Comscore Tracker

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! 

Tanah rantau menempa dirimu menjadi kuat 

Merantau merupakan hal yang tidak asing lagi didengar. Saat ini banyak orang yang mengambil keputusan merantau untuk mengubah hidupnya. Iming-iming kesuksesan membuat mereka berani mengambil langkah tersebut untuk keluar dari zona nyaman.

Merantau memang memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan berharga yang tidak akan pernah didapatkan jika kamu hanya berdiam diri di zona nyaman. Kamu akan menemui budaya baru juga karakter orang yang bermacam-macam. Berikut lima manfaat yang dirasakan ketika kamu menjadi anak rantau.

1. Bermental kuat

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! ilustrasi gadis bermental kuat (unsplash.com/Edward Howell)

Mengambil keputusan merantau berarti kamu siap menyambut segala tantangan yang ada. Tanah rantau tidak selalu menjanjikan kenyamanan, adakalanya kamu harus berjuang keras menghadapi tantangan-tantangan hidup yang sangat menguras pikiran maupun tenaga.

Ketika di tanah rantau maka kamu akan di tuntut untuk menghadapi tantangan sendirian. Kamu harus menjadi individu yang mandiri di segala situasi. Namun demikian, hal itu justru dapat membawa dampak positif bagi dirimu ke depannya. Adanya tantangan tersebut dapat menempa mentalmu sehingga menjadi lebih kuat.

2. Kamu tahan banting

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! ilustrasi menatap lurus (unsplash.com/Jezebel Rose)

Tanah rantau memang dipenuhi hal-hal yang tidak dapat diprediksi. Ibarat lautan yang memiliki pasang dan surut, terkadang tanah rantau menyajikan keindahan dan kenyamanan, namun tidak jarang pula kamu akan menemui gulungan masalah yang menghantam.

Adanya berbagai masalah yang silih berganti menerpa membuatmu terlatih menjadi seseorang yang tidak mudah menyerah. Kamu belajar bagaimana mencari solusi dari permasalahan yang ada serta bagaimana cara bangkit dari keterpurukan. Hal ini tentu akan membuatmu menjadi individu yang tahan banting dalam segala kondisi.

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Karier dan Kinerjamu Makin Menanjak

3. Memiliki rasa optimis yang tinggi

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! ilustrasi tertawa gembira (unsplash.com/Brooke Cagle)

Anak rantau memiliki prinsip yang kuat semenjak mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman. Tanah rantau seolah menjanjikan harapan-harapan hidup dan kesuksesan sehingga mereka akan berusaha keras untuk meraihnya.

Meskipun tanah perantauan seringkali menyajikan tantangan hidup dan ketidak-nyamanan, namun hal ini justru menjadikan anak rantau memiliki rasa optimis yang tinggi. Setelah perjuangan panjang yang dilakukan, kesuksesan mutlak harus di raih. Bahkan tidak jarang ada yang dalam dirinya tertanam prisip pantang pulang sebelum meraih kesuksesan.

4. Menjadi pribadi yang adaptif

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! ilustrasi berkumpul teman (unsplash.com/Windows)

Ketika merantau berarti kamu telah memutuskan untuk memasuki lingkungan baru. Sudah dapat dipastikan, ketika memasuki lingkungan baru kamu akan menemui segala sesuatu yang berbeda. Entah itu perbedaan dari segi budaya, bahasa, karakter masyarakat, maupun dari segi prinsip dan cara berpikir.

Adanya berbagai macam perbedaan dapat membuatmu menjadi individu yang lebih terbuka dan selalu bisa menghargai apapun. Melalui perbedaan-perbedaan tersebut kamu akan berusaha menyesuaikan diri dengan budaya dan kebiasaan baru sehingga akan menjadi pribadi yang adaptif di segala tempat dan situasi.

5. Kaya wawasan dan pengalaman

5 Manfaat Hidup yang Bisa Dirasakan Anak Rantau, Tahan Banting! ilustrasi wanita bekerja (unsplash.com/Paige Cody)

Manfaat paling penting yang kamu dapatkan ketika mengambil keputusan untuk merantau adalah bertambahnya wawasan dan pengalaman. Tanah rantau selalu menyajikan hal-hal unik dan baru yang tidak akan pernah kamu temui di lingkungan yang sebelumnya.

Kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan pengalamannya masing-masing. Selain itu kamu juga akan menemui banyak ilmu dan keterampilan baru yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Hal ini tentu menjadikan wawasan dan pengalamanmu semakin bertambah.

Mengambil keputusan untuk merantau memang bukanlah hal yang mudah. Kamu harus siap menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang ada. Namun ketika berani mengambil keputusan tersebut, yakin deh! kamu tidak akan menyesal karena banyak sekali manfaat yang didapat.

Baca Juga: 6 Kiat Hadapi Dilema dalam Meniti Karier, Fokus pada Masa Depan!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya