Comscore Tracker

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu

Sudah tahu belum?

Baru lulus kuliah, atau sedang mencari kesibukan? Pasti pilihan menjadi freelancer pernah terpikir di pikiranmu ya? Beberapa orang menganggap bekerja freelance itu menyenangkan. Kebayang deh tuh kalau pekerjaannya nggak terlalu berat dan cenderung lebih luang dalam segi waktu. Tapi tunggu dulu, kamu harus pertimbangkan 5 hal ini dulu ya sebelum ‘terjun’ menjadi seorang freelancer.

1. Wajib bisa atur waktu

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini DuluShutterstock/GaudiLab

Sebelum putuskan menjadi freelancer, coba deh belajar mengatur waktumu dulu. Pasalnya, bekerja secara freelance membuat kamu punya banyak waktu. Alhasil, biasanya sih kamu bakalan lebih santai karena semua yang dikerjakan pun serba seorang sendiri. Jadi, kamu harus berani berkomitmen dulu dengan diri sendiri. Misal, kamu mau kerja dari jam segini sampai jam segini, maka lakukanlah. Jangan pakai motto nanti aja deh belum mepet ini”.

2. Tanpa bos, kamu jadi kerja sendiri

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini DuluShutterstock/BublikHaus

Namanya juga freelance, sudah pasti kamu ‘free’. Kalau bekerja kantoran, kamu akan punya teman satu tim, atasan dan rekan-rekan lainnya. Sementara kalau jadi freelance, tentunya kamu nggak akan memiliki atasan, karena kamu bakal bekerja sendiri. Kalau kamu terbiasa kerja tim, sepertinya hal ini patut kamu pikirkan lagi.

3. Jangan malas, disiplin adalah kunci!

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini DuluShutterstock/Kite_rin

Kerja sendiri terkadang bikin tingkat kemalasan seseorang meningkat. Ngaku deh? Kalau kamu tipe orang yang suka menunda pekerjaan dan bermalas-malasan, sepertinya pekerjaan yang bebas kayak freelancer nggak cocok buat kamu. Sebagai freelancer, kamu harus bisa disiplin karena kamu nggak punya jam pasti kapan harus bekerja seperti orang kantoran. Semua ritme kerjamu, kamu yang menentukan. Jadi, siap untuk hal ini?

4. Harus punya persiapan secara finansial

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini DuluShuttestock/Roman Samborskyi

Jadi freelancer juga harus pintar dalam mengelola keuangan. Pasalnya kebanyakan perusahaan yang mencari freelancer tidak menyediakan yang namanya jaminan kesehatan dan segala macam bentuk tunjangan. Biasanya perusahaan tersebut hanya akan memberikan gaji saja. Oleh karena itu kamu harus punya persiapan secara finansial dan pandai mengatur keuanganmu. 

Karena sebagai freelancer nggak ada jaminan kesehatan, lebih baik kamu antisipasi lebih dulu dengan menggunakan asuransi seperti dari FWD Life. FWD Life hadir dengan asuransi kesehatan yang terjangkau, yaitu Asuransi Bebas Handal, agar setiap orang mampu memiliki perlindungan diri dari risiko hidup yang tak terduga, untuk dapat terus bebaskan langkah jalani hidup dan passion kamu.

Apalagi Asuransi Bebas Handal ini menawarkan proteksi kesehatan yang sangat terjangkau yaitu dengan kontribusi mulai hanya dari Rp75.000,- per bulan. Untuk membelinya pun mudah karena bisa secara online. Proses masuk dan keluar Rumah Sakit rekanan juga nggak pakai ribet, cukup gesek kartu asuransi sepanjang biaya kamar sesuai Plan. Walaupun kontribusinya terjangkau, manfaatnya lengkap, karena mencakup biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap, biaya tindakan bedah dan cek lab dengan nilai manfaat hingga Rp100.000.000,- per tahun.

Nggak cuma itu, Asuransi Bebas Handal ini ternyata asuransi rawat inap yang berbasis syariah dan dalam periode kepesertaan hingga 30 April 2020, kamu langsung terproteksi dengan Manfaat Khusus COVID-19 hingga Rp100 juta* jika positif terdiagnosis COVID-19, tanpa biaya tambahan. Kamu freelancer tertarik untuk ikut asuransi FWD Life ini? Cek langsung di sini ya!

5. Harus siap modal juga nih

Mau Kerja Freelance? Pertimbangkan 5 Hal Ini DuluShutterstock/GaudiLab

Nggak cuma masalah jaminan kesehatan, kamu sebagai freelance juga harus siap modal sendiri, lho. Seperti apa tuh? Misal kamu freelance menjadi design graphic atau writer, kamu harus menyiapkan laptop dan peralatannya sendiri. Belum lagi modal mencari workspace sebagai tempat kerja biar bisa tetap fokus pada pekerjaanmu. Tentunya juga nggak ada uang makan dan transport. Bisa-bisa gajimu habis hanya untuk modal kerja. Siap untuk itu? 

Gimana guys, sudah mendapat pencerahan? Nggak salah kok jika kamu ingin menjadi freelancer. Yang penting tetap semangat ya!

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Anindya Roswita Putri
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya