Comscore Tracker

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!

Masih bisa cari kerja, kok!

Apakah kamu sedang mencari kerja? Semakin mewabahnya COVID-19, mungkin membuatmu khawatir apakah kamu masih bisa mendapatkan kerja atau tidak.

Kamu gak perlu khawatir karena kami punya tips untuk memperlancar pencarian kerja! Berikut tips job hunting di tengah COVID-19.

1. Highlight kemampuan dan pengalaman kerja remote

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Kerja remote menjadi tren kerja di zaman modern ini. Sistem kerja ini membebaskan karyawan untuk bekerja dari mana saja, selama tempat tersebut menunjang produktivitas kita.

Pengalaman kerja remote tentu menjadi poin positif saat wabah COVID-19 ini. Perusahaan bakal menilaimu mampu untuk bekerja produktif meski gak harus berada di kantor dan diawasi secara langsung. 

2. Highlight kemampuan dan pengalaman menggunakan produk digital

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!Pixabay/fancycrave1

Sistem WFH membuat semua sistem kerja serba digital. Oleh karena itu, apabila kamu terbiasa menggunakan produk-produk digital, kamu tentu bakal mendapat nilai tambahan dari HRD.

Produk digital ini bermacam-macam. Misalnya, yang kini sedang tren adalah Zoom untuk video call. Lalu, ada juga berbagai produk Google seperti Google Hangout, Google Doc, dan lain-lain.

3. Fokuskan pencarian kerja di bidang digital

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!unsplash/Icon8 Team

Keadaan yang kurang kondusif, membuat pekerjaan dengan skill fisik, kini terlihat sulit. Oleh karena itu, selain mengasah kemampuan produk digital, kamu juga bisa mengalihkan fokus pencarian kerjamu pada pekerjaan digital. 

Banyak banget kok perusahaan yang kini mulai beralih ke digital untuk terus berkembang. Mereka membutuhkan digital marketing, admin, social media manager, dan pekerjaan digital lainnya. Kamu bisa mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu.

Baca Juga: Repotnya Orangtua Work from Home Saat Bimbing Anak Belajar di Rumah

4. Terus kembangkan kemampuan profesional dan koneksimu

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!pexels/fauxels

Di rumah saja bukan berarti kamu hanya diam dan pasrah menunggu panggilan interview. Justru, ini jadi kesempatanmu untuk semakin mengasah kemampuan profesional. 

Selain mengembangkan kemampuan profesional, kamu juga perlu memperluas koneksi. Semakin banyak koneksi berkualitas, kamu tentu akan semakin terlihat dapat dipercaya oleh perusahaan.

5. Tetap aktif mengirimkan resume ke perusahaan

5 Tips Job Hunting di Tengah COVID-19, Gak Perlu Khawatir!pexels/Lukas

Perusahaan masih merekrut karyawan baru kok di tengah wabah COVID-19 ini. Oleh karena itu, kamu harus tetap aktif mengirimkan resume sambil terus memperbaiki kualitas diri. 

Tapi, ingat! Aktif mengirim resume gak sama dengan spam ya! Kamu juga perlu memastikan tata krama dalam mengirim resume.

Itu tadi 5 tips job hunting di tengah COVID-19. Semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan!

Baca Juga: Work From Home, Ini 7 Aplikasi Terbaik yang Bisa Membantu Kamu

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya