Comscore Tracker

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  

Makanya kian banyak perusahaan membuka program magang 

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan besar mulai banyak yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa tingkat akhir dan freshgraduate. Magang menjadi program favorit bagi anak muda untuk mengenal serba-serbi dunia kerja. 

Selain bermanfaat bagi peserta, magang juga memberi keuntungan untuk perusahaan penyelenggaranya, lho. Selain bermanfaat bagi mereka yang mengikutinya, program magang bagi perusahaan juga punya tujuh benefit ini, lho.

1. Magang yang terstruktur akan menarik pelamar terbaik  

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi karyawan kantor (pexels.com/Christina Morillo)

Program magang akan memberi manfaat jika disusun dan dilaksanakan dengan terstruktur. Kandidat sebaiknya diberikan pelatihan yang memadai sebelum memulai program agar mendapat hasil maksimal. 

Selama periode magang, peserta juga harus mendapat pengawasan langsung dari staf perusahaan. Semakin banyak sumber daya yang bersedia mendampingi, maka akan semakin baik program magang berjalan. Semakin terstruktur program magang, maka semakin menarik siswa-siswa terbaik yang akan melamar. 

2. Magang dapat memberi perspektif baru dalam bisnis 

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi magang (pexels.com/Canva Studio)

Mendapatkan perspektif baru di luar tim perusahaan seringkali memberikan inspirasi yang luar biasa. Ini juga bisa didapat dari program magang yang dijalankan dengan benar. 

Para peserta magang yang bukan bagian dari perusahaan atau bahkan bisa jadi sehari-hari adalah dia adalah konsumen akan membuka peluang perspektif baru tentang bisnis. Mereka dapat memberi strategi dan rencana lain untuk jalannya perusahaan. 

Guna memaksimalkan potensi ini, coba untuk mengikutsertakan peserta magang dalam sesi brainstorming. Dorong mereka untuk menyampaikan pendapat. 

3. Anak muda memiliki pendekatan sosial yang unik 

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi magang (pexels.com/Canva Studio)

Bukan rahasia lagi bila generasi muda saat ini sangat melek teknologi, khususnya di bidang media sosial. Ada banyak hal terjadi di media sosial setiap hari, bahkan lebih dinamis dari dunia nyata. 

Kondisi ini membuat generasi muda memiliki pendekatan sosial unik yang kurang familier bagi generasi sebelumnya. Ambil kesempatan ini untuk melibatkan peserta magang dalam meningkatkan strategi media sosial. Interaksi ini memberikan mereka kesempatan untuk memasukkan apa yang telah mereka pelajari ke operasional perusahaan. 

Baca Juga: 5 Tips Penting buat Kamu yang Sedang Mencari Tempat Magang

4. Magang menjadi entry-level hires 

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi karyawan kantor (pexels.com/Rebrand Cities)

Jika kamu adalah pimpinan atau HRD perusahaan, mana yang akan kamu pilih; mempekerjakan orang yang sama sekali belum pernah bekerja di perusahaanmu atau mempekerjakan orang yang sudah mengenal perusahaan? Tentu saja pilihan kedua akan terasa lebih mudah.

Selama program magang berjalan, peserta telah diajari mengenai perusahaan dan bagaimana bisnis berjalan. Maka dari itu, saat ini program magang juga menjadi entry-level hires bagi perusahaan besar. 

5. Magang memberi tambahan sumber daya manusia  

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi diskusi (pexels.com/Christina Morillo)

Magang ibarat tambahan sumber daya manusia untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek. Perusahaan mendapat anggota tim baru yang bisa membantu mencapai tujuan lebih cepat. 

Dengan catatan, peserta magang benar-benar dibimbing untuk belajar tentang bisnis dan keterampilan baru lainnya. Pastikan juga mereka selalu diawasi dan diberi umpan balik atas pekerjaannya. 

6. Peluang untuk belajar dari peserta magang 

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi diskusi (pexels.com/Los Muertos Crew)

Bukan hanya peserta magang saja yang mendapat bimbingan, sebaliknya karyawan perusahaan juga bisa mendapat pelajaran baru dari peseta magang. Faktanya, memang banyak karyawan yang mendapat ilmu baru dari para siswa. 

Bertemu dan berbicara dengan anak muda akan memberi pengetahuan baru bagi karyawan. Misalnya, secara sederhana mereka dapat belajar tentang software editing video, presentasi, dan pemanfaatan teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Ditambah lagi teori-teori yang didapat di bangku kuliah bisa berguna untuk jalannya bisnis. 

7. Melatih kepemimpinan karyawan   

Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  ilustrasi karyawan kantor (pexels.com/Alena Darmel)

Biasanya, peserta magang akan ditempatkan di departemen tertentu sesuai konsentrasi ilmunya. Perusahaan juga dapat melatih sikap kepemimpinan karyawannya lewat program magang ini.

Memberikan tanggung jawab kepada individu yang akhornya akan meningkatkan motivasi pribadi. Mereka akan belajar menjadi seorang pemimpin dengan cara membimbing para peserta magang. 

Bila dijalankan dengan struktur yang rapi, program magang juga memberi manfaat untuk perusahaan. Jika kamu adalah pimpinan perusahaan, apakah tertarik untuk menyelenggarakan program magang? 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Magang, Bermanfaat untuk Kariermu!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya