Comscore Tracker

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat Pekerjaan

Perjuangannya luar biasa 

"Selelah-lelahnya kamu bekerja, lebih lelah orang yang tidak memiliki pekerjaan."

Quotes tersebut sering kita dengar. Begitulah yang dirasakan jobseeker  yang sedang mencari pekerjaan sesuai. Harapan terbesarnya hanya mendapatkan pekerjaan. Meskipun lelah, namun keadaan membuatnya harus berjuang lebih keras untuk terus mencari. Berikut gambaran betapa kerasnya perjuangan para jobseeker yang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. 

1. Apply ratusan lamaran

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat Pekerjaanpexels/rawpixel.com

Ketika lama menganggur, banyak orang yang mempertanyaan kemana saja sudah melamar. Padahal ratusan lamaran sudah disebar oleh para jobseeker. Jadi ketika mendapat pertanyaan tersebut, rasanya sudah tidak mampu lagi menjelaskannya. 

Memasukkan lamaran pada semua lowongan pekerjaan dengan kualifikasi yang sesuai, memandangi job portal setiap harinya, aktif mendatangi job fair pun sudah dilakukan. Namun kembali lagi rezeki belum singgah padanya. 

2. Antusias ketika mendapat panggilan, namun hasil belum sesuai harapan

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat PekerjaanPexels/BruceMars

Ketika harapan hampir putus asa, ada hal yang menjadi alasan untuk bangkit kembali. Seperti halnya ketika mendapat panggilan untuk melakukan tes maupun interview. Semangat membara menghiasi diri. 

Segala persiapan sudah dilakukan dengan baik. Mempersiapkan jawaban untuk interview, istirahat cukup agar badan tetap sehat, bahkan siap sekalipun harus menuju ke berbagai kota. Namun hasil masih tidak sesuai. Harapan untuk bergabung dengan perusahaan yang memanggilnya ternyata pupus jua. Perjuangan memang masih ingin menyelimuti para jobseeker.

3. Merenungi quarter life crisis dengan perasaan tidak menentu

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat PekerjaanCanva

Merasakan kebingungan karena belum mendapatkan pekerjaan, membuat jobseeker menghadapi masa quarter life crisis dengan perasaan yang tidak menentu. Banyaknya waktu luang terkadang membuat jobseeker merenungi segala hal yang terjadi. Menyalahkan diri sendiri, membandingkan dengan teman yang sudah memiliki karir yang bagus dan disaat bersamaan juga mengintrospeksi diri apa yang perlu dibenahi. 

Baca Juga: 6 Cara Mudah Terhindar dari Stres Pekerjaan, Berani Coba?

4. Jatuh bangun menjadi hal biasa

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat PekerjaanPexels/DominikaRoseclay

Jobseeker sudah terbiasa jatuh bangun dalam mencari pekerjaan. Apply, dapat panggilan, tidak lolos, kemudian apply lagi dan begitu seterusnya. Siklus ini akan terus berlanjut hingga mendapatkan pekerjaan. Merasakan jatuh ketika puluhan kali belum berhasil melewati tahapan tes dan interview. Menguatkan diri agar bangun dan bangkit dari keterpurukan. Jobseeker menjadi terbiasa menghadapi penolakan dan kegagalan sehingga mereka memiliki mental yang kuat. 

5. Semangat juang jobseeker sungguh luar biasa

5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat PekerjaanPexels/NinaUhlikova

Kegagalan berulang kali membuat jobseeker yang menganggur lama memiliki mental yang tangguh. Semangat juangnya sungguh luar biasa. Mengingat betapa tidak mudahnya mendapatkan pekerjaan. Namun jobseeker ini terus semangat dan pantang menyerah untuk terus berjuang mendapatkan pekerjaannya. 

Begitulah gambaran para jobseeker yang sudah menganggur lama dan tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Jangan hakimi dan berilah dukungan. Untuk para jobseeker, ingat rezeki sudah ada sendiri, tetap berusaha dan semangat ya!

Baca Juga: 5 Tips Sukses di Tempat Kerja untuk Semua Posisi dan Bidang Pekerjaan

Hesti Mahmudah Photo Community Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You