Comscore Tracker

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-sia

Mana saja yang sudah kamu nikmati?

Pernahkah kamu bertanya-tanya, sebenarnya kamu bekerja keras bagai kuda buat apa? Pertanyaan seperti ini lumrah muncul kalau kamu belum punya tujuan yang jelas di balik pilihanmu untuk bekerja.

Bila kamu memiliki tujuan yang jelas, bekerja keras gak akan terasa sia-sia lagi. Justru kamu bakal merasakan kepuasan besar setelah mengalami sendiri lima hal di bawah ini:

1. Hasil kerjamu disukai oleh orang lain

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-siailustrasi hasil kerja diapresiasi teman (pexels.com/gustavo-fring)

Ini artinya, kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ekspektasi pemberi kerja atau siapa pun yang menikmati hasil kerjamu. Energimu yang terkuras selama mengerjakannya jadi terbayar impas.

Bahkan apresiasi dari mereka membuatmu tambah bersemangat dalam bekerja. Kepercayaan dirimu pasti meningkat. Kamu makin yakin dengan kemampuanmu dan gak ada lagi alasan untuk merasa minder.

2. Kamu dapat hidup mapan

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-siailustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/zen-chung)

Jika suatu pekerjaan tidak memberimu penghasilan yang memadai, tentu kamu gak akan merasa puas. Bukannya puas, kamu malah sering berpikir untuk resign saja.

Pekerjaan itu hanya membuatmu lelah secara fisik maupun psikis. Lain dengan bila pekerjaan itu dapat memberimu kesejahteraan hidup. Kamu bakal merasa betah dan tak terpikirkan untuk mencari pekerjaan lain.

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Kerja Keras dari Sekarang, Masa Depanmu Jadi Taruhan!

3. Akhirnya kamu berhasil menduduki posisi impian

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-siailustrasi mendapatkan ucapan selamat (pexels.com/olly)

Naik jabatan atau menempati posisi yang lebih baik daripada posisimu saat ini di suatu perusahaan jelas tidak mudah. Bagaimanapun, perusahaan itu bukan milik leluhurmu.

Butuh usaha ekstra supaya pimpinan benar-benar dapat menghargai prestasimu. Kamu harus mampu menunjukkan kinerja terbaik dalam waktu yang panjang.

Prestasimu bukan cuma harus banyak melainkan juga memiliki kesulitan tinggi untuk diraih. Hanya itu yang bakal membuatmu tampak layak menduduki posisi impianmu.

4. Mulai memiliki penghasilan pasif

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-siailustrasi menggunakan gadget (pexels.com/evelina-zhu-3179888)

Sebelum memiliki penghasilan pasif, kebanyakan orang memang harus terlebih dahulu bekerja keras. Dari penghasilan setiap bulan itulah, akhirnya kamu dapat berinvestasi.

Adanya penghasilan pasif di samping penghasilan aktif akan membuat hidupmu lebih tenang. Bahkan suatu saat nanti kamu mungkin saja sepenuhnya hidup dari penghasilan pasif jika investasimu sudah banyak sekali.

5. Mampu membahagiakan orang-orang terdekat dan yang membutuhkan bantuan

5 Hal Ini Membuat Kerja Kerasmu Terasa Memuaskan, Gak Sia-siailustrasi membahagiakan ibu (pexels.com/rodnae-prod)

Bekerja keras memang melelahkan. Akan tetapi, semua itu seketika terbayar lunas ketika kamu mampu membahagiakan orang-orang yang kamu sayangi.

Mulai dari yang sederhana seperti membelikan pakaian baru untuk orangtua, memberi mereka sebagian dari gajimu, sampai memberangkatkan haji keduanya. Begitu pula jika kamu telah berkeluarga.

Setiap hal yang dapat kamu beli untuk pasangan dan anak pasti membuatmu bersemangat buat terus bekerja keras. Kalaupun kamu masih jomblo dan orangtua telah meninggal dunia, kamu akan merasa puas dengan mampu mendonasikan sebagian penghasilanmu.

Kesimpulannya, bekerja keras bagai kuda bukanlah kegiatan yang sia-sia sejauh kamu memiliki alasan yang jelas kenapa harus melakukannya. Temukan alasan-alasan yang logis dan tidak melulu egois agar kamu tak kehilangan arah di tengah tingginya kesibukan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kerja Keras Tanpa Batas Bukanlah Hal yang Bijak

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya