Comscore Tracker

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktu

Bisa sambil kuliah atau kerja lainnya

Banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sambil mengerjakan kesibukan lainnya. Tidak menyita banyak waktumu kok, kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan dan lumayan menambah pemasukanmu.

Simak yuk berikut ini 10 pekerjaan sampingan yang bisa kamu jadi referensi pekerjaan tambahanmu.

1. Penulis artikel

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Untuk kamu yang berbakat di dunia kepenulisan, kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai penulis artikel. Cukup banyak kok media cetak maupun elektronik yang menerima kiriman artikel dan siap memberikan bayaran yang lumayan kepadamu. Jadi, daripada idemu terus dipendam coba deh dituangkan dalam karya yang menghasilkan pemasukan untukmu.

2. Bisnis pulsa dan token listrik

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/@ultralinx

Bisnis pulsa dan token listrik bisa kamu lakukan sambilan dengan pekerjaan lainnya. Pekerjaan satu ini gak memerlukan banyak waktu kok karena sistem kerjanya bukan kamu yang menawarkan produk namun pembeli sendiri yang akan mendatangimu ketika mereka membutuhkan isi ulang pulsa ataupun token listrik. 

3. Fotografer

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/Artem Maltsev

Kamu punya kamera dan mahir menggunakannya? Kenapa gak coba menawarkan dirimu jadi fotografer aja? Kamu bisa mulai mempromosikan keahlianmu kepada orang-orang terdekatmu dulu. Lumayan kan? Daripada kamera di rumah cuma dipakai saat perlu aja, mending kamu gunakan untuk hal lain yang lebih menguntungkan.

4. Master of Ceremony (MC)

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/@productschool

Jika kamu orang yang penuh percaya diri dan berbakat membawakan acara, mungkin menjadi MC adalah salah satu pilihan yang tepat. Memang sih, gak mudah membuat orang lain percaya dengan skill public speaking seseorang. So, kamu perlu lebih giat menawarkan diri di acara-acara yang kamu kira kamu mampu membawakannya.

Meski awalnya dibayar murah atau bahkan diminta secara cuma-cuma alias gratis, kamu gak boleh berkecil hati karena semuanya dimulai dari bawah dan butuh proses.

5. Jasa editor foto atau video

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktupexels.com/@burst

Jasa editor foto atau video bisa laris manis jika kamu punya keunggulan dan kualitas dalam editing. Apalagi jika kamu memulai tawaran harga yang murah. Jasa edit foto atau video bisa kamu tawarkan kepada orang-orang atau lembaga yang memang lagi butuh jasa seorang editor.

Media sosial bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan jasamu. Coba posting video atau foto hasil editanmu dan jangan lupa pula untuk menyertakan informasi iklannya.

Baca Juga: 5 Trik Seimbangkan Pekerjaan Utama dan Freelance, Agar Gak Keteteran!

6. Guru les/bimbel/kursus

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktupexels.com/@zhuhehuai

Lowongan guru bimbingan belajar, kursus, les dan sebagainya lumayan banyak lho. Pekerjaan satu ini bisa dilakukan part time sambil kamu berkuliah, bekerja, atau kesibukan lainnya.

Asal kamu punya kemampuan mengajar dan menguasai bidang mata pelajaran atau keahlian tertentu, gak ada salahnya kamu menyalurkan kemampuanmu untuk menghasilkan uang.

7. Sopir/pengemudi

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktupexels.com/@darwisalwan

Kalau kamu punya kemampuan menyetir atau mengemudikan kendaraan kamu bisa coba pekerjaan sampingan sebagai driver. Kamu bisa bergabung sebagai pengemudi ojek online atau driver sekaligus jasa motor maupun mobil. P

ekerjaan satu ini mudah banget kok dilakukan. Penghasilan sebagai driver pun cukup lumayan untuk sekadar menambah pemasukan dan uang jajan untukmu.

8. Event planner

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/Jo Szczepanska

Jika kamu berbakat mengatur dan menjadi crew dalam suatu event, coba deh daftarkan dirimu menjadi seorang event planner. Banyak kok bagian kerja yang bisa kamu sesuaikan dengan passion-mu.

Yang terpenting kamu harus serius untuk menyukseskan penyelenggaraan suatu acara. Karena penyelenggaraan suatu event bukan hal yang main-main, maka kamu harus memaksimalkan ide-ide dan kontribusimu.

9. Pemandu wisata

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/Sherman Yang

Kamu hobi travelling? Tahu destinasi wisata dan seluk-beluknya yang bisa direkomendasikan untuk para pelancong? Coba deh memanfaatkan kelebihanmu untuk bekerja sebagai tour guide.

Kamu bisa memasang jasamu dengan mendaftarkan diri di aplikasi pencari tour guide. Jangan lupa pula untuk menyertakan pengalamanmu agar bisa meyakinkan orang-orang sebelum memakai jasamu.

10. Admin media sosial

Lumayan Nambah Duit, 10 Pekerjaan Sampingan Ini Gak Banyak Sita Waktuunsplash.com/@cikstefan

Media sosial sudah menjadi tempat promosi yang strategis. Ditambah lagi dengan menjamurmya bisnis online, sehingga memungkinkan bertambahnya kebutuhan lowongan pekerjaan sebagai admin media sosial.

Tidak harus full time, kamu bisa mencari pekerjaan admin media sosial yang part time agar bisa kamu lakukan sambilan dengan kesibukanmu lainnya.

Itulah tadi 10 pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba sambil melakukan kesibukan lainnya. Yuk, jangan sia-siakan kesempatanmu. Jika mampu melakukan salah satu pekerjaan di atas, kenapa tidak mencobanya?

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You