Comscore Tracker

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  

Pekerjaan pasti ada saja jika kita tak gemar pilih-pilih

Mendapatkan pekerjaan memang perkara yang gampang-gampang susah. Kerap mendapatkan penolakan dari perkerjaan yang kita lamar tentunya berdampak menimbulkan berbagai pertanyaan di benak kita. Apakah skill kita memang tidak mumpuni? Apakah di luar sana memang terlalu banyak orang yang lebih baik dari kita? Atau, apakah memang lowongan pekerjaan itu jumlahnya sangat sedikit?

Sederet pertanyaan itu tidak selamanya menjadi alasan penyebab kegagalan kita dalam melamar pekerjaan, lho! Percayalah, pada setiap usaha yang kita lakukan tentu tidak akan mengkhianati hasil. 

Berikut ini ada beberapa tips menarik yang semoga dapat membantumu dalam meraih pekerjaan impian. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Jangan pilih-pilih kerjaan 

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  ilustrasi orang-orang bekerja tersenyum ruang kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mungkin masih banyak di antara kamu yang masih melakukan hal ini. Padahal, untuk memulai karier, kita harus menerima pekerjaan apapun yang bisa kita dapatkan. Apalagi bagi kalian para fresh graduates.

Meski belum memiliki jabatan yang sesuai dengan pendidikanmu ataupun keinginanmu, kamu harus memperkaya pengalaman dan jam terbang lewat jenis pekerjaan apapun yang hadir dalam hidupmu. Tanpa kamu sadari, kamu sudah menolak kesempatan jika kamu terus memilih-milih pekerjaan.

2. Mau bekerja dari nol 

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  ilustrasi pria sesuai orang-orang kantor (pexels.com/Anthony Shkraba)

Untuk sukses pasti tidaklah mudah dan instan. Semua itu memerlukan proses dan perjuangan yang tiada henti. Meskipun kamu tergolong cukup pintar saat sekolah, hal itu tidak bisa menjadi patokan keberhasilanmu.

Orang yang gigih dan tidak menyerah itu pasti akan sukses karena mereka ingin bekerja dari nol tanpa harus menerima bantuan dari orang lain. Setiap proses yang dilakoni tentu secara tidak langsung membuat diri kita menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 10 Iklan Lowongan Kerja Ini Bikin Pelamar Mesti Mikir Keras Buat Paham

3. Jangan langsung tanya gaji 

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  ilustrasi pekerjaan wawancara kerja pewawancara mempekerjakan (pexels.com/Edmond Dantes)

Pahamilah etika dalam bekerja, baik dari tutur kata ataupun perbuatan. Hal itu bisa menjadi penilaian seseorang ketika memutuskan untuk menerimamu bekerja.

Jika kamu terburu-buru menanyakan besaran gaji yang bakal kamu terima, kemungkinan interviewer akan berpikir jika kamu adalah orang yang hanya berorientasi dengan materi semata. Mulai sekarang, lebih bijak dalam menyinggung soal gaji di saat sesi wawancara kerja, ya!

4. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan  

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  ilustrasi tempat kerja karyawan berbicara di telepon (pexels.com)

Jangan pernah takut untuk menyadari bahwa kamu belum mampu untuk melakukan pekerjaan tertentu. Kamu hanya perlu menerima pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. 

Jika kamu ngotot melamar pekerjaan yang bertolak belakang dengan skill set yang kamu miliki, tentu pihak pencari kerja akan lebih mendahulukan orang-orang yang memang memiliki kualifikasi sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Yang paling penting adalah, terus asah kemampuan kamu di berbagai bidang agar lebih lincah melamar pekerjaan dari berbagai bidang yang berbeda.

5. Jangan terlalu banyak bicara yang tidak penting

5 Tips Cepat Diterima Kerja, Tak Perlu Berkecil Hati  ilustrasi pria wanita laptop kantor (pexels.com/Edmond Dantes)

Saat sesi wawancara, jika kamu menjawab hal yang tidak penting, itu akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Berbicaralah sesuai yang ditanyakan oleh pewawancara tanpa menambah kalimat-kalimat tidak sesuai konteks.

Pewawancara akan melihatmu sebagai sosok yang tidak relevan dan kurang sesuai untuk mengisi posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Lebih parahnya lagi, pewawancara mungkin akan mendapatkan kesan bahwa kamu terlalu banyak bicara. 

Mendapatkan pekerjaan di zaman yang semakin modern ini mungkin memang terbilang sulit. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan, ya! Tetaplah semangat dan selalu mengasah kemampuan diri. Semoga dalam waktu dekat kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian kamu!

Baca Juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Banyak Membutuhkan Jasa Freelancer, Berminat?

Ria Awe Photo Writer Ria Awe

follow instagram aku ya @riaaw21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya