Comscore Tracker

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill Ini

Soft skill berikut bisa membuat kinerja kamu lebih produktif

Jika tidak punya harta warisan melimpah, kamu yang masih kuliah atau belum memiliki penghasilan pasti harus mencari pekerjaan. Tapi tidak sedikit yang lupa bahwa sebelum memasuki dunia kerja seseorang sebaiknya harus memiliki seperangkat keterampilan yang disebut soft skills.

Keterampilan ini sangat berguna agar bisa survive di dunia kerja. Nah, di sini, kamu akan tahu keterampilan atau soft skills apa saja yang harus kamu miliki dalam dunia kerja. Ini bisa berguna di semua lingkungan kerja, baik itu kerja kantoran maupun di rumah.

1. Kreativitas

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill IniPexels/Pixabay

Kreativitas tidak selalu berarti bisa melukis, menulis lagu, atau bernyanyi. Kreativitas di sini adalah keterampilan dalam berpikir kreatif. Apa itu?

Berpikir kreatif berarti bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang untuk mencari solusi yang paling tepat. Dengan kreativitas, seseorang bisa menemukan solusi untuk masalah yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

2. Keterampilan persuasi 

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill IniPexels/Moose Photos

Ketika bekerja terutama dalam pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan sendiri, keterampilan persuasi sangatlah penting. Soft skill ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan bantuan, dukungan, atau kemudahan dalam bekerja dengan cara yang halus.

Kadang di lingkungan kerja, kamu akan menemukan orang yang tidak bisa diminta tolong. Nah, di sinilah keahlian dalam persuasi itu penting. Kadang orang-orang tidak ingin disuruh, tapi lebih suka dipersuasi untuk melakukan sesuatu.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Pasti Dimiliki Orang INFJ dan ENFJ

3. Bisa berkolaborasi 

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill IniPexels/cottonbro

Keterampilan ini merupakan sebuah skill di mana kamu mampu bekerja dengan orang lain untuk menghasilkan sesuatu. Tentu saja contohnya adalah kecakapan bekerja di dalam sebuah tim.

Bisa berkolaborasi berarti bisa berorganisasi, memberi ide, dan paham bagaimana cara anggota tim bekerja. Hasilnya adalah sebuah kerja tim yang produktif dan efisien.

4. Bisa beradaptasi 

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill IniPexels/Andrea Piacquadio

Soft skill yang satu ini adalah kecakapan dalam menyesuaikan diri di lingkungan baru. Bisa dengan menguasai skill baru demi menyongsong perubahan yang tidak terelakkan.

Skill ini sangat penting. Suatu waktu, kamu bisa saja melamar pekerjaan untuk posisi yang beda atau tidak berhubungan dengan jurusan kuliahmu. Bisa beradaptasi akan membantu kamu menjaga produktivitas dan tentu saja kesehatan mental dalam bekerja.

5. Manajemen waktu 

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Kembangakan Dulu 5 Soft Skill IniPexels/Retha Ferguson

Soft skill terakhir yang penting di dunia kerja adalah manajemen waktu. Skill ini bisa membantu mencapai target dalam waktu yang lebih singkat. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu bisa membuat rencana apa prioritas yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Prioritas kerja yang baik bisa meringankan beban pikiran, membantu bekerja di bawah tekanan, dan membuat pikiran lebih fokus untuk mencapai target dengan efisien.

Itulah lima soft skills yang perlu kamu kembangkan sebelum terjun ke dunia kerja. Gak ada salahnya untuk mengasah mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Kerugian Akibat Tidak Meningkatkan Soft Skill di Masa Muda

Haris Syukri Photo Writer Haris Syukri

Nulis kalo lagi pengen aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya