Comscore Tracker

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lain

Kamu jadi lebih berani menunjukkan sisi aslimu

Sebagai makhluk sosial, kita perlu membangun pertemanan dengan siapa pun tanpa pandang bulu. Namun tak dapat dimungkiri, kita hanya bisa menjalani hubungan yang lebih dalam dengan segelintir orang. Hal ini bisa terjadi karena kita merasa sefrekuensi antara satu sama lain.

Apabila kamu merasakan beberapa hal ini saat bersama teman-temanmu, mungkin hubungan kalian sudah mencapai tingkatan tertinggi dalam pertemanan. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!

1. Berani menunjukkan jati diri kita sesungguhnya

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lainilustrasi teman dekat (pexels.com/Elevate)

Saat bertemu orang baru, kita tentunya berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan kesan yang baik. Namun hal ini tak berlaku jika kamu sedang bersama teman dekatmu. Karena sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan satu sama lain, kalian tak perlu lagi jaim dan menjaga sikap saat sedang bersama.

Kamu dan teman dekatmu juga akan memahami dan memaklumi kekurangan satu sama lain. Mereka takkan menghakimi kamu karena menjadi dirimu sendiri. Karena itulah kamu tak ragu menunjukkan sisi aslimu yang sesungguhnya di depan mereka. 

2. Berani berkata jujur dan apa adanya

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lainilustrasi sekelompok teman berbincang (pexels.com/Helena Lopes)

Ketika menjalin kedekatan yang erat dengan seseorang dalam jangka waktu lama, kita bisa berterus terang dengan satu sama lain. Karenanya tak ada hal yang ditutupi dalam hubungan. Bahkan ketika melakukan kesalahan, kalian tak segan untuk mengingatkan satu sama lain.

Namun, ini bukan berarti kita bisa berbicara seenaknya tanpa memikirkan perasaannya. Jadi tetap perhatikan apa yang diucapkan, jangan sampai perkataan kita menyakiti hatinya dan justru membuat hubungan menjadi renggang.

Baca Juga: 7 Tanda Dirimu Berada di Persahabatan Sehat, Pertahankan!

3. Tak perlu berkomunikasi secara intens

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lainilustrasi chatting (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seiring bertambahnya usia, intensitas berkomunikasi pun menjadi berkurang lantaran kesibukan yang semakin padat. Namun meskipun jarang berkabar, kita takkan merasa canggung saat kembali bertemu.

Selain itu, hubungan juga takkan menjadi renggang meski tak cukup intens berkomunikasi satu sama lain. Bahkan saat bertemu, interaksi akan berjalan semakin erat lantaran membahas banyak hal yang belum sempat diceritakan.

4. Tahu kapan saat kita membutuhkan waktu sendirian

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lainilustrasi menghabiskan waktu sendirian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang kita membutuhkan waktu sendirian, entah untuk berkontemplasi atau mengisi ulang energi. Bukan tak mungkin kita membatasi komunikasi dengan siapa pun dan hanya fokus melakukan kegiatan yang kita inginkan.

Namun, seseorang yang dekat denganmu tentu akan mengerti hal ini dan tetap menghargai waktumu. Dia tidak akan mengganggu ataupun memaksamu mengikuti kehendaknya.

5. Tak merasa canggung jika saling berdiam saat bertemu

5 Tanda Persahabatan sudah Sangat Dekat, Gak Jaim Satu sama Lainilustrasi orang sibuk bermain ponsel (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pernahkah kamu merasa awkward saat berada di sebuah ruangan bersama orang lain namun kalian saling berdiam diri? Jika mengalami situasi itu, kamu tentu berusaha memecah suasana dengan memulai percakapan dengannya. Nah, hal seperti ini biasanya tak terjadi saat kamu bersama sahabat terdekatmu.

Walau tak saling mengobrol dan cenderung sibuk dengan kegiatan masing-masing, kalian takkan merasa canggung satu sama lain. Namun ini bukan berarti kalian tak nyaman hingga memutuskan untuk melakukan aktivitas lain. Hanya saja sesekali kalian butuh jeda di tengah pertemuan untuk mengecek beberapa hal atau sekadar beristirahat.

Nah, jika kamu merasakan lima hal ini, tandanya hubungan pertemananmu sudah sangat dekat. Namun perlu diingat, jangan sampai kamu kebablasan dan justru memicu keretakan hubungan. Jadi tetap perhatikan sikapmu, ya. Jangan sampai kamu menyinggung atau justru menyakiti hatinya!

Baca Juga: 5 Tips Seru Binge Watching di Rumah Bareng Sahabat

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya