Comscore Tracker

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyali

Jangan biarkan dirimu mudah menyerah

Dalam dunia kerja kita dituntut bukan hanya harus cepat dalam belajar dan menyesuaikan diri dengan semua perubahan. Ada banyak hal yang harus kita siapkan jika memang memiliki niat untuk sukses di masa depan. Salah satunya adalah mental yang memang harus dipersiapkan dan dilatih setiap harinya.

Apalagi jika kita menemui keadaan di mana persaingan kerja membuat kita tidak nyaman bekerja. Jangankan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan dengan hasil maksimal. Kita pun akan malas untuk datang ke kantor dan melakukan hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Meski menyiutkan nyali tapi kita harus mampu melakukan 5 hal ini agar bisa terus bertahan dan mengembangkan diri tanpa banyak terganggu.

1. Tetaplah fokus pada apa yang kamu kerjakan

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyaliindependent.co.uk

Gangguan dalam pekerjaan bisa berasal dari banyak sumber, bisa jadi dari pekerjaan itu sendiri, atasan, rekan kerja atau masalah di luar pekerjaan. Meski persaingan kerja menjadi alasan yang paling sering membuat kita seolah semakin tidak produktif, tapi tetap ada yang bisa kita lakukan.

Salah satunya adalah dengan tetap fokus pada apa yang kita kerjakan. Pikirkan saja hal baik yang akan kamu dapatkan atau yang sejak dulu membuatmu bersemangat. Jika kamu tidak mendapatkan dukungan dari luar diri, cobalah dukung diri sendiri dengan tekad dan mimpi yang masih kamu miliki.

2. Terus jalin hubungan baik dengan rekan kerja

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyaliforbes.com

Bekerja di sebuah perusahaan atau instansi memang membuat kita banyak diuji. Dari jenis pekerjaan sampai dengan sikap dan perilaku orang yang berbeda-beda. Tidak bisa dipungkiri jika perselisihan bisa terjadi antara kita dengan rekan kerja. Hingga membuat semangat dalam bekerja pun menurun.

Tapi bagaimanapun persaingan yang terjadi di antara kita dengan orang yang hampir setiap hari kita temui, tetaplah jalin hubungan baik dengan banyak orang. Kamu tetap boleh menghindari orang yang kamu rasa membawa hal buruk untukmu. Tapi tetap jalin hubungan profesional selama jam kerja berlangsung. Sebab di sinilah sikap profesionalmu akan dinilai oleh perusahaan.

3. Cari aktivitas santai untuk mengalihkan

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyalihercampus.com

Menjalani pekerjaan yang melelahkan bahkan melalui persaingan kerja yang membuat hati dan pikiran tidak karuan, pasti membuatmu ingin menghindarinya. Tapi tetap saja harus dihadapi dan dilalui dengan semua yang kamu miliki.

Meski begitu kamu tetap bisa mencari aktivitas yang bisa sejenak mengalihkan perhatianmu dari hal yang membuatmu penat. Tidak perlu yang berhubungan dengan pekerjaan, sebab kamu bisa melakukan aktivitas santai yang membuatmu lebih siap menghadapinya.

4. Rancang mimpi baru

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyalipexels.com/@startup-stock-photos

Persaingan bisnis tidak bisa kita hindari. Selain membuat kita tidak produktif dalam bekerja, keadaan ini juga bisa membuat kita berniat untuk mengundurkan diri. Jika kamu merasa tidak ada lagi yang bisa kamu pertahankan, kamu boleh melakukannya. Tidak masalah jika memang kamu berniat mencari kesempatan di tempat yang baru.

Kamu tetap berhak memiliki mimpi baru yang lebih dari sebelumnya. Bahkan memilih tempat baru dengan suasana yang lebih mendukung akan membuatmu lebih produktif. Meski seolah kamu memulainya dari awal, tapi kamu akan lebih siap untuk lebih berkembang.

Baca Juga: 8 Sikap Pengertian Wanita Karier Ketika Kamu Berpacaran Dengannya

5. Percayalah pada dirimu sendiri

5 Kiat Agar Terus Berkembang Saat Persaingan Kerja Menyiutkan Nyalipexels.com/@goodcitizen

Yang terakhir adalah rasa percaya pada dirimu sendiri. Orang lain mungkin menganggapmu remeh, mereke pun boleh membuatmu tidak seberani dulu. Tapi mereka tidak boleh mengalahkan rasa percayamu pada dirimu sendiri. Sebab selain kamu siapa lagi yang yakin bahwa kemampuanmu mampu membuatmu berkembang jauh lebih baik.

Harusnya tidak ada yang bisa mengatur bagaimana kamu mempercayai dirimu sendiri. Sebab persaingan dalam dunia kerja yang bisa terjadi kapan saja, membutuhkan tekad dan nyali yang lebih besar untuk dihadapi. Salah satunya dengan mempercayai bahwa diri kita mampu melakukannya.

Baca Juga: 5 Poin Plus kalau Kamu Punya Istri Perempuan Karier

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You