Comscore Tracker

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui 

Penting nih untuk bangun mental dan skill

Untuk merintis sebuah bisnis dari nol, banyak gunung dan lembah yang harus dilalui. Semua ini terekam dalam perjalanan 20 finalis Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang diselenggarakan oleh Kapal Api berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Para finalis memulainya dari tahap registrasi, crowd support, mentoring & prototyping, penjurian 20 besar hingga awarding night. Mau tahu gimana cerita perjalanan lengkap mereka? Yuk, simak keseruannya!

1. Membuka peluang baru lewat Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui IDN Times/Anindya Roswita

Para sociopreneur ini memulainya lewat kompetisi kewirausahaan Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu dengan mendaftarkan proposal usahanya di website www.secangkirsemangat.id. Bukan sembarang proposal usaha nih, usaha yang mereka daftarkan harus berupa proposal bisnis yang memiliki dampak sosial. Kesempatan ini dibuka sejak tanggal 1 Juni 2018 hingga 30 September 2018. Hasilnya? Lebih dari 5.000 proposal terdaftar dalam Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu. Wah antusiasmenya tinggi ya!

Eits, tapi perjuangannya nggak hanya berhenti di situ. Dari 5.500 proposal yang lolos, hanya ada 150 proposal yang terpilih dan lolos ke tahap selanjutnya. Di tahap selanjutnya para peserta terpilih ini masuk ke tahap Crowd Support.

Crowd Support sendiri merupakan tahap di mana mereka harus mencari investor untuk mendukung bisnis yang dimiliki oleh para sociopreneur. Dukungan yang diterima oleh para sociopreneur harus berupa barang atau jasa, dan ini menjadi salah satu persayaratan untuk lolos ke tahap 50 besar. Wah, challenging banget kan, guys?

2. Mendapat inspirasi dari sociopreneur sukses lewat Roadshow Secangkir Semangat di kota-kota tertentu di Indonesia

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui YouTube.com

Untuk menyebarkan lebih banyak inspirasi tentang sociopreneurship, Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu juga mengadakan beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang.

Nggak hanya sekadar berbagi inspirasi, Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu mengadakan empat acara sekaligus seperti Networking Day, Workshop Sociopreneur, Apprenticeship, serta Campus Talk. Networking Day sendiri merupakan bagian dari rangkaian Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu yang memungkinkan para calon sociopreneur bisa mendapatkan inspirasi dan ngobrol langsung dengan para mentor-mentornya.

Tidak hanya berhenti sampai Networking Day, Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu juga menyelenggarakan Workshop Sociopreneur, di mana setiap peserta didorong untuk dapat membuat model bisnis yang memiliki dampak sosial dan lingkungan yang positif. Peserta juga dapat langsung merasakan terjun langsung dalam ekosistem sociopreneurship dalam program Apprenticeship dengan melakukan magang selama satu minggu di beberapa kantor sociopreneur Indonesia, seperti Burgreens, SukkaChitta, Du’Anyam, dll.

Agar semangat sociopreneurship dapat lebih menggema di kalangan milenial, program ini juga menyelenggarakan Campus Talk. Harapannya, lewat Campus Talk ini, akan lebih banyak lagi anak muda yang mendapatkan inspirasi dan juga menjadi sociopreneur yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan ini Kapal Api juga mengundang sociopreneur sukses seperti Azalea selaku Founder Du’Anyam dan Helga Angelina selaku Founder Burgreens. Kapan lagi kan bisa ketemu dan bisa berbagi inspirasi langsung dengan orang-orang yang inspiring banget kayak mereka?

3. Belajar langsung dengan mentor untuk membuat prototype bisnis yang kuat

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui IDN Times/Anindya Roswita

Nah, persaingan semakin sulit nih, guys. Karena dari 150 finalis yang berhasil mengalahkan 5.500 proposal yang terkirim, hanya 50 finalis yang lolos ke tahap selanjutnya. Di tahap selanjutnya, ada fase mentoring dengan para mentor yang sudah sukses di bidang sociopreneur. Untuk sampai ke tahap ini jalannya panjang dan nggak mudah loh, guys. Karena proposal yang lolos harus unik, punya dampak sosial dan tentu saja bisa direalisasikan.

Pada tahap ini para calon sociopreneur yang lolos mendapat pendampingan dari para mentor untuk membuat konsep bisnis dan dilanjutkan dengan membuat prototype bisnis. Salah satu finalis yang lolos 50 besar Thor Yumna mengakui banyaknya manfaat yang bisa ia terima saat lolos ke tahap ini.

“Saya merasakan manfaat yang baik, di mana saya bisa bertatap muka dan berdiskusi langsung dengan para mentor dan membangun business plan yang baik.” ujar Yumna.

4. 20 sociopreneur terbaik siap memberikan dedikasi yang tinggi untuk Indonesia

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui IDN Times/Ester Ajeng

Emang butuh perjalanan panjang ya untuk menjadi orang yang sukses. Jadi, kamu nggak perlu heran ya kalau banyak tahapan-tahapan yang harus dilalui para calon sociopreneur ini di Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu. Setelah tersaring 50 besar finalis dan mendapat bimbingan langsung dari para mentor, 50 finalis ini kembali disaring menjadi 20 besar finalis yang masuk ke babak penjurian.

Di babak penjurian ini, 20 finalis yang lolos ini mempresentasikan konsep bisnis serta hasil prototype ke hadapan para juri. Veronica Colondam ‒ founder YCAB sekaligus juri nasional Gerakan Secangkir Semangat #buatnyatatujuanmu mengungkapkan bahwa dirinya sangat puas terhadap proposal yang masuk dari para finalis.

“Kami percaya, merekalah agen terbaik dari perubahan untuk Indonesia.” Ujar Veronica.

5. Proses awarding yang masih akan berlanjut

Mau Jadi Entrepreneur Seperti Jack Ma? Ini 5 Hal yang Akan Kamu Temui IDN Times/Ester Ajeng

Setelah melalui proses yang panjang, 20 finalis akan melalui tahap terakhir di mana tahap ini akan menentukan siapa calon sociopreneur yang berhasil mendapatkan modal kerja hingga 250 juta Rupiah. Nggak hanya modal kerja, finalis yang terpilih juga akan mendapatkan pendampingan dari para mentor yang sudah terjun dalam dunia sociopreneurship sebelumnya.

Penasaran kan siapa calon sociopreneur yang berhasil mendapatkan modal kerja hingga 250 juta Rupiah dari Kapal Api? Yuk, ikuti terus update-nya di IDN Times atau di www.secangkirsemangat.id. Tunggu apa lagi? Yuk #buatnyatatujuanmu!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Just For You