Comscore Tracker

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!

Bisa berguna jika kamu ingin kerja di bidang lain juga lho..

Perkembangan teknologi yang semakin merambah ke dalam dunia kerja membuat perusahaan startup menjadi salah satu perusahaan yang paling diminati oleh para pencari kerja. Pasalnya, perusahaan startup biasanya memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel dengan tempat yang cukup nyaman.

Tidak hanya bisa belajar banyak hal, di sana kamu juga bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang memang sudah berdiri sejak lama. Jika kamu tertarik bekerja di perusahaan startup, setidaknya cobalah kuasai beberapa kemampuan di bawah ini.

1. Kemampuan SEO

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!unsplash/Austin Distel

SEO atau Search Engine Optimization adalah kemampuan untuk mengoptimalkan mesin pencari yang ada pada internet. Biasanya, kemampuan ini berkaitan erat dengan kata kunci yang sedang dibicarakan banyak orang sehingga hal-hal yang berkaitan dengan itu berada pada halaman teratas mesin pencari. 

Untuk menguasai kemampuan ini, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak berdasarkan tutorial yang ada di Youtube. Setelah itu, cobalah menulis berbagai artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu temukan. Proses belajar "learning by doing" sangat berguna untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki.

2. Problem solving

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!unsplash/Sebastian Herrmann

Tidak hanya bekerja di perusahaan startup saja, kemampuan untuk memecahkan masalah atau problem solving pada dasarnya merupakan kemampuan yang wajib dikuasai oleh setiap orang di dunia kerja. Pasalnya, akan ada banyak permasalahan yang harus dihadapi dengan ide dan tindakan.

Dalam kondisi tersebut, kemampuan problem solving sangat dibutuhkan. Jika kamu ingin memiliki kemampuan ini, cobalah bergabung dengan berbagai kegiatan dan organisasi sehingga lama-kelamaan kemampuanmu dalam berpikir akan semakin tajam. 

3. Analisis data

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!unsplash/Campaign Creators

Sebagai perusahaan yang masih berkembang, startup sering kali berhubungan dengan data-data yang cukup besar. Biasanya, data tersebut berhubungan dengan data pelanggan, klien, dan data-data lain yang berhubungan dengan perusahaan. 

Untuk mengelola data tersebut, maka dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan dalam menganalisis data yang ada. Analisis data adalah proses pemeriksaan, pencarian, pengubahan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna, memberikan kesimpulan, dan membantu untuk mengambil keputusan.

Oleh karenanya, setelah dianalisis, data-data yang sudah dikumpulkan tersebut biasanya akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan startup yang berkaitan.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Cocok Kerja di Bidang Teknologi, Pisces Bikin Startup

4. Marketing strategy

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!unsplash/Campaign Creators

Sebagai perusahaan yang baru saja dirintis, startup biasanya membutuhkan kepercayaan yang tinggi dari klien. Tidak hanya itu saja, layaknya perusahaan lain, startup juga butuh dikenal oleh masyarakat sehingga produk-produk yang dijualnya juga dikenali oleh masyarakat.

Oleh karena itu, sangat penting sebuah perusahaan startup memiliki sosok dengan kemampuan marketing strategy. Ini berguna agar startup tersebut bisa mendapatkan pelanggan baru dan membuat pelanggan yang sudah ada menggunakan pelayanan atau membeli kembali produk yang dijualnya.

Kemampuan marketing strategy juga bisa meningkatkan pangsa pasar dan kesetiaan pelanggan. Jadi, jika kamu ingin bekerja di perusahaan, coba kuasai kemampuan yang satu ini.

5. Keterampilan IT

Ingin Kerja di Perusahaan Startup? Coba Kuasai 5 Kemampuan Ini!unsplash/Marvin Meyer

Perusahaan startup sangat identik dengan perangkat-perangkat teknologi, seperti software, hardware, dan network. Oleh karena itu, beberapa perusahaan startup kebanyakan membuka peluang pekerjaan dalam bidang teknologi.

Jadi, jika kamu ingin segera bergabung dengan perusahaan startup yang kamu idamkan, cobalah kuasai salah satu kemampuan dalam bidang teknologi yang ada. Untuk menguasai kemampuan tersebut, kamu bisa coba mempelajarinya melalui Youtube atau dengan teman yang memang memiliki kemampuan di bidang itu.

Tidak hanya lima kemampuan saja yang perlu kamu pelajari agar dapat bekerja di perusahaan startup. Sebab, kamu juga membutuhkan pengalaman dan relasi kerja yang baik.

Baca Juga: 5 Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Akan Bekerja di Startup

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya