Comscore Tracker

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!

#IDNTimesLife Segera daftarkan dirimu

Siapa sih yang gak tahu L'Oreal? Perusahaan yang satu ini merupakan salah satu perusahaan FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) yang terdepan di Indonesia. Gak hanya menciptakan produk perawatan diri, namun L'Oreal juga terus berusaha menciptakan karyawan teladan yang siap ditempatkan dalam posisi manager melalui fast track karier.

Nah saat ini, L'Oreal Indonesia tengah membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin meniti karier di industri perawatan diri dengan menawarkan program Management Trainee. Berikut kualifikasi beserta tips lolos yang diberikan langsung oleh Yenita Oktora, Human Resources Director L’Oréal Indonesia dalam wawancara eksklusif IDN Times bersama L'Oréal Indonesia pada Jumat (13/8/2021).

1. Kualikiasi

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Setiap lowongan kerja, baik program percepatan karier maupun pekerjaan umum biasa pasti memiliki standar kualifikasi tertentu untuk para kandidatnya. Nah, berikut ini kualifikasi untuk melamar program Management Trainee yang diadakan oleh L'Oreal Indonesia:

  • Lulusan Sarjana / Magister dari jurusan apa pun
  • Memiliki pengalaman kerja maksimal 2 tahun 
  • IPK minimal 3.00
  • Mahir berbahasa Inggris & memiliki keterampilan komunikasi yang kuat
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan dalam suatu organisasi
  • Bersedia menjalani rotasi program di luar Jakarta
  • Lebih disukai memiliki pengalaman magang

2. Benefit yang akan diterima

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@sora-shimazaki)

Dikutip dari laman karier resmi L'Oreal Indonesia, nantinya kandidat yang terpilih berhak menerima beragam benefit guna mendukung karier mereka di masa depan. Adapun benefit tersebut, antara lain:

  • Mendapatkan fast track karier lebih cepat ke peran manajer
  • Terlibat dalam upaya membuat perubahan & kontribusi nyata
  • Menerima pengembangan & pelatihan khusus
  • Mendapatkan paparan manajemen tingkat atas di awal karier

3. Tips lolos: Memiliki pengalaman organisasi atau magang

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Untuk bisa lolos hingga diterima bekerja dalam program Management Trainee memang bukan perihal mudah. Namun, dalam wawancara eksklusif IDN Times, Yenita Oktora selaku Human Resources Director L’Oréal Indonesia, memberikan beberapa tips agar bisa lolos program MT L’Oréal Indonesia. 

Pertama, ia mengatakan bila kandidat yang melamar harus memiliki jejak pengalaman berorganisasi atau magang di tempat lain. Menurutnya, hal ini bisa membuat kandidat terlihat menarik dari CV yang mereka kirim.

"Kalau bisa, mereka yang mendaftar harus punya kegiatan organisasi atau magang-magang di tempat lain, atau terlibat di social activity. Nah, itu salah satu yang membuat kita (HR L’Oréal Indonesia) secara CV tertarik sama mereka (kandidat pelamar)," terangnya. 

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Mengikuti Management Trainee

4. Tips lolos: Menggunakan bahasa dan kalimat yang baik ketika menjawab tes yang ada

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!Ilustrasi ujian dengan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu tahapan dalam proses rekrutmen yang ada di L’Oréal Indonesia adalah melakukan digital interview dengan menjawab beberapa pertanyaan. Dalam proses ini, nantinya akan ada AI Machine Learning yang memproses jawaban mereka untuk kemudian diperiksa dan menyaring kandidat terpilih saja.

"Ada AI Machine Learning di dalam salah satu proses rekrutmennya kita. Jadi nanti para pelamar itu dikasih digital interview dan diberikan pertanyaan-pertanyaan. Nah si machine learningnya ini nanti memproses jawaban-jawaban mereka," kata Yeni.

Oleh karena itu, pada tahapan ini ia berpesan agar para kandidat memerhatikan penggunaan bahasa dan kalimat yang mereka bagikan pada jawaban tersebut. "Jadi penggunaan bahasa, penggunaan kalimat, juga experience yang mereka share bisa diproses sedemikian rupa," imbuhnya.

5. Tips lolos: Memiliki karakter yang sesuai dengan L'Oreal

L'Oreal Indonesia Buka Program MT, Ini Kualifikasi dan Tips Lolosnya!ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, Yeni juga mengatakan bila umumnya L’Oréal Indonesia mencari kandidat yang sesuai dengan karakter perusahaan. Sehingga, AI Machine Learning yang dibuat dalam proses rekrutmen gak hanya menyaring kandidat dari segi jawaban mereka, namun juga karakter mereka.

"AI Machine Learning akan menyamakan dengan karakter-karakter orang LOREAL sehingga mereka akan memberikan rekomendasi mana aja yang menjadi short finalist. Setelah itu nanti tetap akan dicek oleh tim kita. Mereka yang punya entrepreneur, strategic thinking, dan cukup inovatif," jelasnya.

Demikian informasi mengenai kualifikasi program Management Trainee beserta tips lolos dari HR Director L’Oréal Indonesia. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Ikut Program Management Trainee

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Agustin Fatimah
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya