Comscore Tracker

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!

Ada strategi berbeda untuk bisa dekat dengan teman sekantor

Apakah kamu sedang merasa kurang nyaman karena gak kunjung bisa akrab dengan teman-teman di kantor? Mungkin kamu baru lulus kuliah dan ini pertama kalinya kamu bekerja. Atau, kamu baru dipindahkan ke kantor cabang yang lain.

Beberapa minggu sudah berlalu dari hari pertama kamu masuk kerja. Namun rasanya, kamu tetap saja berjarak dengan teman-teman. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk memangkas jarak di antara kamu dan teman sekantor. Pastikan kamu mencobanya dan lihatlah perubahan dalam hubungan kalian.

1. Berbagi bekal

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi menawarkan makanan (pexels.com/fauxels)

Kalau kamu tahu-tahu mentraktir mereka tanpa ada alasan yang jelas, barangkali mereka justru merasa sungkan untuk menerimanya. Takutnya, ada udang di balik batu.

Namun jika sekadar berbagi bekal, pasti mereka tidak keberatan untuk mengambil sedikit. Biasanya, bekal makanan ringan atau buah akan lebih menarik untuk mereka cicipi. Jadi, bawalah keduanya di samping bekal makan siangmu.

2. Bergabung dalam obrolan receh mereka

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi bercanda dengan teman (pexels.com/Monstera)

Dunia kerja memang menuntut profesionalitas yang tinggi. Namun, ini gak berarti orang-orang di dalamnya harus selalu tampil serius, lho. Apalagi kalau kalian sebenarnya seumur.

Pasti ada waktunya teman-temanmu mengobrol receh dan bercanda. Nah, kamu jangan malah menyingkir karena merasa obrolan seperti itu tak penting, ya!

Sejauh pekerjaanmu sudah beres dan tak melanggar aturan kantor, bergabunglah barang sejenak. Dari awalnya cuma menyimak dan ikut tertawa, pasti lama-kelamaan kamu pun akan terlibat dalam percakapan mereka.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama, Jaga Emosimu!

3. Tanyakan keadaan teman yang tampak sedang ada masalah

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi teman yang sedih (pexels.com/Thirdman)

Meski kamu gak suka ikut campur dalam urusan orang dan tidak mau dianggap kepo, bukan berarti kamu tak perlu menunjukkan kepedulian pada teman. Terlebih, kalian bertemu setiap hari.

Kalau kamu cuek sekali pada mereka, pantas saja kalian menjadi tidak bisa akrab. Jika ada temanmu yang murung sepanjang hari misalnya, dekati dan tanyakan apakah dia baik-baik saja.

Tentu dia tak harus menceritakan masalahnya padamu. Akan tetapi, paling tidak sekarang dia tahu bahwa kamu adalah orang baru di kantor yang punya cukup kepedulian pada teman. Dia bakal sangat menghargai itu.

4. Jenguk atau antarkan teman yang sakit untuk berobat

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi perempuan sedang sakit (pexels.com/Sora Shimazaki)

Apabila temanmu baru satu hari tidak masuk kantor karena sakit, kamu memang belum perlu menjenguknya. Barangkali dia lebih membutuhkan istirahat total ketimbang menerima tamu.

Namun jika sudah lebih dari dua hari, sebaiknya kamu menjenguknya. Kalaupun kamu benar-benar tidak dapat pergi, sekadar chat buat menanyakan kondisinya pasti bisa dong.

Bila dia tinggal sendirian, cobalah tawarkan diri untuk mengantarkannya berobat atau membelikan sesuatu yang dibutuhkannya. Tawaranmu bakal sangat membantunya seandainya dia memang sedang memerlukannya.

5. Tawarkan bantuan pada teman yang lagi banyak pekerjaan

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi pusing banyak pekerjaan (pexels.com/Acan Tami)

Tugas-tugasmu sendiri memang harus diprioritaskan. Akan tetapi, bila kamu sudah selesai sedangkan tugas temanmu masih menumpuk, tak ada salahnya untuk menawarkan bantuan. 

Apalagi kalian memang satu tim. Saling membantu akan melancarkan tercapainya target bersama. Toh, dia juga bukan pemalas yang memang selalu ingin menunggu bantuan orang lain supaya dia sendiri gak terlalu capek.

6. Olahraga bareng

6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!ilustrasi berolahraga bersama (pexels.com/Julia Larson)

Meski di akhir pekan kamu ingin terbebas dari segala hal yang beraroma kantor, menyempatkan diri untuk berolahraga bersama teman kerja ada bagusnya, lho. Apabila di kantor kalian selalu sama-sama sibuk, olahraga bareng akan menjadi momen yang tepat buat kalian saling mengakrabkan diri.

Jika pun akhir pekan telah menjadi waktu untuk keluarga masing-masing, sama-sama mampir ke tempat latihan kebugaran sepulang kerja juga dapat menjadi solusinya. Makin banyak yang ikut, pasti makin seru juga. Keakrabannya dapat, sehatnya juga.

Mengakrabkan diri dengan teman kerja yang selisih usianya jauh memang agak sulit. Misalnya, dia belasan bahkan puluhan tahun lebih tua darimu. Untuk kasus begini, kamu perlu menjaga sikapmu agar tetap sopan.

Menyimak cerita tentang pengalamannya selama bekerja atau menanyakan sekolah anak-anaknya biasanya lebih efektif daripada enam cara di atas yang lebih cocok untuk teman seusia atau justru lebih muda darimu. Terapkan mana yang sesuai dengan situasimu, ya!

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Wajib Dijadikan Teman di Kantor, Siapa Saja?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya