Comscore Tracker

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!

Yuk, segera berubah atau semuanya akan terlambat! 

Suka mengungkit masa lalu membuat hidup kamu semakin terpuruk. Mengungkit berarti tidak pernah bersyukur dan kamu selalu tunjukkan hal tersebut. Dalam hidup akan selalu ada penyesalan dan ketidakadilan tetapi, kamu harus menjadikan hal itu sebagai pelajaran hidup. Bukan malah sebaliknya, kamu terus suka mengungkit.

Nah, berikut ini 5 dampak negatif akibat kamu suka mengungkit masa lalu.

1. Hidup kamu akan sulit untuk maju

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!Pexels/freestocks.org

Apa yang sudah menjadi masa lalu seharusnya kamu tinggal dan lupakan. Jika kamu terus mengungkitnya pasti hidup akan sulit untuk maju. Mau melakukan banyak hal tapi kamu masih terpaku dengan masa lalu. Justru hidup kamu akan dikalahkan dengan banyak orang yang ingin berjuang. Jadi kamu sendiri yang rugi dan hidupmu akan terus seperti itu.

2. Tidak memiliki teman

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!pexels.com/Abdulrahman Abu Shaer

Orang yang suka mengungkit masa lalu tidak akan memiliki teman. Pasalnya, ketika teman kamu selalu menasihati dan sedangkan dirimu tidak mau berubah. Tentu teman kamu akan capek lalu meninggalkan pertemanan kalian. Jadi penting untuk mengoreksi diri agar, masa lalu tidak kamu bawa saat di masa depan. 

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Mudah Terpengaruh dengan Hal Buruk

3. Rentan terkena stres

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!Pexels/bruce mars

Mengungkit itu hanya membuat kamu lelah dan melakukan hal yang tidak berguna. Untuk apa mengingat yang lalu jika itu belum membuat kamu bahagia. Sebab untuk bahagia maka secara otomatis kamu rentan terkena stres. Tapi sebaliknya, mengingat masa lalu hanya membuat stres makin bertambah.

4. Kamu akan terus merasa kekurangan

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!Pexels/Tess Emily Seymour

Saat mengungkit pertanda kamu membandingkan yang dulu dengan sekarang. Padahal yang dulu dan sekarang itu berbeda tapi kamu berusaha terjadi seperti yang dulu. Kamu harus tahu bahwa tidak semua hal dilewati dengan mulus dan berhenti, untuk mengungkit atau kamu akan terus merasa kekurangan. 

5. Tidak mendapat kedamaian dalam hidup

5 Hal Buruk Kalau Kamu Suka Mengungkit Masa Lalu, Kurang-kurangin Yuk!Unsplash/Warren Wong

Masa lalu jangan menghambat kamu dalam mengejar kedamaian dalam hidup. Damai itu harus ada dalam hidup asalkan, kamu berhenti untuk mengungkit masa lalu. Biarkan yang berlalu menjadi pelajaran dan masa depan kamu sambut dengan sukacita. Alhasil, hidup kamu berubah dan kedamaian dengan mudah dirasakan. 

Itu tadi 5 dampak negatif akibat kamu suka mengungkit masa lalu. Mengungkit masa lalu itu hanya membuang waktu kamu saja. Dan jangan pernah menghabiskan waktu kamu untuk hal yang tidak berguna.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Membenci Masa Lalu Pasangan yang Kelam

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya