Comscore Tracker

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!

Yuk tetap perluas pergaulanmu!

Tahun 2022 sebentar lagi hadir di hidupmu maka kamu harus mulai berbenah dan mulai berkembang agar kehidupan kariermu semakin baik. Salah satu caranya adalah dengan memperluas pergaulan untuk relasi profesionalmu, karena pergaulan yang luas merupakan salah satu kunci kesuksesan. Sangat mudah, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan agar pergaulanmu makin luas!

1. Tetap aktif di situs web jaringan

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!ilustrasi memperluas jaringan relasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah banyak web yang memfasilitasi agar jaringan profesionalmu makin luas. Sebut saja salah satunya adalah LinkedIn.com yang akan membantumu relasimu makin luas tentunya. Tetaplah aktif di situs tersebut meski saat ini kamu sudah mendapatkan pekerjaan.

Mana tahu kamu menemukan pekerjaan yang sesuai passion-mu dengan banyak berkenalan dengan orang-orang baru di situs tersebut. Kamu juga bisa berkenalan dengan orang-orang sukses yang siapa tahu satu tempat kuliah denganmu.

2. Jangan lupa berkomunikasi dengan para alumni

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!ilustrasi berkomunikasi dengan para alumni (pexels.com/Anna Shvets)

Relasimu akan tetap luas dengan terus menjaga komunikasi bersama para alumni. Jangan lupakan mereka bahkan harusnya kamu tetap keep in touch!  Mana tahu alumni bisa membantumu jika kamu harus bekerjasama untuk kepentingan pekerjaan.

Terlebih jika saat ini kamu bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang humaniora. Tentunya kamu membutuhkan relasi yang luas untuk menunjang pekerjaanmu.

3. Ikut jadi relawan

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!ilustrasi relawan (pexels.com/cottonbro)

Agar kehidupan karier dan sosialmu seimbang maka kamu pun bisa mengikuti event tertentu untuk menjadi relawan. Bertemu dengan para relawan lain dan berkenalan akan membuat relasi profesionalmu semakin luas.

Mana tahu di masa depan teman-teman satu komunitas relawan bisa membantu karier impianmu entah bekerja di perusahaan bonafit atau bantu bisnismu berkembang. Tidak perlu ikut setiap hari jika sibuk, kamu bisa ikut menjadi volunteer di saat-saat tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Membangun Relasi di Dunia Kerja, Bikin Karier Melejit!

4. Ikut komunitas hobi

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!ilustrasi komunitas hobi (pexels.com/Dani Hart)

Meski saat ini kamu sibuk bekerja bukan berarti kamu tak bisa mengikuti suatu kelas komunitas. Tetap ikuti organisasi satu ini entah kamu mau bergabung dengan komunitas hobi atau komunitas lainnya yang bermanfaat.

Dengan begitu jaringan relasimu akan tetap luas dan mana tahu kamu menemukan seseorang yang bisa kamu ajak untuk membuat brand impian. Memang sulit menemukan teman yang satu visi agar bisnismu bisa terwujud namun dengan ikut komunitas tertentu bisa saja kamu dengan mudah menemukannya.

5. Gunakan media sosial sebagai sarana

Jangan Kaku, 5 Tips Agar Relasi Profesionalmu Makin Luas!ilusttrasi media sosial (pexels.com/Tobias Dziuba)

Banyak yang menggunakan media sosial sebagai sarana senang-senang saja. Padahal media sosial bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang saat ini telah berjauhan. Bahkan lewat media sosial kamu bisa berkenalan dengan orang-orang profesional.

Yuk mulai sambut tahun 2022 dengan memperluas relasimu. Sesibuk apa pun pekerjaanmu tetaplah perluas relasi profesionalmu, setuju?

Baca Juga: 5 Tips Jaga Relasi dengan Sahabat di Tengah Pandemik, Hangout Virtual!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya