Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!

Peluang diterima kerja lebih besar!

Kamu sedang mencari kerja? Sudah banyak sebar CV, tapi gak dapat panggilan juga? Yuk, coba cek lagi seluruh kelengkapan kerja kamu! Mungkin saja, ada hal-hal penting tapi luput dalam lamaran kerjamu.

Supaya lebih menambah peluang diterima kerja, kamu perlu tahu apa saja yang membuat seseorang lebih menarik di mata HRD. Ini lima hal yang bikin kamu makin menarik di mata HRD.

1. CV jelas serta tidak terlihat tua

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!Pexel/Lukas

HRD memang bakal tertarik dengan CV yang unik dan menarik. Tapi, mereka gak bakal baca CV yang terlalu ramai saking 'menariknya'. HRD bakal lebih senang CV sederhana yang tidak terlihat tua. 

Maksud tua di sini adalah CV kamu banyak berisikan informasi terbaru. Misalnya, kamu memberi informasi tentang prestasi dan pengalaman kerjamu selama 5 tahun terakhir. HRD gak bakal baca pengalamanmu yang sudah terlalu jadul.

2. Ada portofolio, terutama bagi mereka yang bergerak di bidang keterampilan

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!pexels/pixabay

Kamu bakal dapat nilai tambahan kalau mencantumkan portofolio dalam lampiran lamaran kerja. Apalagi buat mereka yang bergerak di bidang keterampilan seperti desain, fotografi, hingga karya tulis. HRD bakal langsung melihat portofolio dahulu sebelum melihat CV. Kalau kamu gak mencantumkan portofolio, sudah pasti kamu gak bakal ditengok! 

HRD juga bakal semakin tertarik denganmu apabila portofolio sudah pernah dipublikasikan atau memenangkan suatu penghargaan. Dijamin, kamu bakal langsung dipanggil interview!

3. Tidak ada gap year (waktu menganggur)

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!unsplash/benwhitephotography

HRD tentu ingin mempekerjakan mereka yang memiliki semangat kerja. Makanya, mereka bakal senang dengan orang-orang yang gak punya gap year (waktu menganggur). Ketika orang tersebut terlihat selalu punya pekerjaan, tandanya dia aktif dan memiliki semangat kerja. 

Nah, buat kamu para fresh graduate, lebih baik mulai cari kerja dari sekarang. Banyak fresh graduate yang ingin 'istirahat dulu' sebelum mulai bekerja. Tapi, mereka gak sadar kalau cari kerja itu butuh proses yang lama. Akhirnya, saat masa-masa mencari kerja, mereka gak kunjung mendapat kerja dan punya waktu menganggur yang lama. Hati-hati!

Baca Juga: Ini 14 Kesalahan Pelamar Kerja yang Diungkapkan oleh Para HRD

4. Ada referensi

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!pexels/rawpixel

HRD juga bakal senang dengan pelamar kerja yang punya referensi. Bisa dibilang sang pelamar kerja punya 'koneksi' dalam perusahaan yang sudah mengetahui kinerja mereka. Ini akan membuatmu lebih mudah dikenali dan juga lebih menarik untuk HRD. 

Tapi, kalau kamu gak punya 'koneksi' dalam perusahaan, kamu bisa mengakalinya, kok! Misalnya, kamu mencantumkan surat rekomendasi dari bos lamamu. Kamu juga bisa memberi kontak bosmu supaya HRD bisa bertanya lebih lanjut tentang kinerjamu. 

5. Ada sosial media

5 Hal yang Bikin Kamu Makin Menarik di Mata HRD, Siap-Siap Diterima!pexels/Lisa Fotios

Terakhir, ini adalah zaman digital. Makanya, HRD sering memperhatikan hal kecil seperti media sosial pelamar kerja. Kamu harus mencantumkan minimal satu akun media sosialmu dalam CV. Usahakan juga media sosial tersebut rapi dan menunjukkan kualitas kerjamu, ya!

Kira-kira, begitu 5 hal yang bisa membuat kamu semakin menarik di mata HRD. Semoga bermanfaat dan semoga cepat dapat panggilan kerja! 

Baca Juga: Bingung Cari Kerja? Buka 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Ini, Yuk!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Just For You