Comscore Tracker

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmu

Kamu harus punya keinginan belajar yang tinggi

Terkadang kamu pasti merasa sedih saat bekerja gak sesuai jurusan. Namun, itu juga bukanlah hal yang buruk karena ini bisa menjadi langkah baru untukmu sukses berkarier di bidang lain. 

Ingatlah bahwa dunia kerja itu berbeda dengan saat masih mengenyam pendidikan dulu. Daripada menyesalinya dan kamu juga gak fokus bekerja, lebih baik kuasa pekerjaanmu saat ini. Caranya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini. 

1. Pahami dulu jobs description pekerjaanmu

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmuilustrasi bekerja (pexels.com/burst)

Setelah menerima kontrak dan menandatanganinya, kamu pasti sudah membaca jobs description pekerjaanmu, kan? Pahami satu per satu tugas dan tanggung jawab yang tertera karena itu wajib untuk mempermudah pekerjaanmu nanti. 

Memahami hal ini akan membuatmu paham apa yang harus dilakukan. Jika memang ada hal yang tidak kamu ketahui, tak perlu ragu untuk menanyakannya kepada HRD atau rekan kerjamu yang lain. 

2. Mulailah mempelajari pekerjaanmu dari internet

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmuilustrasi bekerja (pexels.com/Startup Stock Photos)

Jika sudah membaca dan paham tentang semuanya, maka belajarlah dari internet. Ini merupakan media untuk belajar secara gratis. Kamu bisa memulainya dari membaca artikel, video, atau mengikuti webinar yang tersedia. 

Gak ada yang susah jika kamu niat untuk melakukan semuanya. Awal-awal memang akan ribet, tapi seterusnya kamu akan bisa melaluinya dengan mudah. 

Baca Juga: 6 Tips Mendapatkan Pekerjaan Pertama, Fresh Graduate Wajib Tahu!

3. Tanyakan jika ada hal yang tidak kamu tahu

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmuilustrasi bekerja (.pexels.com/mentatdgt)

Jika selama kamu belajar kamu menemukan kesulitan meski telah mencari tahu dari internet, maka tanyakan. Kamu bisa bertanya pada sesama rekan kerja atau seniormu. 

Jangan takut diabaikan karena mereka pun pasti akan membantu. Mereka senang jika kamu bertanya karena itu tandanya kamu punya kemauan belajar yang tinggi. Kamu ingin tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. 

4. Berdiskusilah dengan senior

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmuilustrasi diskusi (pexels.com/fauxels)

Mengajak seniormu berbincang dan berdiskusi tidak ada salahnya kamu lakukan. Mereka tidak akan menolak jika kamu mengajak di waktu yang senggang. Oleh karena itu, jika memang kamu ingin berdiskusi seputar pekerjaan yang kamu miliki saat ini, maka pilihlah waktu yang tepat.

Ketika kamu bisa berdiskusi, maka tanyakan hal apa saja yang membuatmu merasa kesulitan. Senior akan membantumu dan menjelaskannya satu per satu. Jangan lupa catat semua ilmu yang kamu dapatkan agar lebih memahaminya. 

5. Sering bergabung dengan rekan lain saat berbincang

Kerja Gak Sesuai Jurusan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Pahami Pekerjaanmuilustrasi diskusi pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu baru dalam pekerjaan saat ini, bahkan tidak tahu sama sekali, maka belajarlah banyak hal. Kamu harus bisa bergabung dengan yang lainnya untuk menimba ilmu sebanyak mungkin. 

Jangan acuh dengan yang lainnya karena dari merekalah kamu dapat memahami sesuatu yang tidak kamu mengerti. Dekati mereka dan jadikan mereka temanmu untuk bisa kamu hanya saat ada kerjaan yang tidak kamu tahu. 

Banyak perjuangan yang harus kamu lakukan untuk memahami sebuah bidang pekerjaan baru, tapi ini bukanlah hal yang buruk. Percayalah, kamu akan dapat pelajaran yang lebih berharga. Bahkan, kamu juga bisa lebih sukses, meski tidak kerja sesuai jurusan kuliahmu dulu. 

Baca Juga: Merasa Salah Mengambil Jurusan Kuliah? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya