Comscore Tracker

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!

Gak selalu harus jadi konselor atau HRD, kok

Pekerjaan apa yang terlintas di kepala kalian saat mendengar jurusan psikologi? Mungkin yang terpikirkan adalah membuka praktik konseling pribadi, menjadi dokter di rumah sakit jiwa, dosen, hingga HRD di perusahaan.

Banyak asumsi bahwa pilihan pekerjaan bagi lulusan psikologi tidak banyak. Padahal, jenis pekerjaan untuk lulusan jurusan satu ini sangat beragam, bahkan unik, lho.

Berikut tujuh profesi unik untuk referensimu yang kini sedang menempuh pendidikan di jurusan psikologi. Siapa tahu ada yang cocok, nih!

1. Sport Psychologist 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi pemain sepakbola (pexels.com/Yogendra Singh)

Bagi pncinta olahraga sekaligus psikologi, pekerjaan ini menjadi hal yang diidam-idamkan. Sudah banyak klub-klub olahraga yang merekrut psikolog untuk membantu meningkatkan kualitas atlet dari segi mentalitas.

Bekerja sebagai sport psychologist atau psikolog olahraga, kalian akan membantu para atlet agar bisa bekerja dengan performa terbaik. Bersama pelatih, nantinya kalian membantu memaksimalkan atlet dengan memantau kekuatan dan kelemahan atlet

Selain itu, kalian juga membantu memotivasi atlet untuk mengejar pencapaian. Kalian juga harus mendampingi atlet yang sedang pemulihan akibat cedera. Seru, kan?

2. Circus Psychologist 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi pertunjukkan api (unsplash.com/Alex Alvarez)

Pekerjaan satu ini memang terdengar aneh dan tidak biasa jika dilakukan di Indonesia. Namun, pekerjaan sebagai psikolog dalam sirkus sangat diminati di luar negeri, lho.

Seperti dalam film The Greatest Showman, kalian akan dihadapkan dengan pekerja sirkus profesional dalam pertunjukkan. Pekerjaan ini juga bertugas membantu para pemain dalam mengatasi demam panggung.

Gak cuma itu, penyesuaian diri dengan pekerjaan baru, pemulihan pascacedera, dan menganalisis strategi yang tepat agar dapat memberikan pertunjukkan sirkus yang memukau penonton juga jadi tanggung jawab kalian, lho.

3. Digital Marketing Analyst 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi wanita yang sedang menganalisa (pexels.com/Liza Summer)

Siapa yang tidak kenal TikTok, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya? Salah satu alasan di balik kesuksesan platform ini adalah karena adanya digital marketing yang baik Pekerjaan ini cocok banget buat anak muda.

Bekerja sebagai digital marketing analyst, kalian akan memainkan peran penting dalam sebuah desain marketing. Memonitor tren pasar secara daring, mempelajari dan menganalisa berbagai data statistik untuk memahami kebutuhan pasar.

Yang menarik, melalui desain marketing yang cerdas, kalian akan  mengondisikan perilaku dari penggunanya, lho. Profesi satu ini bisa jadi tujuan kariermu nantinya.

Baca Juga: 9 Ilmu dan Skill yang Kamu Dapat Ketika Masuk Jurusan Psikologi 

4. Animal Behavior Psychologist 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi sepasang zebra di kebun binatang (pexels.com/Pixabay)

Jika tidak suka bekerja untuk kesejahteraan manusia dan lebih tertarik dengan hewan, kalian bisa memilih pekerjaan gabungan dari ilmu psikologi dan ilmu hewan. Jangan salah, ini pekerjaan yang menarik, loh.

Bekerja sebagai animal behavior psychologist, kalian mempelajari kesehatan mental dan pola perilaku hewan, interaksi antar sesama, dan mencari diagnosa tepat dalam abnormalitas hewan. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan berpikir analisis yang kuat.

5. Color Expert 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi ragam warna (pexels.com/Kaboompics)

Kalian pasti sudah tidak asing dengan konteks psikologi warna, kan? Maksudnya adalah, kebiasaan mencari arti berbagai warna. Dalam psikologi, berbagai macam warna memang memiliki pengaruh yang berbeda terhadap perilaku manusia.

Meski sebenarnya bidang ini bisa dan lebih banyak dipelajari di luar jurusan psikologi, color expert menggabungkan pemahaman bidang psikologi, tren pasar, statistik, kreativitas, dan inovasi untuk memberikan saran mengenai warna yang cocok bagi rumah, bangunan perusahaan, logo produk, layout desain, dan lainnya.

6. Rocket Science Strategist 

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi roket di luar angkasa (pexels.com/SpaceX)

Bisa meluncurkan wahana antariksa dengan awak tentu bukan hal yang mudah. Selain pesawat yang memadai, kalian juga harus mengomunikasikan dampak psikologis dari perjalanan ini bagi astronot. Itulah tugas psikolog di bidang rocket science strategist.

Terlebih dengan kemunculan lembaga-lembaga swasta yang mulai menawarkan perjalanan singkat ke luar angkasa bagi masyarakat umum. Untuk yang satu ini memang asing karena lapangan kerjanya yang terbatas.

Kalian harus mencari pekerjaan ini di lembaga antariksa besar, seperti NASA, Space X, dan sejenisnya. Lembaga dengan misi mengembangkan pesawat luar angkasa berawak bisa kamu pilih.

7. Parapsychologist

7 Profesi Unik Lulusan Psikologi yang Bisa Kamu Coba, Menarik Banget!ilustrasi clairvoyance (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Pekerjaan satu ini mungkin membutuhkan pengetahuan lebih di luar psikologi pada umumnya. Parapsychologist atau yang dikenal dengan parapsikolog merupakan pekerjaan yang melibatkan fenomena paranormal atau psikis.

Meskipun masih dianggap kontroversial dan terasa seperti pekerjaan di film horor, namun sebenarnya parapsikolog sendiri masih bersinggungan dengan psikologi, lho. Kalian akan meneliti perilaku manusia terhadap fenomena ini.

Banyak sekali fenomena psikis yang menjadi bidang pekerjaan ini. Mulai dari mind reading atau membaca pikiran, telepati, telekinesis, psikokinesis, parakognisi, clairvoyance, dan pengalaman supranatural lainnya.

Dari ketujuh profesi unik di jurusan psikologi ini, banyak dari kita yang jarang bahkan tidak pernah mendengarnya. Namun, tidak pernah mendengar bukan berarti gak ada, loh. Kira-kira kalian tertarik dengan pekerjaan yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 Pilihan

Fira Yultiara Photo Verified Writer Fira Yultiara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya