Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuangan

Tetap loyal tanpa mengabaikan penyelamatan diri sendiri

Masalah keuangan yang membelit perusahaan selalu membuat ketar-ketir seluruh karyawannya. Banyak upaya yang akan dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan dan itu bisa membahayakan posisimu serta teman-teman.

Sekalipun para pimpinan di perusahaan tidak terbuka soal ini, kamu harus meningkatkan kewaspadaan. Ada sejumlah tanda yang bisa kamu cermati ketika keuangan kantor dalam kondisi tidak sehat.

Selain adanya tunggakan-tunggakan pembayaran pada mitra kerja, perampingan dan pengurangan bonus karyawan biasanya juga dilakukan. Bila ketiga tanda tersebut sudah tampak, segeralah melakukan lima langkah awal berikut ini.

1. Ikuti terus perkembangan desas-desusnya

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuanganilustrasi berbincang (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pasti sudah berembus kabar dari teman-temanmu perihal kondisi kantor yang sesungguhnya. Apabila biasanya kamu tak tertarik dengan percakapan di luar urusan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, kali ini terlibatlah. 

Simak setiap kabar yang dibawa oleh teman-temanmu. Bila perlu bertanyalah pada orang-orang yang mungkin lebih mengetahuinya. Ini penting untukmu supaya dapat memperkirakan situasi darurat yang akan dihadapi.

2. Tetap fokus bekerja seraya berharap situasi membaik

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuanganilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Startup Stock Photos)

Kondisi keuangan kantor memang tengah kurang mendukung untukmu bekerja dengan tenang. Akan tetapi, kamu tidak punya pilihan lain kecuali berusaha mempertahankan fokusmu dalam bekerja.

Harapannya, kalau perampingan karyawan terus terjadi, baiknya kinerjamu menyelamatkan kamu dari PHK. Memang ini bukan jaminan pasti, tetapi layak diupayakan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Dilanda Bubble Burst, Sejumlah Startup Indonesia Ini PHK Massal 

3. Genjot skill-mu dengan belajar hal-hal baru

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuanganilustrasi perempuan yang fokus (pexels.com/Jack Sparrow)

Yang perlu kamu pelajari ada dua, yaitu hal-hal baru terkait skill-mu yang sekarang sudah dimiliki dan skill lain yang kurang kamu kuasai. Peningkatan kompetensi diri ini penting buat kamu melebarkan bentangan sayapmu.

Meski terasa mendadak dan seharusnya kamu melakukannya sejak dulu, ini masih lebih baik daripada sama sekali tidak. Semua yang kamu pelajari dapat menolongmu bertahan dalam situasi yang lebih sulit nantinya.

4. Mulai mencari kesempatan kerja atau sumber penghasilan lain

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuanganilustrasi mencari pekerjaan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Bila kondisi keuangan kantor makin terasa mengkhawatirkan, bergegaslah mencari info lowongan kerja. Butuh waktu buat kamu menemukan lowongan yang sesuai dan mengikuti seluruh tahapannya.

Kian cepat kamu mencari pekerjaan lain, kian tenang juga perasaanmu. Kamu jadi terhindar dari terlalu lama menganggur seumpama ikut terkena PHK. Apabila memperoleh pekerjaan penuh waktu tidak mudah, pekerjaan paruh waktu atau usaha kecil-kecilan juga boleh dicoba.

5. Ceritakan ke orang terdekat biar kamu gak terlalu stres

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kantor Mengalami Masalah Keuanganilustrasi pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ketenanganmu dalam menghadapi keadaan kantor yang tidak stabil ini barangkali tak bertahan lama. Walaupun kamu gak ingin menularkan kecemasanmu pada orang terdekat, terbuka tetap lebih baik.

Orang-orang dalam tanggung jawabmu mesti mengerti kemungkinan terburuk yang bakal kamu hadapi. Mereka dapat memberimu masukan atau kalian membangun rencana penyelamatan keuangan keluarga bersama-sama.

Dalam kondisi kantor terbelit masalah keuangan, loyalitas buta dan mengabaikan keselamatanmu sendiri beserta keluarga bukanlah sikap yang bijaksana. Sebaliknya, tergesa-gesa meninggalkan kantor padahal besar kemungkinan situasi akan membaik juga bakal kamu sesali. Lakukan dulu lima tips di atas sebelum mengambil keputusan bertahan atau hengkang.

Baca Juga: 5 Tips Bijak Mengelola Pesangon usai Terkena PHK, Jangan Boros!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya