Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari Pekerjaanmu

Karena hidup belum berakhir di sini

Di masa sekarang ini, mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Karena lapangan pekerjaan yang tersedia, tidak sebanding jumlahnya dengan para pencari kerja.

Orang yang membutuhkan pekerjaan terus meningkat jumlahnya setiap tahun, sedangkan lapangan pekerjaan terbatas jumlahnya. Sehingga tidak heran banyak sekali pengangguran.

Namun walaupun sudah memiliki pekerjaan, bukan berarti kamu sudah aman. Terkadang ada hal-hal yang membuatmu tidak nyaman lagi dengan pekerjaanmu, dan membuatmu terpaksa harus resign dari kantor.

Kehilangan pekerjaan memang bukanlah hal yang menyenangkan, namun bukanlah akhir dari dunia. Hidup harus terus berjalan. Karena itu, lakukanlah lima hal ini setelah resign.

1. Pikirkan dengan baik, apakah kamu ingin bekerja lagi atau ingin mulai berbisnis sendiri?

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari PekerjaanmuPexels.com/Elle Hughes

Setelah resign, jangan buang-buang waktumu hanya dengan berdiam diri saja. Ingat, kamu baru saja kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber pemasukan untuk menopang kebutuhan hidupmu sehari-hari.

Karena itu manfaatkan waktu ini untuk mulai berpikir, apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya. Apakah ingin mulai mencari pekerjaan lagi? Ataukah ingin mulai membangun bisnis sendiri?

2. Jangan mengurung diri dalam rumah, temuilah teman-temanmu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari PekerjaanmuUnsplash.com/Phil Coffman

Kebanyakan orang yang baru saja resign, lebih suka mengurung diri di dalam rumah dengan alasan butuh ketenangan. Padahal hal ini seharusnya tidak mereka lakukan.

Keluarlah dari kamarmu dan temuilah teman-temanmu, mungkin mereka bisa membantumu memberikan informasi lowongan pekerjaan. Atau mungkin mereka bisa membantumu membangun networking yang baru, dengan orang-orang yang bisa membantu karirmu.

Baca Juga: 5 Etika Saat Ingin Mengajukan Resign, Jangan Langsung Pergi!

3. Jangan boros, jaga kondisi keuanganmu tetap stabil

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari PekerjaanmuPexels.com/breakingpic

Sekarang ini kamu sudah tidak memiliki pekerjaan lagi, berarti kamu memiliki banyak sekali waktu luang. Tapi harus kamu ingat, waktu luang yang ada jangan kamu gunakan hanya untuk bersenang-senang saja.

Walaupun mungkin kamu masih memiliki tabungan, tapi bukan berarti kamu bisa menghambur-hamburkan uangmu begitu saja. Saat ini kamu tidak memiliki sumber penghasilan lagi, karena itu jaga keuanganmu supaya tetap stabil hingga kamu memiliki penghasilan lagi.

4. Upgrade kemampuan dirimu, sambil menunggu datangnya pekerjaan baru

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari PekerjaanmuPexels.com/Bruce Mars

Resign dan menjadi pengangguran, bukan berarti kamu boleh menghabiskan waktumu bermalas-malasan di rumah. Manfaatkan waktu yang kamu miliki saat ini dengan baik. Sambil menunggu datangnya pekerjaan baru, tidak ada salahnya kamu meningkatkan kemampuanmu.

Misalnya saja kamu bisa mulai mengikuti kursus singkat bahasa Inggris, atau mengikuti kelas perpajakan, dan lain sebagainya. Kalau kamu tidak memiliki uang untuk membayar kursus, carilah kursus gratis online di internet.

5. Kalau tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, coba tekuni kembali hobimu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resign dari PekerjaanmuUnsplash.com/Kevin Grieve

Apakah setelah sekian lama resign, kamu tidak kunjung mendapatkan pekerjaan juga? Padahal kamu sudah berusaha melamar pekerjaan ke banyak tempat, namun nasib baik belum menghampirimu. Jangan cemas! Di saat seperti ini, mulailah untuk menekuni kembali hobimu.

Kalau kamu hobi membuat kue, buatlah kue yang enak. Kalau kamu hobi fotografi, mulailah mengumpulkan foto-foto yang bagus. Kamu bisa menjual hasilnya ke teman-temanmu, atau menjualnya secara online di internet. Sekarang ini sudah banyak orang yang sukses menghasilkan uang, dengan melakukan hobinya saja.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu lakukan setelah resign. Jangan jadikan masa-masa jobless kamu ini, sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Karena bagaimanapun juga hidup harus terus berjalan, dan kamu membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Jadi jangan pernah menyerah, just try your best!

Baca Juga: 5 Tanda Fatal Kalau Kamu Harus Segera Resign, Jangan Pikir Dua Kali!

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You