Comscore Tracker

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantor

Jangan asal ingin pergi ya

Bekerja di bidang dan tempat yang lama diidamkan tentu memberikan semangat khusus bagi kita. Rasanya tidak ada lagi lelah, semua tenaga, pikiran bahkan perasaan akan tercurah di dalamnya. Yang ada hanya keinginan untuk berprestasi dan mengabdikan diri tanpa batas. Namun bagaimana jika pekerjaan itu bukanlah yang kita kehendaki? Lalu kita memutuskan untuk resign dari tempat kita bekerja saat ini?

Tentu tidak salah, sebab semua keputusan ada pada diri kita. Kitalah yang melakukan, kitalah yang menjalani, sehingga keputusan pun bebas kita ambil. Yang paling penting bukan sekadar keluar lalu mendapatkan pekerjaan baru. Namun juga mempersiapkan diri untuk menyambut tempat, pekerjaan dan juga situasi baru nantinya.

Lalu apa saja yang harusnya dipersiapkan saat memutuskan untuk untuk resign dari pekerjaan?

1. Menguasai pekerjaan yang selama ini kamu lakukan

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantorfreepik.com

Selama bekerja di kantor atau perusahaan mungkin kamu belum merasa puas. Bisa jadi karena sulitnya mengembangkan diri, lamanya jenjang karier yang harus kamu lalui sampai gaji yang dirasa tidak sepadan. Meski begitu, kamu pun memiliki hal yang layak untuk diperjuangkan. Salah satunya adalah skill atau kemampuanmu dalam bidang pekerjaanmu saat ini.

Sebelum memutuskan keluar dari pekerjaan, cobalah untuk memaksimalkan skill atau kemampuan di bidang yang kamu tekuni selama ini. Meski sulit, setidaknya kamu memahami beberapa hal di dalamnya. Bisa jadi kamu akan bekerja dengan skill yang sama di tempat yang berbeda. Atau justru membuka peluang usaha sendiri dari apa yang sudah kamu kuasai selama ini.

2. Menjalin pertemanan dengan cara & media apapun

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantorbusiness.onehowto.com

Selama bekerja sudah pasti kamu tidak sendirian. Kamu akan bertemu dengan orang baru. Dan mendapatkan pengalaman dari orang lama yang kamu kenal. Mereka sungguh memberikan dampak besar bagi hidupmu. Salah satunya menjadi relasi yang bisa membuka peluang lain suatu hari nanti.

Sebelum memutuskan resign, ada baiknya kamu menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya. Tak ada yang sulit, sebab kini banyak media dan berbagai cara bisa dilakukan untuk mendapatkan teman. Gunakan pertemananmu untuk bisa membuka peluang mengembangkan diri di kemudian hari. Jangan berhenti saat kamu merasa sudah terkenal, sebab mereka belum tentu membantumu mencapai karir impianmu.

Baca Juga: 5 Pertanda Kamu Sebaiknya Resign Segera, Jangan Ditunda Lagi!

3. Mempromosikan diri sendiri

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantorprdaily.com

Selain menjalin pertemanan, hal penting lainnya yang harus kamu persiapkan adalah skill mempromosikan dirimu sendiri. Entah kamu akan bekerja di perusahaan lain, atau membangun usahamu sendiri. Semua orang perlu tahu siapa kamu, apa yang kamu kerjakan, pengalamanmu apa saja dan lain sebagainya. Kini kamu tak perlu bingung lagi harus melakukan apa. Sebab media yang disediakan untuk mempromosikan dirimu sudah sangat banyak.

Seperti selalu update profile di LinkedIn dan sosial media lainnya. Sebab dari sanalah salah satu kanal bagi para rekruter untuk melihat bagaimana dirimu dari sisi yang berbeda. Bahkan jika kamu ingin membangun usahamu sendiri, sosial media adalah media yang sesuai untuk kebutuhanmu. 

4. Mengatur keuangan

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantormarketwatch.com

Berpikiran realistis dalam bekerja salah satunya adalah untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Memenuhi kebutuhan sampai memuaskan keinginan adalah hal yang selalu dilakukan. Bahkan mungkin terkadang kita lupa untuk sekadar meluangkan sedikit penghasilan untuk membuat tabungan masa depan. Sehingga rasanya bekerja pun tidak menghasilkan apa pun, kecuali rasa lelah.

Nah, sebelum kamu memulai hidupmu yang baru. Ada baiknya untuk belajar mengelola keuangan terlebih dulu. Mulai dari menabung, memisahkan setiap pengeluaran sampai rencana melakukan investasi. Semua akan sangat berguna saat kamu benar-benar akan resign dan memulai hidup baru. Setidaknya kamu memiliki simpanan bahkan jika kamu belum mendapatkan pekerjaan penggantinya.

5. Mengelola berbagai emosi saat bekerja

5 Kemampuan yang Harus Dikuasai Sebelum Memutuskan Resign dari Kantornbcnews.com

Saat bekerja tentu kita tidak bisa menjadi manusia yang terlalu peduli pada urusan orang lain, apalagi terlalu cuek pada lingkungan. Kita pun tidak bisa mengikuti keinginan hati untuk selalu terbawa perasaan, apalagi membalas apa yang kita terima. Semua hal yang mewarnai dunia kerja juga akan berpengaruh pada emosi kita sendiri. Bisa jadi emosi ini juga yang menjadi masalah dalam diri kita di tempat kerja sebelumnya.

Sebelum memutuskan keluar dari pekerjaan saat ini, ada baiknya untuk untuk belajar mengelola emosi dalam diri. Kamu tidak dilarang untuk bahagia, marah apalagi sedih. Namun tetap pada batasan dan tahu cara menyalurkannya agar tak merugikan siapa pun. Sehingga di tempat barumu nanti pun, kamu tak akan merasa dirugikan oleh sikapmu sendiri.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Baikmu Resign dari Kantor!

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You