Comscore Tracker

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik Gaji

Para bos wajib catat!

Salah satu tujuan bekerja adalah mendapatkan gaji. Tentu para karyawan akan senang mendapatkan gaji tinggi. Pasalnya, gaji adalah kewajiban yang diberikan dari atasan kepada karyawan sebagai penghargaan atas kerja keras mereka.

Namun, ternyata ada banyak hal lain juga yang bakal membuat para pekerja bahagia meski gak mendapatkan kenaikan gaji. Coba cek dulu, sudahkan kamu mendapatkannya dari tempat kerjamu yang sekarang?

1. Menawarkan jam kerja yang fleksibel dan mempermudah pengajuan cuti

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik GajiPhoto by Prashant Gupta

Jam kerja yang fleksibel dan tidak strick pada peraturan tentu bakal membuat karyawan bahagia. Selain itu, permudah juga pengajuan cuti bagi mereka. Hal ini jadi nilai plus perusahaan meskipun gaji relatif tak terlalu tinggi. Tentunya karyawan juga gak terlalu menuntut kenaikan gaji jika kelonggaran ini bisa diberikan perusahaan.

2. Hargai setiap karyawan dengan mengucapkan 'tolong' dan 'terimakasih'

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik GajiPhoto by Ron Batzdorff

Bos bukan segalanya. Tanpa adanya karyawan, perusahaan juga gak akan bisa berjalan secara optimal. Jadi, hargailah kerja keras karyawan selama ini. Selalu ucapkan 'tolong' dan 'terimakasih' sehingga membuat mereka diperlakukan selayaknya.

3. Mengenali setiap karyawan dan selalu memberi penghargaan

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik GajiPhoto credit Mary Cybulski

Karyawan adalah manusia dan bukan mesin. Tentu mereka bakal merasa sangat dihargai jika atasan mengenali mereka secara personal. Hal ini bisa jadi sebuah kebanggaan tersendiri karena nama mereka disebut dan diberi pujian oleh atasan.

4. Tidak sekedar memberikan motivasi, tapi atasan wajib menjadi panutan

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik Gajiimdb.com

Motivasi dan kata-kata mutiara tentu mudah diucapkan. Yang perlu dilakukan oleh para atasan adalah memberi contoh nyata. Misalnya saja, gak hanya menuntut karyawan datang pagi tapi si bos justru datang siang, atau menuntut karyawan kerja lembur namun atasan pulang duluan. Berikan contoh baik sehingga para karyawan memberikan respek sekaligus mengikutimu.

Baca juga: 7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantor

5. Memberikan asuransi dan tunjangan yang sesuai

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik Gajiimdb.com

Jika perusahaan mengcover asuransi yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, tentu mereka tidak akan terlalu sering merengek meminta gaji. Asal, perusahaan memberikan asuransi yang sesuai, misalnya saja mengcover biaya bagi istri karyawan yang melahirkan, asuransi kesehatan mata, gigi, dan banyak tunjangan serta bonus lainnya.

6. Menciptakan kantor yang positif dan nyaman untuk bekerja

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik Gajikaspersky.com

Kantor yang nyaman adalah kunci karyawan bisa betah bekerja. Dari tempat parkir yang luas, free lunch, kursi empuk, internet lancar, hingga banyak lainnya. Karyawan gak akan mudah menuntut kenaikan gaji, jika kebutuhan sehari-hari mereka dipenuhi.

7. Memfasilitasi kemajuan setiap karyawan

Untuk Para Bos, 7 Hal Ini Bikin Karyawan Happy Meski Gak Naik Gajiimdb.com

Ini penting untuk kemajuan para karyawan. Meski gak naik gaji, para karyawan pasti gak keberatan jika perusahaan mengimbanginya dengan fasilitas yang bisa membuat mereka mengasah skill. Misalnya saja rutin memberi latihan, seminar, hingga kelas yang bisa berguna untuk menambah wawasan para karyawannya.

Sudahkah kamu mendapatkannya dari tempatmu bekerja sekarang?

Baca juga: 7 Tanda Kamu adalah Rekan Kerja yang Baik, Kamu Gini Gak?

Topic:

Just For You