Comscore Tracker

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!

Sekaligus bantu kamu bangun personal branding

Memasuki lingkungan yang baru, terutama dalam dunia profesional, bukanlah perkara yang mudah. Bisa jadi kamu baru saja pindah dari kantor yang lama atau memang seorang fresh graduate. Apapun itu, kamu harus bisa mendapatkan kesan yang menarik di awal.

Kesan pertama itu sangat penting karena bisa menentukan bagaimana pandangan orang terhadapmu ke depannya. Jadi, jangan sampai kesan pertama kamu di tempat yang baru kurang menarik, ya!

Untuk itu, berikut ini ada sederet inspirasi sederhana untuk dapatkan kesan saat kamu berada di lingkungan kerja yang baru. Simak, yyuk!

1. Pilih busana dengan kesan profesional

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!ilustrasi pria mengenakan suit (pexels.com/mentatdgt)

Jangan salah dalam memilih kostum atau busana. Hal ini sangat menentukan di hari pertama kamu di tempat kerja baru. Sebisa mungkin jangan memakai warna yang terlihat datar dan gak menarik.

Coba pilih busana dengan kesan profesional. Nuansa warna hitam, biru tua, hijau tua, atau juga merah bisa kamu pilih. Warna akan memengaruhi pandangan orang lain terhadap dirimu. Sebaiknya, hindari dulu warna yang terkesan biasa saja, seperti cokelat muda atau warna kulit yang terlihat kusam.

2. Jangan ribet dengan barang bawaan terlalu banyak

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!ilustrasi pergi bekerja (unsplash.com/martenbjork)

Hari pertama kerja di tempat baru, terkadang kamu mempersiapkan banyak hal untuk dibawa. Sangat mungkin kamu bakal membawa banyak barang di hari pertamamu kerja di tempat baru. Terlihat sepele, namun, sebaiknya hal ini kamu hindari. Kamu harus bisa mengorganisir barang dengan baik.

Jangan menenteng terlalu banyak barang sehingga terlihat sangat ribet dan kurang profesional. Rekan kerjamu akan meragukan kapabilitasmu karena untuk mengorganisir barang saja kamu tampak kesulitan. 

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menampilkan Personal Branding, Harus Dihindari, nih!

3. Hindari memakai warna yang kontras

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!ilustrasi memilih baju (unsplash.com/beccamchaffie)

Jarang disadari bahwa pemilihan warna sangat memengaruhi penampilan seseorang. Di hari pertama kerja di kantor baru, pilihlah warna yang sepadan, mulai dari atas hingga bawah.

Pastikan warna yang kamu pakai tidak bertabrakan atau terlihat sangat kontras, terutama pada bagian yang jarang diperhatikan yakni, sepatu. Jangan sampai sepatu yang kamu gunakan terlihat lebih menonjol dibandingkan pakaian yang kamu kenakan.

4. Jaga tingkah laku sebagai orang baru

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!ilustrasi bersama teman (pexels.com/august-de-richelieu)

Attitude atau tingkah laku pasti jadi hal yang paling menentukan. Jangan memberi kesan negatif di awal masa kerja di tempat baru. Jaga tingkah laku dan berlakulah sopan santun.

Sekalipun kamu adalah seorang profesional, kamu harus tetap rendah hati. Posisikan dirimu sebagai orang asing di tempat yang baru. Kenali lingkungan yang baru, lalu belajar beradaptasi dengan orang-orang di sekitarmu.

5. Perbanyak senyum dan ramah tamah

5 Tips Raih Kesan Menarik di Kantor Baru, Lebih Cepat Bonding!ilustrasi self confidence (pexels.com/moose-photos)

Percaya atau tidak, senyuman itu bisa menular, lho! Ketika kamu melihat orang tersenyum kepadamu, besar kemungkinan kamu akan terangsang untuk ikut tersenyum balik. Senyum sendiri adalah hal simpel yang ampuh meningkatkan aura positif dan kebahagiaan.

Selain senyuman, berlaku ramah tamah juga penting untuk membuatmu terlihat menarik. Namun, ingat untuk tetap melakukannya sesuai batas kewajaran. Jangan sampai berlebihan sehingga membuat orang lain risih.

Meski berkarier di tempat kerja baru awalnya tampak menyeramkan, dengan menerapkan sederet inspirasi di atas dijamin kamu bakal menjalani hari-hari kamu lebih mudah. Semoga sukses mendapatkan impresi menarik di kantor baru, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya