Comscore Tracker

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan 

#IDNTimesLife Jalin keakraban di luar kantor 

Bekerja di dalam tim memang ada enaknya. Seperti ada banyak teman untuk berbagi tugas. Alternatif solusi untuk suatu masalah juga menjadi lebih banyak berkat sumbangan ide seluruh anggota.

Namun nyatanya, membangun tim yang solid itu gak mudah. Padahal kalau timnya gak kuat, selain pekerjaan terhambat, juga bisa muncul berbagai perselisihan antaranggota yang terbawa sampai ke luar kantor.

Repot banget, kan? Oleh karena itu, jika kamu bekerja dalam tim apalagi mendapatkan kepercayaan untuk memimpinnya, 5 hal ini wajib dilakukan.

1. Pastikan semua orang punya kesempatan yang sama untuk mengungkapkan gagasan 

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan Pexels.com/daria

Jika menunggu setiap orang dengan sendirinya mengangkat tangan ternyata gak efektif untuk membuat semuanya mau bicara, gunakan cara lain. Yaitu satu per satu memang diminta untuk menyatakan pendapatnya terkait suatu topik.

Bahkan jika si A mengatakan setuju dengan pendapat si B, pemimpin diskusi perlu memintanya menjelaskan alasan-alasannya. Ini penting untuk memancing semua orang benar-benar terlibat dalam pemecahan masalah. Bukan sekadar cari aman dengan mengikuti pendapat teman.

2. Jangan biarkan beberapa orang mendominasi tim 

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan Pexels.com/divinetechygirl

Di kelompok apa pun, biasanya memang ada tipe orang yang dominan. Ia berbicara lebih banyak dan cenderung mendesak agar idenya digunakan. Namun biasanya yang seperti ini lebih sedikit jumlahnya.

Maka anggota tim yang lain harus mengingatkannya bahwa keputusan yang diambil harus mewakili pendapat semua orang. Sebab mereka semua juga akan ikut menanggung konsekuensi apa pun yang mungkin timbul dari keputusan tersebut.

Bahkan seorang pemimpin juga gak boleh seenaknya mendominasi anggotanya. Ia justru harus bisa menampung semua gagasan anggota dan merumuskannya menjadi keputusan yang terbaik untuk semua.

3. Mempergilirkan posisi pemimpin berguna biar semua lebih aktif 

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan Pexels.com/rebrand-cities-581004

Jika tim dibentuk untuk waktu yang lama, ada baiknya posisi pemimpin digilir. Misal, untuk proyek atau acara pertama dipimpin oleh A. Proyek atau acara kedua dipimpin B dan seterusnya.

Sekalipun gaya dan kemampuan memimpin setiap orang berbeda, hal ini penting untuk mendukung 2 poin sebelumnya. Yaitu agar semua orang lebih aktif terlibat dalam kerja tim dan mencegah dominasi oleh salah satu pihak.

Baca Juga: Ingin Kerja di Radio? 5 Lowongan Kerja Terbaru Ini Bisa Kamu Lamar!

4. Secara berkala mengadakan kegiatan untuk meningkatkan rasa kebersamaan 

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan Pexels.com/minan1398

Sekalipun namanya tim kerja, kesolidannya gak bisa cuma dibangun saat berada di kantor atau dalam situasi kerja. Di luar itu harus diadakan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan keakraban satu sama lain dan kemampuan bekerja sama.

Kegiatan di luar ruangan seperti piknik bersama dan outbound bisa rutin dilakukan. Bila sedang kurang memungkinkan, sesimpel makan-makan bersama atau bertukar hadiah juga bisa menjadi pengganti.

5. Bicarakan setiap masalah secara terbuka pada seluruh anggota 

Biar Tim Kerjamu Solid, 5 Hal Ini Harus Selalu Dilakukan Pexels.com/hillaryfox

Jangan sampai ada anggota yang tahu suatu masalah, ada yang gak. Sejauh masalahnya memang terkait dengan pekerjaan, semua anggota tim harus tahu. Biar tercipta rasa saling mengerti dan tentu saja semua menjadi siap membantu.

Kadang-kadang, yang membuat keterbukaan sulit tercipta ialah satu anggota hanya merasa dekat dengan beberapa orang. Sehingga ia enggan menceritakan masalah dengan anggota yang kurang akrab.

Jika ini terjadi, anggota yang diberi tahu harus langsung membuka masalah itu saat semua anggota tim berkumpul. Dalam setiap pertemuan, pemimpin juga harus aktif menanyakan apakah ada masalah yang sedang dihadapi anggota.

Tim kerja yang solid tentu akan sangat membantu kelancaran proyek-proyek. Bahkan kekompakan anggotanya bisa membuatnya terasa seperti keluarga kedua setelah keluarga di rumah. Bikin tambah semangat bekerja!

Baca Juga: Lebih Cocok Kerja Sendiri, 6 Zodiak Ini Sulit Diajak Kerja Sama

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya