Comscore Tracker

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpin

Gak cuma hard skill, soft skill juga penting!

Dalam sebuah kelompok, baik itu kecil maupun besar, pasti butuh seorang pemimpin yang bisa menjadi contoh bagi anggotanya. Menjadi seorang pemimpin itu banyak manfaatnya, khususnya untuk mengembangkan soft skill kamu, nih! Kamu bisa mencobanya dari kelompok kecil. Misalnya, dalam kelompok belajar sampai organisasi di dunia kerja.

Jika hard skill berkaitan dengan pengetahuan, soft skill justru berbeda. Soft skill memiliki hubungan dengan kecerdasan emosional dan bakat yang kamu miliki. Jika hard skill bisa didapat di kelas, dari mana datangnya soft skill? Jawabannya adalah dari organisasi. Berorganisasi bisa menjadi media buat meningkatkan soft skill yang dipunya.

Lalu ketika kamu menjadi seorang pemimpin, kira-kira apa saja ya keahlian yang bisa dimiliki untuk kehidupan ke depannya? Simak soft skill yang akan kamu miliki ketika menjadi seorang pemimpin di bawah ini!

1. Pertama, kamu bisa berlatih untuk bekerjasama dalam tim

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpinwww.coburgbanks.co.uk

Seorang pemimpin tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya jika tidak dibantu oleh anggotanya. Tujuan tidak bisa tercapai jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemimpin dan anggota yang lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa melatih kerja sama ini lewat organisasi.

Dalam dunia pekerjaan, kamu akan bertemu dengan berbagai tipe orang dan dituntut bisa bekerja sama dengan siapa saja. Bekerja sama dalam tim bisa melatih berinteraksi dan kemampuan kepimpinan untuk bisa bekerja sama dalam tim. 

2. Menjadi pemimpin bisa melatih kemampuan komunikasi kamu juga, loh!

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpinbrit.co

Soft skill lain yang bisa kamu latih adalah komunikasi. Sebagai pemimpin, kamu harus membangun komunikasi antara anggota tim dan pihak eksternal. Selain itu, menjadi pemimpin menuntutmu untuk bisa berbicara di hadapan banyak orang.

Berbicara di hadapan banyak orang sangatlah penting karena bisa melatih cara komunikasi dengan orang lain. Nantinya, kamu akan terbiasa dan kemampuan public speaking terlatih.

3. Kamu tidak hanya terbiasa mengungkapkan pendapat, tetapi mendengarkan pendapat juga

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpinpixabay.com/rawpixels

Pemimpin yang baik bukan hanya didengar, tapi mendengar pendapat dari anggota tim. Kalau tidak bisa mendengar pendapat orang lain, kamu pun tidak bisa melakukan kerja sama tim yang baik. Kunci sukses seorang pemimpin tidak hanya bisa berkomunikasi, tapi harus bisa mendengar pendapat dari rekan-rekanmu ya!

Baca Juga: 6 Tindakan Ini Buktikan Kamu Bisa Jadi Pemimpin yang Baik

4. Kamu juga bisa belajar cara memecahkan masalah lewat berbagai tugas yang harus dipimpin

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpinunsplash.com/Icons8 team

Ketika jadi seorang pemimpin, pasti akan ada masalah dalam kelompok. Baik itu masalah internal, maupun eksternal. Kamu bisa belajar bagaimana caranya menangani masalah tersebut. Kemampuan problem solving akan sangat berguna banget buat karier ke depanmu.

5. Tentunya kamu belajar melakukan pendekatan personal, yang bisa membuatmu lebih dekat dengan anggota tim

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang PemimpinUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Tipe pemimpin yang disukai oleh anggotanya adalah yang memiliki kedekatan personal. Bukan hanya bisa memimpin tim, tapi bisa menjalin hubungan yang baik dengan anggota tim. Jadi pemimpin tak harus setiap waktu bersikap serius dan tegas. Kamu bisa mencoba membangun suasana santai dan tidak melihat anggota hanya sebagai rekan kerja.

Cobalah untuk menganggap mereka lebih dari sekadar rekan kerja! Kamu bisa melakukan pendekatan dengan mengobrol tentang hal-hal di luar pekerjaan. Selain itu, menghabiskan waktu bersama dan bisa melakukan hal-hal lain yang lebih seru dengan sesama anggota tim.

6. Berpikir kreatif menjadi modal terpenting seorang pemimpin, nih!

6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpinpixabay.com/TeroVesalainen

Kemampuan komunikasi dan kerja sama memang menjadi kemampuan penting yang harus kamu miliki. Tapi tidak hanya itu saja. Pemimpin harus memiliki pemikiran atau ide-ide baru yang inovatif. Hal ini menuntutmu untuk melakukan suatu hal yang berbeda dari biasanya.

Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang out of the box! Jika kamu tidak memiliki pemikiran yang kreatif, maka dalam segi pemikiran, kamu akan sulit untuk berkembang. Dengan memikirkan hal-hal yang beda dari biasanya, bisa membuat dirimu lebih memiliki pemikiran yang luas.

itu tadi soft skill yang akan kamu miliki ketika menjadi seorang pemimpin. Bagaimana? Sudah gak takut lagi kan sekarang kalau menjadi pemimpin?

Baca Juga: Misiyah Berbagi Mengenai Kepemimpinan Arus Bawah Lewat KAPAL Perempuan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya