Comscore Tracker

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!

Ada tiga hal penting yang wajib diketahui!

Fortune Indonesia kembali menggelar perhelatan akbar tahunannya, yakni Fortune Indonesia Summit. Bila sebelumnya diadakan secara online, kini acara tersebut pun diadakan secara langsung pada 18-19 Mei di The Westin, Jakarta.

Gak hanya berbicara tentang lini bisnis, pada sesi di hari kedua (19/5/22) tentang Women in the Workplace, hadir pula perempuan-perempuan profesional yang dikenal memiliki perjalanan karier hebat. Salah satu dari sosok tersebut adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo.

Perempuan yang satu ini merupakan cerminan perempuan Indonesia yang memiliki kesuksesan dalam pendidikan, karier, maupun keluarga. Dalam sesi panel itu, dirinya pun membagikan kunci kesuksesan versinya yang masih dipegang teguh hingga saat ini. Apa saja itu? Mari simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Angela menjadikan kedua orangtuanya sebagai role model dalam berkarier

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!Angela Tanoesoedibjo (Wamenparekraf), Shinta W. Kamdani (CEO Sintesa Group) dan Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur OCBC NISP) dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Ketika ditanya perihal sosok inspiratif baginya, Angela menjawab kedua orangtuanya. Hal ini ia sampaikan secara tegas dengan landasan bahwa dirinya menyaksikan sendiri perjuangan mereka dari bawah dan itulah yang menjadi inspirasinya.

"Orangtua jadi sosok inspirasi karena aku menyaksikan sendiri perjuangan mereka dari bawah. Aku melihat perjuangan itu sendiri dan itu yang menjadi inspirasiku," terangnya.

2. Dirinya berpandangan bahwa dalam berkarier maupun berkarya yang terpenting adalah mampu beradaptasi

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!Angela Tanoesoedibjo, Wamenparekraf dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Selain itu, berbicara soal karier, untuk bisa memegang posisi yang cukup penting saat ini jelas bukan hal yang mudah dan sebentar. Hanya saja, ia berpendapat semua bisa tercapai bila kita mengikuti perubahan yang ada dengan beradaptasi.

"Perjalanan karier hampir 14 tahun, dari swasta akhirnya sekarang di pemerintahan tentunya semua ini saya melihat sebagai sebuah anugerah dan kesempatan. Prosesnya jelas gak mudah dan panjang. Cuma, hal yang paling konstan adalah perubahan, jadi semisal kita masih bisa beradpatasi dan berkarya ya lakukan saja," tegasnya.

3. Menurutnya, kunci kesuksesan bisa diraih jika kita mampu memberi dalam situasi sesulit apa pun

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Herliani Tanoesoedibjo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Terdapat tiga hal yang menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan versi Angela. Pertama, ia menerangkan bahwa kesuksesan dapat diraih jika kita mampu memberi dalam situasi sesulit apa pun. Hal ini pula yang diajarkan oleh kedua orangtuanya.

"Saat krisis, satu hal yang aku belajar adalah bapak aku selalu memberi. Dalam situasi sulit pun, kita memberi, itu jadi suatu benih yang suatu saat berkembang dan berkatnya kembali lagi ke kita, dan itu juga yang aku terapkan sebagai kunci sukses," tuturnya.

Baca Juga: 6 Akibat bila Suka Menjegal Karier Teman, Karier Sendiri Sulit Maju!

4. Selanjutnya, sebagai manusia pun kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, Angela juga menyampaikan bahwa kita juga harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama perkembangan teknologi. Ia bahkan memberi contoh perjalanan karier sang ayah yang berangkat dari investment banker hingga kini menjadi seorang konglomerasi media.

"Kedua, adaptasi, karena apalagi sekarang zaman teknologi. Aku melihat orangtua, papah sebagai investment banker gak terlalu paham soal teknologi dan akhirnya sekarang berkecimpung ke teknologi. Itu belajar dan benar-benar berusaha memahami, gak pantang menyerah. Bayangkan, sosok yang semapan ini aja masih belajar, apalagi kita yang masih muda harus terus tetap belajar," ucapnya.

5. Terakhir, kita harus hidup dengan tujuan

5 Kunci Sukses dalam Berkarier ala Angela Tanoesoedibjo, Catat!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terakhir, ia juga menegaskan bila ingin sukses kita harus hidup dengan sebuah tujuan. Sebab, ketika memiliki tujuan kita akan paham mengenai arah yang akan dituju serta hal apa saja yang harus dilalui. 

"Ketiga, kita harus hidup dengan tujuan. Ketika kita punya tujuan itu yang menjadi arah buat kita, sehingga sesulit apa pun hal yang dihadapi kita akan selalu bisa kembali ke tujuan yang sudah diteguhi," pungkasnya.

Itu dia kunci kesuksesan dalam berkarier di bidang profesional menurut Angela Tanoesoedibjo. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kamu juga, ya!

Baca Juga: 6 Tanda yang Tunjukkan bahwa Kamu Calon Orang Sukses, Punya Mimpi!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya