Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!

Terapkan tips ini supaya kamu lolos seleksi, ya

Bukan rahasia lagi kalau curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah komponen penting yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Akan tetapi, masih banyak orang bingung cara membuat CV yang menarik agar dilirik oleh HRD atau perekrut.

Berdasarkan informasi dari HR profesional sekaligus content creator Samuel Ray, membuat CV tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan agar CV milikmu menarik perhatian.

Penasaran apa saja? Simak tips bikin CV yang menarik perhatian HRD perusahaan ala Samuel Ray di bawah ini, seperti yang diutarakan dalam Indonesia Writers Festival 2021.

1. Buatlah dalam format brosur

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!ilustrasi CV dalam format brosur (pixabay.com/BiljaSt)

Samuel mengatakan, berdasarkan penelitian yang ia baca, rata-rata waktu perekrut melirik CV pelamar kerja hanya selama delapan hingga sepuluh detik. Itu artinya, akan lebih baik jika kamu menyajikan CV dalam format brosur, bukan narasi panjang.

Jika kamu tetap pada pendirian menulis CV dengan format narasi, peluang untuk lolos seleksi pekerjaan yang kamu lamar bisa jadi sedikit. Ini lantaran format daftar riwayat hidupmu dinilai terlalu bertele-tele dan tak menarik.

2. Tambahkan bullet poin pada setiap daftar informasi

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!ilustrasi seorang perekrut sedang mengecek CV pelamar (pexels.com/Cottonbro)

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan bullet pada setiap daftar informasi pribadimu, seperti skills, pengalaman, riwayat edukasi, dan lain sebagainya. Menurut Samuel, tips ini jitu untuk membuat perekrut membaca keseluruhan informasi yang tertera dalam CV.

Hal ini dikarenakan bullet poin bisa melatih mata pembaca, sehingga memancing recruiter untuk fokus membaca CV yang kamu buat. Kalau begitu,  biasakan memakai bullet poin mulai dari sekarang, yuk.

3. Gunakan format CV Harvard untuk melamar di sektor finansial

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!ilustrasi CV dalam format Harvard (pixabay.com/Olilynch)

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membuat CV adalah mengetahui industri yang bakal dituju. Jika berniat melamar pekerjaan di perusahaan finansial, seperti perbankan dan asuransi, sangat disarankan menyajikam daftar riwayat hidupmu dalam format CV Harvard.

Seperti diketahui, format CV Harvard terlihat sangat sederhana. Tidak ada desain dan warna yang diterapkan dalam layout. Akan tetapi, menurut Samuel, justru CV seperti ini yang cocok dan biasa digunakan untuk melamar di sektor finansial.

4. Gunakan CV berdesain untuk melamar di industri media kreatif

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!kolase foto contoh CV untuk industri media kreatif (freepik.com/Freepik)

Untuk melamar kerja di industri media kreatif, CV berdesain yang cocok diserahkan kepada perekrut. Namun, pastikan desain yang kamu terapkan dalam daftar riwayat hidupmu menarik dan tidak berlebihan.

Kemudian, perhatikan juga perusahaan media kreatif yang sedang kamu incar. Pastikan desain dan isi CV sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Cermati lagi poin-poin yang telah disebutkan di atas agar daftar riwayat hidupmu menarik perhatian HRD.

5. Jangan malas membuat banyak CV

IWF 2021: 5 Tips Bikin CV yang Menarik, Langsung Dipanggil HRD!ilustrasi sedang membuat CV (unsplash.com/Surface)

Ini tips agar kamu terbiasa dan pandai menentukan jenis CV untuk berbagai industri yang bersangkutan, yakni jangan malas membuat daftar riwayat hidup dalam jumlah banyak. Ini jelas harus dilakukan karena setiap perusahaan memiliki style dan kriteria yang berbeda-beda. Kamu tidak bisa memakai satu CV untuk melamar ke semua perusahaan.

Kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh para pencari kerja, yakni minimnya CV yang mereka buat. Terkadang, masih banyak yang tak peduli dan tetap menggunakan satu CV untuk melamar ke beberapa perusahaan. Maka dari itu, yuk mulai perbaiki dari sekarang!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya