Comscore Tracker

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Ini

Menunda pekerjaan sama halnya menunda dirimu untuk sukses

Problematika yang sering dialami seseorang adalah kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan. Waktu yang harusnya kamu gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan malah kamu habiskan untuk menonton televisi atau bahkan menjelajahi medsos berjam-jam. Ketika pekerjaanmu mendekati deadline, barulah kamu panik dan buru-buru mengerjakan. Pada saat itu kamu akan membuat janji-janji palsu bahwa dirimu tidak akan menunda pekerjaan lagi, tetapi pada akhirnya hal itu terulang.

Tentunya kamu sadar bahwa menunda bukanlah hal yang baik, justru akan membuatmu rugi waktu. Tetapi nyatanya, sangat sulit untuk terlepas dari kebiasaan buruk ini. Nah, daripada terus mengulangi pola menunda-nunda pekerjaan dan terus-terusan menyesal, coba yuk terapkan mindset-mindset sederhana di bawah ini! Dijamin ampuh untuk membuatmu berhenti melakukan prokrastinasi.

1. Waktu yang paling tepat untuk mulai mengerjakan adalah 'sekarang', bukan 'nanti'

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Bruce Mars

Mungkin kamu berpikir bahwa 'sekarang’ bukanlah waktu yang benar-benar sesuai untuk memulai sesuatu. Bisa jadi pikiran semacam itu dipicu oleh ketidaksiapan dan rasa takut untuk membuat garis start, hingga akhirnya kamu mengambil keputusan untuk mengerjakannya ‘nanti’.

Ingatlah bahwa kata ‘nanti' yang kamu janjikan pada diri sendiri seringnya tidak mempunyai batas waktu pasti. Jika kamu tetap berorientasi pada kata 'nanti', kamu tidak akan kunjung memulai dan parahnya, pekerjaanmu tidak akan terealisasikan sama sekali. Tanamkan pola pikir bahwa sekarang adalah waktu yang tepat. Karena kalau tidak mengerjakan sekarang, mau ditunda sampai kapan lagi?

2. Jika punya banyak pekerjaan untuk diselesaikan, lebih baik membuat list terlebih dahulu

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Rawpixel

Terlalu banyak hal yang mesti dikerjakan terkadang membuatmu merasa terbebani. Dari rasa terbebani itu, belum apa-apa kamu cenderung akan ciut duluan. Kamu pun tak lekas memulai dan tetap menunda pekerjaanmu. Alhasil, kerjaan baru mulai dilaksanakan ketika sudah dekat dengan deadline.

Salah satu solusi yang baik untuk masalah ini adalah dengan mulai mencatat tugas-tugas tersebut menjadi sebuah list. Kenapa? Karena dengan list, kamu akan tahu tugas mana yang akan diprioritaskan terlebih dahulu dan pola pikirmu tidak lagi berfokus pada banyaknya pekerjaan, tetapi pada bagaimana cara menyelesaikannya satu demi satu. Bisa jadi kamu pun akhirnya menyadari bahwa sebenarnya pekerjaanmu tidak sebanyak dan seribet yang kamu kira.

3. Mencicil pekerjaan jauh lebih baik daripada mengerjakannya sekaligus menjelang deadline

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Rawpixel

Janganlah berpikir bahwa mencicil tugas tidak membantu progressmu sama sekali. Justru itu lebih baik ketimbang kamu mengerjakannya dalam keadaan panik dan tidak tenang ketika hampir sampai dibatas waktu ketika pekerjaan itu mesti selesai dikerjakan. Dengan mengerjakannya didetik-detik terakhir, tentu hasil kerjaanmu tidak akan maksimal.

Kamu bisa banget loh mulai mencicil pekerjaan dengan waktu 10 menit. Tak perlu buat durasi satu jam atau lebih, yang terpenting adalah kamu konsisten dan tidak menunda-nunda kewajibanmu. Dengan durasi waktu yang cenderung sedikit, kamu tidak akan merasa tugasmu adalah sebuah beban. Dengan berani memulai sesuatu, otakmu akan terbiasa dan sugesti bahwa pekerjaan tersebut sulit akan hilang perlahan-lahan.

4. Kerjakan tugas dengan cara yang membuat kamu nyaman

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Nappy

Setiap orang punya cara tersendiri yang membuatnya nyaman ketika belajar. Ada yang suka bila mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik. Ada pula yang lebih nyaman ketika menyelesaikan tugas di kafe, dibanding di rumah sendiri. Nah, kamu termasuk yang mana?

Cari tahu cara paling sesuai yang bisa membuatmu merasa nyaman ketika mengerjakan sesuatu. Selain menyenangkan, ini akan sangat berguna untuk mengusir rasa ingin menunda-nunda yang menyebabkan tugas tak kunjung selesai. Alhasil, tugasmu akan lebih cepat selesai tanpa kamu duga sebelumnya.

5. Mengerjakannya butuh waktu lebih sebentar ketimbang waktu yang dihabiskan jika kamu menundanya

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Burst

Coba renungkan, memang benar adanya bahwa durasi kamu menyelesaikan pekerjaanmu ternyata lebih singkat dibanding ketika kamu menundanya. Tanpa kamu sadar, kamu bisa saja menunda hingga berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu sebelum akhirnya pekerjaanmu mendekati tenggat waktu.

Dengan langsung mengerjakannya tanpa menunda terlebih dahulu, kamu akan merasa surprised karena ternyata tugasmu ternyata bisa cepat untuk diselesaikan. Kamu pun akan sadar kalau tidak ada gunanya menunda-nunda. Yang ada, kebiasaanmu itu hanya akan membuatmu semakin membuang waktu yang kamu punya.

6. Perfeksionisme membuat kerjaan jadi lebih lambat untuk selesai

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Bruce Mars

Menunda-nunda pekerjaan juga didasari oleh rasa khawatir bahwa kamu tidak mengerjakannya dengan sempurna. Terlalu berfokus pada kesempurnaan adalah pola pikir yang mesti kamu buang jauh-jauh. Perlu kamu sadari bahwa perfeksionisme dalam mengerjakan sesuatu seringnya membuat kerjaanmu lebih lambat untuk selesai.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menerapkan mindset baru yang jauh lebih positif. Jangan pernah takut untuk mengerjakan sesuatu hanya karena khawatir hasilnya tidak sempurna. Yang penting kamu telah melakukannya dengan baik dan tidak setengah-setengah.

7. Memberi reward pada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan sesuatu itu penting

Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Inipexels/Bruce Mars

Tindakan memberi reward pada dirimu sendiri ternyata berguna loh, guys. Kamu akan merasa bangga dan menyadari bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu, kamu akan jadi lebih semangat dalam mencapai sesuatu dikemudian hari.

Memberi reward tidak harus dengan sesuatu yang besar. Kamu bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa membuat dirimu senang. Kalau kamu tipe orang yang suka nonton film, kamu bisa luangkan waktu untuk ke bioskop ketika pekerjaanmu selesai. Sesuaikan dengan apa yang kamu suka, jangan ragu untuk memberi hadiah pada dirimu, ya!

Jika mindset-mindset sederhana ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya akan membentuk dirimu menjadi lebih baik. Jadi, jangan pernah terhanyut dengan kebiasaan menunda-nunda karena kamu akan merugi jika tidak cepat-cepat disiasati. Pada saat kamu berhasil mengusir keinginan untuk menunda suatu pekerjaan, peluang suksesmu akan lebih terbuka lebar!

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya