Comscore Tracker

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!

Sabar ya!

Saat masih sekolah, banyak dari kita yang ingin cepat-cepat lulus dan bekerja. Selain terbebas dari setumpuk aturan sekolah, dengan bekerja kita juga akan mendapatkan penghasilan dan bisa membeli apa pun yang kita inginkan.

Memang sih, masuk ke dunia kerja akan membuat kamu terbebas dari banyak aturan. Kamu juga memiliki penghasilan yang lebih besar dari uang jajan kamu selama ini. Tapi tidak berarti dunia kerja itu selalu menyenangkan. Di balik kebebasan atau penghasilan, kamu juga akan dihadapkan pada beberapa kenyataan pahit. Apa saja?

1. Dunia kerja jelas lebih kejam dari dunia sekolah

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!pexels.com/Fox

Saat lulus sekolah, lambat-laun kamu akan menyadari bahwa dunia kerja tidak seramah seperti yang selalu kamu bayangkan selama ini. Persaingan yang ketat antar sesama pelamar kerja jelas bukan sesuatu yang bisa kamu anggap sebelah mata. Ditambah dengan standar perusahaan yang makin tinggi, membuat perjuangan untuk bisa mendapat pekerjaan jadi semakin tidak mudah.

2. Kamu akan terjebak dalam sebuah rutinitas

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!unsplash.com/Ryoji Iwata

Hanya karena lulus sekolah, tidak berarti kamu akan terbebas dari aturan. Sama seperti sekolah, perusahaan juga memiliki aturannya sendiri. Mulai dari jam masuk dan pulang kantor, sampai sederet kontrak kerja yang harus dipatuhi. Di sisi lain, kamu juga harus siap terjebak dalam rutinitas yang nyaris selalu sama setiap hari, selama bertahun-tahun.

Baca Juga: 7 Nilai Kehidupan Dunia Kerja dalam KDrama Black Dog, Inspiratif!

3. Tidak semua orang bisa dipercaya

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!pexels.com/Jopwell

Setelah berhasil mendapatkan pekerjaan, tidak berarti kamu lepas dari yang namanya persaingan. Yang namanya persaingan pasti ada, termasuk persaingan antar pegawai. Dan meski tidak selalu kelihatan, pesaingan dengan sesama pegawai ini bisa jauh lebih kejam.

Setidaknya saat melamar kerja, semua saingan kamu orang asing. Tapi dengan sesama rekan kerja, mereka mengenal kamu. Tahu di mana kelemahan kamu, dan bagaimana cara memanfaatkannya. Tidak jarang teman yang selalu baik di depan, justru menusukmu dari belakang.

4. Kamu bukan hanya harus berhadapan dengan pekerjaan, tapi juga orang yang menyebalkan

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!pexels.com/Christina Morillo

Beberapa pekerjaan membuat kita akan selalu bertemu dengan orang baru. Masalahnya, tidak semua orang yang kita temui itu menyenangkan. Kadang ada saja orang yang memiliki sikap super menyebalkan, dan membuat kamu harus mengeluarkan ekstra tenaga dan rasa sabar lebih hanya untuk menghadapi satu orang.

5. Sudah bekerja keras, tapi tidak mendapatkan apresiasi

5 Realita di Dunia Kerja yang Harus Kamu Terima, Tidak Selalu Enak!pexels.com/cottonbro

Mengingat kamu sudah dibayar oleh perusahaan, maka kamu wajib menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan. Sayangnya, meski sudah bekerja keras tidak jarang kita tidak mendapatkan apresiasi dari atasan. Jangankan dapat bonus tambahan, ucapan terima kasih pun tidak diucapkan. Alih-alih apresiasi, malah protes atau omelan yang kita dapatkan.

See, dunia kerja tidak selalu seenak yang dibayangkan. Tapi semenyebalkan apa pun realita yang ada, kamu harus tetap menghadapinya. Lagipula, toh tidak semuanya menyebalkan bukan?

Baca Juga: 5 Modal Dasar Lulusan Baru untuk Kuat Hadapi Kerasnya Dunia Kerja

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya