Comscore Tracker

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusaha

Menganggap kesuksesan orang lain ancaman 

Fixed mindset memang menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda. Apalagi di era sekarang, saat persaingan semakin ketat dan masing-masing orang harus memaksimalkan potensi diri. Adanya fixed mindset bisa membuatmu tenggelam dan tidak bisa mengikuti lingkungan yang terus bersifat dinamis.

Tapi sayangnya, masih cukup banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terjebak dalam fixed mindset. Padahal ini bisa membuat langkahmu semakin terhambat, lho. Lantas, apa sajakah tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang terjebak dalam pola pikir fixed mindset? Yuk, cari tahu dalam tulisan di bawah ini.

1. Enggan mengembangkan potensi diri 

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusahailustrasi tertidur di meja (pexels.com/Zafer Erdogan)

Menghadapi era yang selalu berkembang dan mengalami perubahan, sudah keharusan bagi kita untuk memaksimalkan potensi diri. Bukan tanpa alasan, setiap perubahan dan juga perkembangan akan selalu memunculkan keterampilan serta ilmu pengetahuan baru.

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa kamu mulai terjebak dalam fixed mindset yaitu adanya rasa enggan untuk mengembangkan potensi diri. Kamu menganggap bahwa bakat dan potensi diri merupakan suatu kelebihan yang tertanam mutlak dalam diri seseorang. Sebanyak apapun cara yang dilakukan untuk mempelajarinya tidak akan membuahkan hasil karena memang bukan bakatnya.

2. Ingin mencapai segala sesuatu secara instan 

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusahailustrasi merasa pusing (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sederet prestasi dan juga pencapaian membanggakan sudah pasti menjadi impian banyak orang. Tapi di balik gemerlap itu semua, kita juga harus sadar bahwa jalan mencapai kesuksesan tidaklah mudah. Perlu upaya dan juga perjuangan panjang.

Namum demikian, hal ini sepertinya belum dipahami oleh mereka yang sedang terjebak dalam fixed mindset. Salah satu di antara tanda yang menunjukkan jika kamu sedang berada dalam pola pikir tersebut yaitu adanya keinginan mencapai kesuksesan secara instan. Kamu enggan berusaha dan juga mengembangkan kemampuan diri.

3. Mudah menyerah 

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusahailustrasi merasa pusing (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tentu kita sudah tidak asing lagi bahwa jalan untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah. Ada beragam lika-liku dan juga permasalahan tak terduga yang harus dihadapi. Bahkan tidak jarang kamu dihadapkan dengan persoalan yang susah untuk dipecahkan.

Menjadi seseorang dengan pola pikir fixed mindset, tentu saja ini menjadi hambatan utama buatmu. Salah satu tanda bahwa kamu adalah seseorang yang sedang terjebak dalam pola pikir fixed mindset yaitu mudah menyerah. Seringkali permasalahan sedikit saja membuatmu mundur dan enggan berjuang lebih jauh lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Berani Keluar dari Fixed Mindset, Menghambat Potensi!

4. Cenderung menghindari suatu tantangan 

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusahailustrasi merasa pusing (pexels.com/Claudia Barbosa)

Sejatinya, dalam menjalani hidup kita pasti bertemu dengan tantangan. Apalagi jika kita menginginkan sebuah pencapaian besar yang membanggakan. Tantangan adalah salah satul hal yang wajib dilewati, entah itu tantangan kecil maupun yang besar sekalipun.

Tapi tahukah kamu? Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa dirimu sedang terjebak dalam pola pikir fixed mindset yaitu cenderung menghindari tantangan. Bagimu tantangan adalah hambatan yang bisa berpotensi besar menjatuhkan diri. Alih-alih mau belajar menghadapi tantangan, yang ada kamu malah berkutat dalam zona nyaman tanpa ada kemajuan.

5. Menganggap pencapaian orang lain sebagai suatu ancaman 

5 Tanda Kamu mulai Terjebak Fixed Mindset, Enggan Berusahailustrasi mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pernahkah kamu mendengar ungkapan masih ada langit di atas langit? Peribahasa ini menunjukkan selalu ada orang yang lebih hebat daripada kita. Menyikapi hal tersebut, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk bisa menghargai dan belajar dari pencapaian orang lain.

Tapi yang jadi pertanyaan, apa kaitannya hal tersebut dengan pola pikir fixed mindset? Salah satu tanda yang menunjukkan kalau kamu sedang terkekang dalam pola pikir fixed mindset yaitu selalu menganggap pencapaian orang lain sebagai suatu ancaman. Akibatnya, dirimu diliputi kekhawatiran yang tidak pasti.

Fixed mindset menjadi pola pikir yang bisa menghambat kemajuan diri. Kira-kira dari lima tanda di atas, manakah yang sering muncul dalam dirimu?

Baca Juga: 9 Keuntungan saat Kamu Punya Growth Mindset, Lebih Kreatif!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya