Comscore Tracker

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!

Jangan cuma bisa mengeluh terus

Kian hari kebutuhan hidup kian mendesak, sehingga kita membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup. Namun gak jarang, kita jadi harus menghadapi pekerjaan yang jauh dari harapan.

Entah itu melenceng jauh dari keilmuan kita saat sekolah atau tidak sesuai dengan minat. Kamu salah satu yang sedang mengalaminya? Berikut kami berikan lima tips untuk menjalani pekerjaan bila gak sesuai dengan passion-mu. Simak baik-baik, ya!

1. Kuatkan hati dan mental

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!Ilustrasi pekerja dengan mental yang kuat (unsplash.com/ Christina)

Kamu mungkin akan banyak menemukan hal yang tak sesuai dengan keinginan, sehingga membutuhkan banyak usaha dan tekad untuk dapat beradaptasi pada kondisi ini. Apalagi, jika gak ada siapa pun yang kamu kenali di tempat tersebut.

Tapi jangan sampai hal ini membuat mental dan hatimu ciut. Ingatlah bahwa akan selalu ada 'pengalaman pertama' bagi setiap orang. Jangan gentar, jangan juga memutuskan untuk keluar. Force it until you make it!

2. Lihat potensi penghasilan dan jenjang karier yang ada

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!Ilustrasi pekerjaan yang berjalan lancar (unsplash.com/ Cytonn Photography)

Saat dihadapkan dengan pekerjaan yang tidak menarik dan gak sesuai dengan minatmu, lihat kembali penghasilan yang ditawarkan. Jadilah realistis, terimalah bahwa kamu membutuhkan pekerjaan ini. Bukan kah dari penghasilan tersebut kamu jadi bisa menjalankan minatmu dengan cara lain?

"Jika kamu terdesak dan uang adalah yang kamu utamakan, terimalah pekerjaan yang dapat membiayai kebutuhan hidupmu dan berpotensi untuk membiayai hobimu yang lain. Setidaknya ini bisa menghiburmu," ujar Lauren Howe seorang asisten profesor pada sekolah menejemen The University of Zurich, dilansir Havard Business Review.

Pikirkan juga bahwa pekerjaan ini merupakan langkah pertama yang mungkin dapat membuka kesempatan lain yang lebih besar. Jika jenjang kariernya menjanjikan, tahanlah dirimu dan jalanilah semuanya dengan baik.

3. Terus belajar dan cari sisi baik dari pekerjaan yang tengah digeluti

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!Ilustrasi terus belajar (unsplash.com/ Brooke Cagle)

Setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang yang kamu temui adalah guru bagi kehidupan. Jika tidak mendapat apa yang kamu inginkan, setidaknya kamu mendapatkan pelajaran. Begitu juga dengan pekerjaan yang gak kamu minati itu.

Asalkan kamu masih bisa menanganinya, kerjakanlah. Nantinya kamu akan melihat sisi baik dari pekerjaan yang sedang kamu jalani saat ini. Misalnya saja kantor yang dekat dengan tempat tinggal atau fasilitas kantor yang kamu dapatkan. Apa pun itu, ingatlah di luar sana ada banyak orang yang memimpikan untuk berada di posisimu. Jangan disia-siakan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menyeimbangkan antara Pekerjaan dan Kehidupan

4. Tantang dirimu keluar dari zona nyaman

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!Ilustrasi menantang diri (unsplash.com/ Towfiqu barbhuiya)

Jika apa yang kamu minati adalah zona nyaman, cobalah untuk keluar darinya. Ingatlah bahwa kamu sendiri yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini. Jadi, kamu harus menjalaninya dengan penuh komitmen.

Awalnya mungkin kamu akan mengeluh, dan itu adalah hal yang wajar. Tapi jangan berhenti. Buatlah daftar tujuan yang ingin kamu capai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Biasanya aku akan menuliskan tujuan-tujuan yang ingin aku capai dalam pekerjaan beserta tenggat waktunya. Mencoba menantang diri untuk mencapai tujuan tersebut akan membuat pekerjaanmu jadi lebih menarik," kata Bassam Kaado seorang kontributor, dilansir Business News Daily.

5. Coba bersosialisasi dengan rekan kerja

5 Tips Menjalani Pekerjaan yang Gak Sesuai Passion, Jalani Dulu!Ilustrasi bersosialisasi dengan teman kantor (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Cobalah untuk menjalin pertemanan, salah satu caranya adalah dengan berbincanglah bersama teman sekantormu saat makan siang. Mungkin mereka juga sedang menjalani pekerjaan yang gak mereka minati. Biasanya, kita akan merasa lebih ringan saat bertemu dengan orang yang senasib.

Bisa juga sebaliknya. Kamu mungkin akan menemukan orang yang sangat menyukai pekerjaan yang sedang kamu jalani. Coba dengarkan dan resapi apa yang dia katakan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui sisi baik dari pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Nah, itulah lima tips untuk menjalani pekerjaan yang gak sesuai dengan passion. Kunci dari semuanya adalah melepaskan ego. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmati apa pun yang sedang kamu jalani. Jangan lupa juga untuk bersyukur, ya!

Baca Juga: 5 Lowongan Pekerjaan Copywriter 2022, Terbuka untuk Fresh Graduate!

Kintan Ayu Sevila Photo Verified Writer Kintan Ayu Sevila

Sejenis lumba-lumba

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya