Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama Bekerja

Hari pertamamu bekerja jadi mengesankan

Hari pertama bekerja merupakan hal yang sangat mendebarkan. Bagaimana tidak? Dalam situasi yang baru, tempat baru dan rekan-rekan kerja yang belum kamu kenal bisa saja membuat kamu gak bisa konsentrasi.

Perlu adaptasi atau tips-tips khusus agar hari pertama bekerja berjalan dengan mulus. Lantas apa saja tips berkerja di hari pertama? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Perhatikan penampilan

Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama BekerjaPexels.com/Rebrand Cities

Penampilan adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh rekan-rekan barumu saat bertemu di kantor. Berpakaianlah yang rapi dan sesuai dengan pekerjaan. Atur rambut, agar kelihatan rapi. 

Untuk perempuan, bermake-up sewajarnya. Gunakan warna-warna natural yang jauh dari kesan menor. Perhatikan juga sepatu yang kamu pakai, pilihlah sepatu yang nyaman serta membuatmu percaya diri. 

2. Datang awal, pulang telat

Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama BekerjaPixabay.com/geralt

Sebagai karyawan baru ada baiknya, datang tepat waktu atau beberapa menit sebelum jam kerja dimulai untuk menunjukan kedisiplinanmu dalam bekerja. Selain itu pulanglah telat dari jam kerja. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mengenal lebih jauh tim kerjamu atau menanyakan hal-hal yang belum kamu pahami dalam pekerjaan yang ditekuni sekarang. 

Baca Juga: Gak Perlu Lembur, Ikuti 6 Tips Ini Biar Pekerjaanmu Cepat Selesai!

3. Berikan senyum dan salam

Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama BekerjaPixabay.com/089photoshootings

Dengan memberikan salam dan senyum kepada semua rekan kerja, kamu akan terkesan sebagai pribadi yang ramah, supel dan rendah hati. Sikap yang demikian akan membuat orang sekitarmu nyaman yang tentunya akan berimbas baik untuk dirimu sendiri. 

4. Jangan malu untuk bertanya

Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama BekerjaPixabay.com/Free-Photos

Banyak hal baru yang harus kamu ketahui tentang perusahaan, tempatmu bekerja sekarang. Jadi, ada baiknya kamu banyak bertanya seputar pekerjaan yang sedang kamu geluti. Tapi ingat, hanya seputar pekerjaan ya. Jangan mengajukan pertanyaan pribadi atau sesuatu yang bersifat sensitif, biar kamu gak terkesan kepo.

5. Tunjukan kemampuanmu secara profesional

Jadi Karyawan Baru? Ini 5 Tips Mudah Menghadapi Hari Pertama BekerjaPixabay.com/Free-Photos

Sebuah perusahaan merekrutmu sebagai karyawan karena kemampuan yang kamu miliki bukan? Seperti apa yang telah kamu paparkan dalam sesi wawancara oleh pihak HRD, gunakan kemampuanmu semaksimal mungkin dalam bekerja.

Akan tetapi meskipun kamu telah memiliki ketrampilan yang bisa diacungi jempol, tetaplah berperilaku rendah hati agar tidak menimbulkan kesan menggurui terhadap rekan kerjamu. 

Baca Juga: 6 Suka Duka Ini Sering Dialami Introvert di Tempat Kerja

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis... Terima kasih sudah membaca artikel saya..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You