Comscore Tracker

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!

Coba evaluasi, kesalahan mana yang sering kamu lakukan?

"Anda harus tetap mabuk dalam menulis sehingga kenyataan tidak dapat menghancurkan Anda" - Ray Bradbury

Ingin menjadi penulis besar? Jika iya, kamu harus menghindari bebeberapa kesalahan penulis pemula. Sebelum menjadi penulis besar, tetunya akan menjadi penulis pemula terlabih dahulu. Jika masih menjadi penulis pemula, pasti akan mengalami berbagai macam persoalan dalam penulisan.

Bingung memulai dari mana? Takut mencoba? Itulah beberapa persoalan yang pasti di alami oleh banyak orang, bahkan oleh penulis professional sekalipun. Lalu, bagaimana para penulis profesional melalui itu semua? Tentunya mereka akan terus menulis dan menulis. Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan penulis pemula yang sering dilakukan. 

1. Perfeksionis 

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi laptop dan buku (unsplash.com/Nick Morrison)

Sikap perfeksionis menjadi kesalahan penulis pemula yang cukup fatal. Kenapa? Karena sikap ini bisa menghambat kamu untuk mulai menulis. Sikap ini menumbuhkan ekspektasi yang tinggi terhadap tulisan yang dibuat. Kamu selalu ingin menampilkan tulisan yang terbaik. Tapi, versi terbaik menurut siapa?

Ingin menampilkan tulisan yang terbaik memang keinginan semua penulis. Tapi, kamu harus mengukur kemampuan kamu sendiri. Memaksakan diri untuk menulis kalimat-kalimat sempurna justru akan membuat kamu tidak berkembang dan kesulitan dalam menulis. Bahkan, kamu bisa mengalami writer's block.

2. Tidak membuat outline/kerangka tulisan

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi orang membuat outline (unsplash.com/Campaign Creators)

Dilansir penerbitdeepublish.com, outline adalah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan digarap dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.

Dengan membuat outline, kamu bisa mencari materi pembantu untuk tulisan kamu. Rincian dalam kerangka akan membantu kamu mencari data atau fakta untuk lebih memperjelas suatu pendapat.

Jika kamu tidak membuat outline, maka tulisan kamu akan tak terarah atau menjalar kemana-mana. Selain itu, kamu juga akan kesulitan dalam mencari materi untuk mendukung tulisan kamu.

3. Memaksakan diri

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi orang berpikir keras (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Secara tidak sadar, terkadang orang terlalu memaksakan diri. Memaksakan diri di sini berarti ingin membuat tulisan yang berbeda dengan yang lain, istimewa dan tentu saja sempurna. Untuk mencapai itu semua, orang pasti akan memaksakan diri.

Alih-alih memaksakan diri seperti itu, alangkah baiknya kamu memulai saja dulu. Tulislah sesuai dengan kemampuan kamu dulu, jangan sampai memaksakan diri dan melampaui batas. Kesalahan penulis pemula ini juga akan berakibat fatal jika kamu tak memperhatikannya.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menulis Quotes Penuh Makna, Yuk Coba Terapkan Sekarang!

4. Malas membaca buku

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi wanita memegang buku (unsplash.com/Siora Photography)

"Tulisan yang baik berasal dari pembaca yang baik"

Kalimat tersebut memang benar adanya. Untuk menciptakan sebuah tulisan yang baik, kamu perlu membaca banyak buku.

Membaca buku akan menambah wawasan bertambah banyak sehingga kamu bisa membuat tulisan yang lebih baik. Apalagi, banyak membaca juga akan menambah kosa kata baru yang nantinya bisa kamu pakai di dalam tulisan kamu. Jangan sampai malas membaca buku menjadi kesalahan penulis pemula yang kamu lakukan.

5. Rasa takut untuk memulai

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi orang sedang berpikir (unsplash.com/Nik Shuliahin 💛💙)

Rasa takut menjadi salah satu momok bagi banyak orang. Begitupula di dalam dunia menulis. Seringkali orang merasa takut untuk memulai menulis. Mulai dari takut tidak ada pembaca, takut tulisannya tidak bagus, takut tidak dilirik penerbit, dan sebagainya.

Menghadapi situasi seperti ini memanglah sulit. Tapi, kamu harus melawan rsa takut itu dan segera memulai. Jangan biarkan rasa takut itu menghambatmu. Bahkan, penulis professionalpun pernah mengalami masalah seperti itu. Tapi dengan tekad dan keberanian yang kuat, mereka semua bisa melaluinya dengan baik.

6. Mood berantakan

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi wanita sedang sedih (unsplash.com/Kyle Broad)

Mood memang sesuatu yang penting di dalam aktivitas menulis. Demi menghasilkan tulisan yang sempurna, terkadang seseorang menunggu agar mood-nya membaik. Tapi apakah memang seperti itu? Nyatanya tidak! Jika kamu terus menunggu agar mood kamu membaik, bisa-bisa kamu akan ketinggalan dan tulisan kamu akhirnya tidak selesai.

Kesalahan penulis pemula yang satu ini kerap kali terjadi. Daripada menunggu mood membaik, lebih baik kamu menerapkan disiplin dan konsisten agar tetap produktif meskipun moodmu sedang berantakan.

7. Tidak bisa mengatur waktu

7 Kesalahan Penulis Pemula yang Sering Dilakukan, Hati-Hati!ilustrasi clock alarm (unsplash.com/Sonja Langford)

Mengatur waktu memang sulit, apalagi bagi penulis pemula. Jika kamu menulis hanya untuk mengisi waktu luang, biasanya kamu akan menulis semaunya sendiri. Kamu tidak memiliki waktu khsus untuk menulis. Bahkan, kamu tidak disiplin soal waktu.

Sebaiknya, kamu harus memulai mengatur waktu agar bisa menghasilkan tulisan yang baik. Kamu bisa memilih waktu di pagi hari, siang hari, ataupun malam hari. Buatlah jadwal khusus untuk menulis dan lakukanlah setiap hari. Jangan sampai kesalahan penulis pemula yang satu ini terjadi dengan kamu.

Itulah beberapa kesalahan penulis pemula yang sering dilakukan. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, sebaiknya kamu menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Perlu diingat bahwa menghasilkan tulisan yang baik membutuhkan proses yang lama. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat kamu.

Baca Juga: 6 Ide Menulis Seputar Karyawan Kantoran, Semua Bisa Dibahas!

Eka Rahmawati Photo Verified Writer Eka Rahmawati

From nothing to be something

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya