebihi capaian perusahaan sebesar 30 persen.

Tunjukkan pada HRD bahwa kamu punya kualitas pengalaman yang relevan, yang berbeda dengan kandidat lain. Misalnya, bila kamu pernah dengan sukarela jadi pembicara di acara Universitas x untuk nama perusahaan, itu akan menjadi nilai lebih yang membedakan kamu dengan kandidat lain.

3. Contoh jawaban untuk melamar posisi Administrasi Bisnis dan lulusan baru jurusan Komunikasi

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'ilustrasi pekerja kantor (pexels.com/Gustavo Fring)

Berikut kami bagikan contoh jawaban yang bisa kamu jawab bila kamu melamar di bidang Administrasi Bisnis:

"Anda harus mempekerjakan saya karena kemampuan saya terbukti dalam organisasi untuk efisiensi kantor. Saya bangga dengan keterampilan manajemen waktu, koordinasi, dan interpersonal. Dalam posisi saya sebelumnya sebagai asisten administrasi, saya membuat rencana untuk mengatur ulang lemari peralatan kantor berdasarkan kategori. Kami menempatkan pesanan lebih sedikit dan menghemat 30 persen untuk perlengkapan kantor dari tahun ke tahun. Saya senang mendedikasikan keterampilan saya dengan posisi ini."

Berikut kami bagikan contoh jawaban wawancara kerja bila kamu adalah seorang lulusan baru jurusan Komunikasi:

"Karena saya baru lulus dengan gelar sarjana di bidang Komunikasi, saya pandai dalam bidang pemasaran melalui email dan cara digital lain yang lebih modern ke perusahaan. Saya pernah magang sebagai pemasar email untuk perusahaan start-up yang juga telah mengajari saya tentang bagaimana membuat konten, yang berdampak pada lingkungan serba cepat. Dengan keterlibatan ini, saya berhasil meningkatkan penjualan sebesar 10 persen. Melihat pengalaman dan pengetahuan tentang promosi pesan melalui tradisional dan digital, saya percaya bisa menjadi aset berharga bagi tim pemasaran email perusahaan Anda." 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Baru Pertama Kali Interview Kerja

4. Tunjukkan kepercayaan diri dengan bahasa tubuh yang meyakinkan

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'ilustrasi Focus Discussion Group (Unsplash.com/Dylan Gillis)

Untuk melamar posisi yang kamu inginkan, terkadang kamu masih dibayangi keraguan karena posisi pekerjaan yang naik tingkat dari sebelumnya atau posisi peran berbeda. Makanya, selain dari keahlian relevan dan kesesuaian nilai kamu dan perusahaan, penting banget dalam hal ini kamu menunjukkan sikap percaya diri dengan kemampuan. 

Kamu juga gak perlu selalu bertindak sempurna dalam setiap tugas yang mereka sebutkan dalam persyaratan, kok! Namun, coba tunjukkan kepercayaan diri terhadap posisi ini pada pewawancara. Dilansir Careersidekick, kamu harus menunjukkan dengan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara, bahwa kamu yakin dengan keterampilan yang dibutuhkan serta mudah belajar hal baru.

5. Perlihatkan kamu antusias dengan pekerjaan

5 Trik Jawab Pertanyaan Interview, 'Kenapa Kami Harus Menerima Anda?'ilustrasi perekrutan tahap wawancara (pexels.com/fauxels)

Ada perbedaan kentara antara mau melakukan dan ingin melakukan sesuatu. Ini juga berlaku ketika kamu melamar pekerjaan tertentu. Ketika kamu sangat menginginkan dan membutuhkan pekerjaan itu, pewawancara biasanya bisa langsung melihatnya dari bagaimana kamu menjawab setiap pertanyaan. 

Itulah kenapa penting dalam hal ini bagi kamu dalam menunjukkan minat dan menghilangkan keraguan perihal kenapa kamu ingin melakukan jenis pekerjaan ini. Bayangkan saja kalau kamu sendiri kurang yakin dan nantinya bosan lalu memilih berhenti padahal baru masuk? Dan, ketakutan ini bukan hanya merugikan dirimu tapi juga para perekrut yang telah membebani kamu dengan tawaran pekerjaan.

Baca Juga: 9 Pertanyaan yang Perlu Ditanyakan ke HRD Saat Interview, Jangan Lupa!

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya