Comscore Tracker

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!

Memahami kritikan dengan sudut pandang positif

Tidak hanya pujian saja, kritikan pasti pernah dilontarkan orang lain terhadap kita. Jika pujian dapat diterima dengan baik, maka belum tentu saat mendapat kritik respon akan sama ketika mendapatkan pujian.

Belum lagi dengan lontaran kritikan yang bernada menyerang, itu yang terkadang membuat diri menutup diri dari kritikan. Padahal, terdapat sisi positif saat mendapat kritikan, lho. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

1. Peluang untuk berkembang

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!ilustrasi wanita diskusi (pexels.com/ Tirachard Kumtanom)

Seseorang bisa menjadi bijak karena ia telah melalui banyak pelajaran hidup yang bisa membuat demikian. Pelajaran hidup tak selalu perihal yang manis saja kadangkala pahit juga menghampiri. Seperti halnya pelajaran hidup berupa kritikan yang kesannya selalu buruk. 

Meski begitu dibalik kesan tersebut sebuah kritik memiliki pelajaran berharga jika dipahami secara mendalam. Kritikan dilontarkan oleh orang lain bukan tanpa sebab, melainkan ada alasan agar diri bisa berkembang. Itulah alasan mengapa pentingnya suatu kritikan untuk kehidupan.

2. Mengetahui sisi lain diri

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!ilustrasi wanita mengkritik (pexels.com/Christina Morillo)

Kita selalu memandang apa yang ingin kita pandang. Memikirkan apa yang ingin kita pikirkan. Meskipun begitu terkadang sulit untuk melihat sisi kurangnya dari diri sendiri. 

Maka itulah fungsinya orang lain, yang dapat melihat sisi lain yang tak pernah kita lihat sebelumnya. Kadang orang lain menyampaikan perspektif lain diri kita melalui kritikan. Yang mana dengan hal tersebut seseorang yang menerimanya dapat mengetahui kekurangan diri dan menjadi peluang untuk memperbaiki dan berkembang. 

3. Meningkatkan kemampuan problem solving

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/RF._.studio)

Ketika mendapatkan kritikan setiap orang akan merespon dengan cara yang beragam. Ada yang berhasil melewatinya dengan bijak dan ada yang belum bisa menyelesaikan dengan baik. Banyak yang beranggapan bahwa kritikan diibaratkan sebuah masalah yang harus dipecahkan.

Maka dari itu saat sedang mengalami sebuah masalah berupa kritikan sebenarnya hal tersebut dapat melatih diri untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Yang mana skill ini sangat diperlukan dalam dunia nyata termasuk juga dunia kerja. 

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Termasuk Orang yang Gila Hormat, Kerap Anti Kritik!

4. Menjadi ajang belajar mendengarkan

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!ilustrasi berbincang (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kemampuan mendengar yang baik itu sudah selayaknya dimiliki setiap orang. Karena kemampuan ini diperlukan dimana saja. Salah satu momen untuk melatih diri menjadi pendengar yang baik adalah ketika kita mendapatkan kritikan. 

Saat sedang dikritik pasti kita berusaha untuk mendengar kritikan yang disampaikan dan berusaha untuk mencerna kritikan tersebut. Disitulah letak sisi positif yang bisa di ambil pelajarannya. 

5. Kritik akan melatih agar dapat mengontrol emosi

5 Sisi Positif saat Mendapat Kritikan, Bersyukurlah!ilustrasi wanita mengkritik (pexels.com/ThisIsEngineering)

Tak jarang kita menemukan seseorang yang menyampaikan kritikan dengan nada keras. Bahkan untuk mendengarkannya pun membuat malas. Hal tersebut kerap menguji emosi diri kita. 

Kritikan merupakan sarana untuk melatih mengontrol emosi. Dengan kata-kata yang menyerang suatu kritikan dapat membantu melatih seseorang agar tetap tenang menerimanya. 

Kritikan tidak selalu menjatuhkan, sebenarnya ada banyak sisi positif saat mendapat kritikan. Pahami ke lima hal di atas supaya kamu dapat mensyukuri suatu kritikan, ya.

Baca Juga: 5 Cara Melindungi Diri dari Self Loathing dan Kritik Berlebihan

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya