Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisien

Jangan lupa istirahat

Sebuah pekerjaan kadang bisa memberikan tekanan jika kita tidak menikmatinya. Banyak orang sering mengeluh dengan banyaknya pekerjaan, sulitnya mengatur waktu dan berbagai keluhan lainnya.

Di balik hal tersebut sadarkah kamu bahwa banyak cara agar apa yang kamu kerjakan menjadi lebih efisien dan tidak membuatmu stres? Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar pekerjaanmu menjadi lebih efisien. Simak yuk.

1. Biasakan dirimu disiplin dengan waktu

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisienunsplash/philay

Ada pepatah mengatakan "Waktu adalah uang". Sadarkah dirimu bahwa pepatah tersebut bukan sekadar omong kosong? Disiplin terhadap waktu adalah cara kita untuk menghargai segala sesuatu yang dikerjakan. Disiplin juga akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih teratur.

Disiplin tidak hanya sebuah perilaku yang nampak. Namun disipliin terhadap waktu dan tanggung jawab adalah salah satu hal yang paling penting untuk membuat pekerjaanmu menjadi lebih efisien.

2. Jangan mengambil alih banyak pekerjaan. Pahami batas kemampuanmu

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisienunsplash/nikarthur

Jika kamu adalah orang yang benar-benar memahami dirimu sendiri. Tentunya kamu tahu sampai mana batasan dirimu. Begitu juga dalam hal pekerjaan. Jangan memforsir dirimu dengan mengambil banyak pekerjaan sedangkan pekerjaanmu yang sebelumnya pun masih belum selesai. Ingat pahami batas kemampuanmu dan jangan pernah memaksakan seesuatu. Pantang menyerah dengan egois adalah dua hal yang sangat berbeda.

Baca Juga: 5 Trik untuk Lebih Efisien dalam Menjalani Rutinitas

3. Matikan handphonemu

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisienunsplash/rawpixel

Tertundanya pekerjaan dapat didasarkan atas berbagai hal. Salah satunya adalah kehadiran handphone dalam aktivitas bekerjamu. Dengan adanya handphone tentu dirimu akan lebih sering terfokus pada sosial media yang menjadi hal paling sering digunakan oleh masyarakat global saat ini.

Jika ingin pekerjaanmu lebih efisien, matikan handphonemu. Lupakan soal Instagram, Twitter, maupun Facebook. Fokuslah terhadap pekerjaan yang ingin kamu selesaikan.

4. Buatlah to do list agar pekerjaanmu menjadi lebih terstruktur

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisienunsplash/vale_conde

Buat daftar apa yang harus kamu lakukan setiap hari agar pekerjaan yang ingin kamu kerjakan menjadi lebih teratur. Daftar tersebut berguna sebagai pengingat dirimu agar tetap di jalan yang tepat dalam bekerja. Selain itu fungsi to do list juga berguna sebagai patokan bagi dirimu melihat sudah sejauh apa kamu bekerja dan perlukah kamu beristirahat sejenak.

5. Sempatkan waktu untuk beristirahat

5 Tips Sederhana Ini Bantu Pekerjaanmu Menjadi Lebih Efisienunsplash/rawpixel

Terakhir jangan lupa istirahat. Dirimu juga perlu untuk dimanjakan. Ingat bahwa kamu bukan robot yang harus terus bekerja. Jangan pernah terjebak terlalu dalam hingga membuatmu melupakan kebahagiannmu.

Efisiensi dalam bekerja juga ditentukan seberapa bahagia dirimu dalam menjalani pekerjaanmu. Dengan menyempatkan waktu untuk beristirahat, kamu telah menyempatkan waktu untuk menikmati kebahagiaan.

Jangan pernah tenggelam terlalu dalam dengan pekerjaan. Semakin dirimu tenggelam maka akan muncul berbagai keluhan dari dirimu sendiri.

Baca Juga: Kerjaan Menumpuk dan Bikin Bingung, Ini 5 Solusi Menghadapinya

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You