Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!

Jadi pribadi yang mudah beradaptasi dan toleran

Menjadi orang yang mampu berpikiran terbuka memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Adakalanya kamu menemui segala sesuatu yang benar-benar berbeda dengan apa yang selama ini menjadi kebiasaanmu. tidak jarang pula kamu akan berhadapan dengan suatu hal yang bertentangan dengan prinsip yang selama ini kamu pegang.

Menjadi sosok open minded memang menjadi tantangan tersendiri. Namun meskipun begitu, bukan berarti hal tersebut dapat kamu jadikan alasan untuk menutup diri dan tidak menerima perbedaan yang ada. Yuk, simak lima alasan berikut mengapa kamu harus belajar menjadi sosok yang mampu berpikir secara terbuka.

1. Menjadikanmu mudah beradaptasi di berbagai lingkungan

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!ilustrasi berkumpul (pexels.com/Fox)

Setiap lingkungan memiliki karakteristik tersendiri. Tidak jarang kamu akan menemui budaya dan kebiasaan yang seratus delapan puluh derajat berbeda dengan apa yang selama ini menjadi kebiasaanmu. Ketika tidak bisa menerima perbedaan, maka kamu akan terjebak pada culture shock dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan memiliki pemikiran terbuka maka kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan segala perbedaan budaya maupun kebiasaan. Open minded akan menjadikanmu sebagai sosok yang gampang berbaur di segala kondisi dan situasi. Kamu akan menjadi individu yang adaptif.

2. Dengan berpikiran terbuka wawasanmu menjadi lebih luas

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!ilustrasi perempuan melirik (pexels.com/SHVETS production)

Dunia selalu penuh dengan perkembangan dan perubahan, setiap detiknya selalu ada hal-hal baru yang bermunculan. Ketika kamu bersikeras tidak mau menerima segala perubahan yang ada maka kamu akan tertinggal jauh dengan yang lain.

Menjadi sosok yang open minded berarti kamu siap menerima segala informasi yang muncul serta siap menyesuaikan diri dengan segala macam perubahan yang terjadi. Kamu tidak ragu belajar banyak ilmu maupun keterampilan-keterampilan baru sehingga wawasanmu semakin luas.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sikap Open-minded dan Plinplan, Kamu yang Mana? 

3. Open minded menjadikanmu sosok yang mampu berpikir kritis

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!ilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Menjadi sosok yang open minded, kamu akan mengetahui berbagai informasi serta menemui hal-hal baru yang terus bermunculan setiap detiknya. Tidak jarang informasi dan hal-hal baru yang kamu terima tersebut bertentangan dengan prinsipmu.

Menjadi sosok yang open minded, secara tidak langsung kamu akan belajar menjadi sosok yang mampu berpikir kritis. Kamu mampu mempertimbangkan secara cermat apakah hal-hal baru yang muncul tersebut adalah sesuatu yang positif dan dapat diikuti atau justru sebaliknya, hal tersebut akan membawa dampak negatif dalam kehidupan.

4. Berpikiran terbuka menjadikanmu sosok yang toleran

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!ilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Jopwell)

Dalam hidup kita selalu menemukan beraneka ragam perbedaan. Entah itu perbedaan dari segi pendapat, karakter kepribadian, maupun perbedaan dari cara berpikir. Ketika kamu memilih menutup diri maka bukan tidak mungkin kamu akan menjadi pribadi yang kaku dan tidak memiliki rasa toleransi.

Menjadi open minded menjadikanmu sosok yang terbuka terhadap segala perbedaan. Kamu akan belajar menjadi sosok yang tidak kaku dan dapat menghargai apa yang menjadi prinsip dan kebiasaan orang lain. Alih-alih menolak perbedaan, yang ada kamu akan menjadi pribadi yang toleran dan mampu menghargai antar sesama.

5. Dengan open minded kamu menjadi individu yang mampu berpikir positif

5 Alasan Kamu Perlu Jadi Orang Open Minded, Hidup Lebih Positif!ilustrasi berpikir (pexels.com/George Milton)

Open minded akan menjadikanmu sebagai individu yang dapat melihat segala permasalahan dari sisi positif. Terbiasa menghadapi perbedaan dan keanekaragaman justru membuatmu memiliki banyak sudut pandang sehingga menjadi pribadi yang optimis ketika menghadapi tantangan.

Saat menghadapi permasalahan yang muncul kamu tidak lagi saling menyalahkan antar sesama. Justru sebaliknya, kamu akan menjadi pribadi yang mampu memberikan pemecahan solutif dan percaya bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Meskipun pada awalnya sulit dilakukan, namun hal itu bukan berarti dapat menjadi alasan untuk menutup diri dari segala perubahan yang terjadi. Yuk! mulai sekarang belajar berpikir terbuka. 

Baca Juga: 5 Sikap Open Minded yang Salah Kaprah, Hindari ya!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya