Comscore Tracker

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbang

Jangan sampai berat sebelah!

Rutinitas kerja yang padat, tak jarang membuat kehidupan sosial terabaikan. Padahal, bersosialisasi merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan. Untuk itu, coba lakukan beberapa cara efektif membuat pekerjaan dan kehidupan sosial jadi seimbang ini!

1. Atur kecepatan kerja

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbangunsplash/Persnickety Prints

Jangan pernah memaksakan diri untuk bekerja terlalu banyak atau lama. Sebab, hal ini akan membuat energi terkuras habis dan menyebabkan tubuhmu menjadi sangat lelah.

Bukannya bisa meningkatkan produktivitas kerja, durasi yang tidak teratur justru bisa membuat kinerjamu menurun.

2. Tidak bersikap perfeksionis

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbangunsplash/Paige Cody

Memiliki standar yang tinggi dan kesulitan untuk berhenti bekerja merupakan tanda bahwa kamu termasuk orang yang perfeksionis.

Jika ingin kehidupan yang seimbang, sebaiknya hentikan kebiasaan perfeksionis yang kamu miliki tersebut. Cobalah bersikap tidak terlalu keras pada dirimu sendiri, ya!

3. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada dengan tepat waktu

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi SeimbangPexels/Andrea

Kamu mungkin kerap mengalami momen di mana pekerjaan datang silih berganti tiada habisnya. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk membawa pekerjaan keluar kantor, apalagi ke rumah!

Setelah keluar kantor, sudah seharusnya itu menjadi waktumu untuk beristirahat atau melakukan rutinitas bersama keluarga dan teman. Dengan demikian, kamu bisa lebih menikmati hidup dan bahagia.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Hadapi Rekan Kerja Genit, Sebelum Makin Kurang Ajar!

4. Menikmati waktu untuk diri sendiri

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbangunsplash/Kenan Buhic

Menikmati waktu untuk diri sendiri merupakan hal paling sederhana, yang bisa membawa dampak positif dalam kehidupan. Tidak harus melakukan sesuatu yang luar biasa, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menjalankan hobi yang membuat bahagia.

5. Berolahraga ringan

5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbangpexels/Nathan Cowley

Olahraga ringan tidak hanya memberikan dampak positif pada tubuh saja. Pasalnya, aktivitas ini juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga kamu terhindar dari stres.

Selain itu, berolahraga ringan juga bisa membangun mood yang baik sehingga kamu akan tetap semangat meskipun menghadapi pekerjaan yang padat.

Pada dasarnya, pekerjaan dan kehidupan sosial bisa dinikmati secara bersamaan selama kamu bisa mengatur porsinya dengan tepat.

Jangan sampai salah satu di antara hal tersebut, mendominasi dan membuatmu rugi akibat kehilangan banyak kesempatan untuk menikmati kehidupan yang lebih menyenangkan.

Baca Juga: Demi Karier Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Dihindari di Tempat Kerja! 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya