Comscore Tracker

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!

Kamu gak sendiri, kok

Setiap orang punya masalahnya sendiri. Kamu pernah dengar pendapat itu, kan? Tentu dari masalah yang dialami orang lain, ada masalah-masalah yang tak mampu dihadapi atau diselesaikan sendiri.

Oleh karena itu, orang-orang juga membutuhkan bantuan orang lain untuk masalahnya, guys. Namun, jangan sembarangan untuk menceritakan masalahmu ke orang lain, ya. Paling tidak, kamu bisa menceritakan itu semua dengan lima alasan ini.

1. Pendapatnya bisa jadi solusimu

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!ilustrasi pertemanan (pexels.com/pixabay)

Ketika sedang diterpa masalah, kamu pasti membutuhkan tempat untuk menceritakan segala keluh kesah tersebut. Kebanyakan orang dengan mudah membagikan kisahnya kepada orang lain, seperti teman atau keluarga.

Namun, ada juga beberapa orang yang merasa mampu menggenggam masalahnya sendiri. Padahal, dengan menceritakan masalah yang dimiliki kepada orang yang tepat, dia akan merasa lebih baik dan merasa bisa menghadapi hari esok.

Menceritakan masalahmu pada orang lain bukan hal yang mudah memang. Namun, dengan membagikannya, kamu bisa saja mendapatkan solusi dan jalan keluar. Sebab, pola pikirmu dengan orang lain tentu saja berbeda. Tak ada salahnya bercerita, asalkan pada orang yang tepat.

2. Paling tidak dia meringankan bebanmu

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!ilustrasi pertemanan bahagia (unsplash.com/jarritos)

Memulai curhat dengan orang lain tentu dilakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Namun, kalau terlalu lama memutuskan juga rasanya tak baik. Pikiranmu bisa kacau dan membuat hari-hari terasa kian berat.

Segeralah curhat pada orang yang kamu percayai. Mungkin masalahmu tak akan selesai saat itu juga, tetapi paling tidak bisa meringankan bebanmu.

Dengan didengarkan, kamu pasti akan merasa jauh lebih baik. Jangan berharap mendapat solusi saat itu juga, yang penting kamu sudah berhasil membagikan curhatmu.

3. Kamu butuh dukungan dari mereka

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!Sri Mulyani dalam Presidensi G20 Indonesia (dok. Presidensi G20 Indonesia)

Meminta dukungan ketika kamu sedang dalam fase terburuk bukan hal yang memalukan, kok. Bahkan, ketika kamu sedang tidak baik-baik saja, ada benarnya mencari bala bantuan, termasuk dukungan dari mereka yang peduli.

Hal tersebut juga terjadi dalam gelaran Presidensi G20 Indonesia. Dalam segala tantangan global yang sedang berlangsung, tentu dibutuhkan banyak negara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini seperti yang dikatakan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani bahwa tidak memandang dari negara mana pun, dunia membutuhkan lebih banyak lagi kolaborasi.

Masalah seperti ketahanan pangan, energi, perubahan iklim, dan pandemik, Sri Mulyani menjelaskan, semuanya saling terkait, dan negara-negara di dunia tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendirian. “Kita semua sepakat bahwa kita perlu melanjutkan semangat kolaborasi dan multilateralisme,” kata Sri Mulyani, dikutip dari Apnews.com.

Menteri Keuangan bersama Gubernur Bank Sentral G20 mendapatkan dukungan dari anggota G20, negara undangan, dan berbagai organisasi internasional untuk mengurangi permasalahan yang jadi agenda prioritas. Agenda tersebut adalah ekonomi global, kesehatan global, arsitektur keuangan internasional, permasalahan sektor keuangan, keuangan berkelanjutan, infrastruktur, dan perpajakan internasional.

Berkat kerja sama yang baik, agenda prioritas tersebut bisa diatasi bersama-sama. Bahkan, Sri Mulyani mengatakan bahwa G20 adalah forum penting untuk mengoordinasikan permasalahan global.

"Kita telah menciptakan kemajuan dalam membangun jembatan untuk satu sama lain hingga hari ini dan seterusnya dalam menanggulangi tantangan yang akan dihadapi," kata Sri Mulyani dalam pertemuan ketiga di bawah Presidensi G20 Indonesia pada Sabtu (16/7/2022) lalu.

4. Dapat cara dan strategi lain memecahkan masalah

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!Sri Mulyani dalam Presidensi G20 Indonesia (dok. Presidensi G20 Indonesia)

Ketika dilanda masalah, setelah curhat untuk menceritakan perasaanmu, kamu tentu juga membutuhkan cara dan strategi untuk menyelesaikannya. Gak boleh sembarangan, cara dan strategi yang dilakukan harus dibarengi komitmen supaya hasil akhirnya maksimal.

Seperti yang dilakukan Menteri Keuangan bersama Gubernur Bank Sentral G20, mereka bersama negara-negara yang ditunjuk saling bekerja sama dan berkomitmen untuk menangani permasalahan global bersama.

Dari ketujuh agenda prioritas yang ada, salah satunya adalah permasalahan ekonomi global. Demi meringankan masalah tersebut, para anggota G20 berkomitmen untuk memanfaatkan semua alat kebijakan yang tersedia untuk mengatasi permasalahan ekonomi, sehingga terbentuklah stabilitas finansial berkelanjutan jangka panjang.

Selain untuk ekonomi global, cara dan strategi meminimalisasi isu kesehatan global juga dilakukan. Seperti yang kamu tahu, masa pandemik belum dikatakan berakhir. Oleh karena itu, para anggota membentuk Financial Intermediary Fund (FIF) guna membangun arsitektur kesehatan global dalam persiapan, kesiapsiagaan, dan respons aspek keuangan pasca pemulihan pandemik.

Kedua kerja sama menemukan cara dan strategi mengatasi masalah yang dilakukan dalam Presidensi G20 Indonesia tentu bisa kamu contoh. Dengan mendapatkan cara dan strategi yang tepat, masalahmu pasti cepat selesai.

5. Dia akan menjaga rahasiamu

Alasan Perlunya Curhat pada Orang yang Tepat, Masalah Cepat Selesai!ilustrasi pertemanan (unsplash.com/preghat03200)

Dengan curhat ke orang yang tepat, selain kamu mendapatkan dukungan, cara, dan strategi penyelesaian masalah, mereka juga akan menjaga rahasiamu. Kamu tak perlu risau terkait keamanan masalah yang sedang kamu hadapi. Kalau orang tersebut memang tepat, dia pasti akan menutup mulut rapat-rapat.

Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan bercerita pada seseorang, pastikan ia dapat dipercaya. Sebab, jika kamu salah pilih, bukannya mengurangi tapi malah menambah masalah lain.

Memiliki masalah tentu sudah jadi hal biasa bagi manusia. Namun, pilihan untuk menceritakan masalah tersebut pada orang lain tergantung pribadi masing-masing. Jika kamu merasa butuh menceritakannya, tak ada salahnya mencari orang yang tepat untuk mengutarakannya. (WEB)

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya